Grinding dresser ini sebenarnya batu asah untuk wheel dresser dan semua tipe grinding wheel. Dressing Tools merupakan alat abrasif untuk mengikir dan mendandani (sedikit merapikan) permukaan roda gerinda yang sudah tergerus karena penggunaan agar kembali presisi. Grinding dresser digunakan untuk mengembalikan roda yang sudah berubah sudut kemiringannya ke bentuk aslinya yang bulat (untuk memperbaikinya sehinga bisa digunakan lagi).

DRESSING TOOLS FUNGSINYA APA?

Alat pengasah batu gerinda ini bisa mengupas dan mengekspos lapisan grit butiran amplas baru. Anda juga bisa membuat sudut baru untuk tindakan pemotongan lain (termasuk membersihkan area yang tersumbat), atau untuk membuat profil yang berbeda (bentuk penampang) pada tepi roda.

Tujuan dari mendandani roda gerinda grinding dresser adalah untuk:

1) Perbaiki roda dengan menjatuhkan partikel abrasif dari permukaan roda dan membuat roda menjadi konsentris. Ini meminimalkan getaran dan menyempurnakan permukaan akhir, menghilangkan getaran roda yang tidak seimbang di seluruh permukaan benda kerja. Bukan hal yang aneh jika roda gerinda menjadi tidak bulat saat digunakan. Ini sebagian dari area roda yang dimuat (tersumbat) pada tingkat yang berbeda dari area yang lebih sedikit muatannya. Hal ini juga dapat diperburuk dengan menggerinda saat roda tidak di bawah daya, seperti menggunakan pekerjaan untuk menerapkan tindakan pengereman pada roda untuk menghentikannya meluncur. Dressing mengembalikan kebulatan. Saat penggiling bangku bergetar berlebihan, biasanya hal itu karena roda telah aus pada putaran dan karenanya tidak seimbang. Membohongi mereka dengan berpakaian menyelesaikan masalah ini.

2) Untuk modifikasi sudut baru dengan mengeluarkan lapisan partikel abrasif dan mengekspos abrasif baru dari permukaan roda. Setiap butiran abrasif adalah alat pemotong kecil; biji-bijian yang sudah usang tepinya tumpul dan kehilangan efektivitasnya. Dengan demikian, mengekspos biji-bijian segar merupakan proses penajaman. Kaca pada roda adalah bukti adanya butiran yang membulat dan terlihat oleh permukaan reflektif pada roda yang berputar.

3) Bersihkan roda grinding wheel. Ketika grinding wheel sudah lama digunakan, tentu ada partikel benda kerja yang diasah ikut menempel dipori-pori grinding wheel. Jika benda kerja lebih lembut dari kemiringan roda grinding wheel maka partikel abrasif tidak akan terlepas pada waktunya untuk menghasilkan butiran tajam yang baru. Oleh karena itu, roda grinding wheel tampaknya kehilangan grit tepinya terutama saat pori-pori di antara butiran terisi dengan fragmen benda kerja. Inilah salah satu alasan mengapa perawatan roda grinding wheel sangat penting.

Tipe Grinding dresser:

Tujuh jenis grinding dresser digunakan untuk mendandani roda penggiling CNC yang digunakan untuk menggiling bentuk kompleks.

1) Star dressers – Alat bergagang panjang dengan deretan cakram bergelombang bebas, mengeras dan bergerigi, atau pemotong berbentuk bintang yang dipasang pada sudut kanan ke gagang. Ini disajikan ke roda gerinda saat dimatikan dan diperlambat. Gaya diterapkan pada permukaan roda yang melambat sehingga kecepatan cakram yang mengeras cocok dengan permukaan roda sehingga jari-jari atau permukaan meja rias yang bergelombang, untuk menghilangkan butiran abrasif.
2) Diamond dresser – Perkakas berlian bergagang pendek yang memiliki matriks berlian kecil yang terikat pada permukaan yang luas di ujung meja rias (gambar atas) atau berlian tunggal yang dipasang di wajahnya (gambar bawah). Saat berlian dimasukkan ke permukaan roda, berlian yang lebih keras tetap menempel dan butiran yang lebih longgar akan hilang.

3) Dressing Sticks – Tongkat dari bahan keras, biasanya terbuat dari bahan yang sama (silikon karbida) tetapi dengan bahan pengikat yang lebih kuat. NorBide adalah salah satu merk dressing stick yang dibuat oleh Norton Abrasives dari bahan boron nitride.

4) Stationary dressers – rias stasioner bentuknya berupa bilah logam dengan satu mata abrasif berlian di ujungnya. Program pembalut CNC memindahkannya melintasi permukaan roda, bergerak masuk dan keluar untuk membuat profil yang diinginkan. Profil roda gerinda dikendalikan oleh program CNC yang digunakan untuk mendandani roda, bukan oleh profil lemari itu sendiri.

5) Crush rolls – crush roll merupakan roda baja berkecepatan tinggi atau tungsten karbida. Profilnya berupa bayangan cermin dari profil roda gerinda yang diinginkan. Ini dipaksa melawan roda gerinda, sambil berputar pada kecepatan permukaan yang sama dengan roda gerinda. Melakukan hal tersebut akan memutus ikatan antara partikel abrasif pada permukaan roda, memperlihatkan permukaan baru saat partikel jatuh. Salah satu kelemahannya adalah profil roda tidak dapat disetel kecuali dengan mengganti gulungan dengan roda yang memiliki profil berbeda.

6) Diamond crush rolls – Gulungan penghancur berlian merupakan gulungan penghancur yang dilapisi dengan partikel berlian. Ini memakai lebih lambat dan lebih sedikit keausan berarti mereka dapat digunakan untuk mencapai toleransi yang lebih ketat daripada gulungan biasa.

7) Rotary dressers – terkadang disebut sebagai pizza-cutter dresser bentuknya seperti cakram dengan bahan keras – biasanya berlian – yang dipasang di tepinya. Profil roda gerinda dikendalikan oleh program CNC yang digunakan untuk mendandani roda, bukan oleh profil lemari itu sendiri

Metalextra menjual beragam perangkat abrasif amplas, consumable beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!