Flapwheel dan flap disk merupakan varian abrasive untuk power tool berputar yang digunakan untuk finishing lebih merata pada logam dan material keras lainnya. Berbeda dengan flat disk yang lebih sederhana, yang terbuat dari lembaran datar melingkar dari abrasive berlapis, flapwheel dibuat dari beberapa potongan kecil atau ‘flap’ yang saling tumpang tindih berlapis, diikat ke hub pusat dan dijepit di arbor mesin.

Flapwheel desain awal dibuat sebagai alternatif dari Abrasve roll dari lembaran abrasif yang dipotong, ditumpuk menjadi piringan datar berlapis-lapis. Ini memperoleh keuntungan dari umur panjang bahannya, tetapi geometrinya masih datar sehingga cenderung menghasilkan permukaan datar jika tidak ditangani dengan hati-hati.

Desain flapwheel awal berdiameter besar dan dimaksudkan untuk digunakan pada mesin buffing tetap. Mereka digunakan untuk deburring dan polishing coran, sering kali sebagai pengganti roda kawat. Ini memotong lebih cepat, dengan sedikit burnishing dan kontaminasi permukaan dari bulu.

Flapwheel portabel dibuat dengan mengikat flap radial abrasif ke dalam hub yang dilengkapi dengan shank spindel. Ini dimaksudkan untuk digunakan dengan bor listrik dan dibatasi pada kecepatan maksimum sekitar 1.000 rpm.


KEGUNAAN & KEUNGGULAN ABRASIF FLAP WHEEL:

  1. Hasil akhir amplas lebih merata. Karena lembaran amplas Flap terpisah, masing-masing mengamplas permukaan benda kerja pada sudut yang sedikit berbeda, dan ini sedikit berbeda dengan sudut pahat. Hal ini menghindari masalah umum pada lembaran datar, di mana mereka menghasilkan goresan identik yang berulang ditempat yang sama.

  2. Fleksibilitas flapwheel cocok untuk menghaluskan pekerjaan lengkung dan menghindari produksi faset, seperti yang terjadi pada Abrasive disc yang kaku. Hal ini dimanfaatkan lebih jauh dengan pengembangan flapwheel yang memiliki lembaran berikat busa yang lebih fleksibel, sehingga lebih cocok untuk menghasilkan hasil akhir yang halus pada permukaan lengkung.

  3. Keausan permukaan abrasif didistribusikan secara lebih merata ke seluruh permukaan grit amplas dari lembaran flap, dan melalui panjang setiap flap. Keausan flap dari ujung luarnya dan sheet carrier memotong kembali saat lapisan abrasif terkikis.

  4. Lebih ekonomis karena roda tetap berguna bahkan saat flap terkikis. Dibandingkan dengan lembaran datar, yang dibuang setelah hanya sebagian kecil dari abrasif benar-benar aus, ini adalah penggunaan bahan abrasif yang jauh lebih efisien.

  5. Ampas dan material yang terkikis tidak mudah menempel ke permukaan lembaran flap wheel. Karena material flap wheel umumnya dari kertas dan kain yang menyerap cairan, flap wheel juga umumnya sudah memiliki senyawa buffing yang sudah tersimpan disetiap lembarannya.

Metalextra menjual beragam perangkat abrasif amplas, consumable beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!