Wire brush merupakan sikat gosok abrasif yang terdiri dari sikat yang bulunya terbuat dari kawat, paling sering kawat baja. Baja yang digunakan umumnya dari jenis karbon sedang hingga tinggi dan sangat keras serta kenyal. Sikat kawat lainnya memiliki bulu yang terbuat dari kuningan atau baja tahan karat, tergantung pada aplikasinya. Kabel di sikat kawat dapat disatukan dengan epoksi, staples, atau pengikat lainnya.

WIRE BRUSH FUNGSINYA APA?
Sikat kawat atau wire bristle brush merupakan alat abrasif consumable untuk membersihkan karat dan menghilangkan cat atau membersihkan permukaan logam untuk menciptakan area konduktif yang lebih baik sebelum pengelasan maupun pengeboran dan pembuatan ulir sekrup.

Sikat kawat wire brush biasanya memiliki pegangan dari kayu atau plastik (untuk penggunaan genggam) atau dibentuk menjadi roda untuk digunakan pada mesin gerinda manual, mesin grinding, motor bor dengan pegangan pistol, atau perkakas listrik lainnya.

Sikat kawat memang alat abrasif consumable untuk membersihkan karat dan menghilangkan cat. Wire brush juga digunakan untuk membersihkan permukaan area konduktif yang lebih baik saat pemasangan sambungan listrik, seperti yang ada di antara tiang aki mobil dan konektornya, jika terjadi penumpukan kotoran dan kotoran.

WIRE BRUSH CARA PAKAINYA BAGIAMANA?

Saat membersihkan permukaan baja tahan karat Stainless Steel, disarankan untuk menggunakan sikat kawat bulu baja tahan karat, karena sikat baja karbon biasa dapat mencemari baja tahan karat dan menyebabkan munculnya bintik karat. Sikat kawat dengan bulu kuningan digunakan pada permukaan yang lebih lembut atau bila perlu untuk membersihkan permukaan yang lebih keras tanpa merusaknya. Sikat bulu kuningan juga digunakan di lingkungan yang berpotensi mudah terbakar di mana diperlukan alat yang tidak memicu percikan api. Sikat kawat juga digunakan untuk membersihkan dan rekayasa permukaan untuk coran maupun lapisan fiberhlass yang retak pada perawatan kapal yacht.

Metalextra menjual beragam perangkat abrasif amplas, consumable beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!