Senyawa pemoles compound memiliki sedikit fungsi abrasif dan umumnya digunakan untuk menghaluskan permukaan dan melicinkan proses poles cat. Bila dipadukan dengan teknik buffing dan alat poles yang benar, senyawa pemoles compound memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek super licin dan menghaluskan cat sekaligus menghilangkan goresan ringan dari cat maupun dari permukaan logam.

COMPOUND POLES ITU FUNGSINYA APA?

Poles compound sering juga dikenal dengan proses “Buffing”. Senyawa kimia ini merupakan paduan dari beragam jenis material dan Kombinasi Polishing media maupun buffing compound dengan standar grit yang berbeda tingkat kekasarannya.

Compound buffing atau kompon poles merupakan proses kerja finishing untuk menghaluskan permukaan benda kerja menggunakan prinsip gosok dan gores friksi. Polishing lebih agresif sementara buffing tidak terlalu keras, yang menghasilkan hasil akhir yang lebih halus dan lebih cerah. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa permukaan yang dipoles memiliki permukaan cermin yang cerah, namun sebagian besar permukaan cermin yang sebenarnya digosok.

COMPOUND POLES ITU JENISNYA APA SAJA?

Secara umum dipasaran ada tiga tipe kompon yang bisa dibeli, yaitu tipe cair kental yang siap pakai, yang bisa diencerkan lagi seperti tipe salep yang agak cair lembab dan tipe solid yang keras solid seperti sabun batang berminyak atau lebih dikenal di Indonesia dengan istilah Batu gosok sepuh.

Kompon poles ini digunakan untuk mengubah penampilan dan permukaan dari suatu barang secara akurat, mencegah kontaminasi instrumen, menghilangkan oksidasi, membuat permukaan reflektif, atau mencegah korosi pada pipa. Dalam metalografi dan metalurgi, pemolesan digunakan untuk membuat permukaan yang rata dan bebas cacat untuk pemeriksaan struktur mikro logam di bawah mikroskop.

COMPOUND POLES CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Untuk menghasilkan kualitas permukaan yang dibutuhkan tentu dibutuhkan perlakuan dan pemolesan dengan friksi yang bertahap-tahap. Penghapusan permukaan dengan bahan oksidasi (menodai) dari benda logam dilakukan dengan menggunakan pemoles logam atau penghilang noda; ini juga disebut pemolesan.

Untuk mencegah oksidasi yang tidak diinginkan, permukaan logam yang dipoles dapat dilapisi dengan lilin, minyak, atau pernis. Ini menjadi perhatian khusus untuk produk paduan tembaga seperti kuningan dan perunggu. Metode pemolesan ini dapat disesuaikan untuk memberikan berbagai hasil akhir, dari matte hingga cermin terang.

Metalextra menjual beragam perangkat abrasif amplas, consumable beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!