Broaching pada awalnya dikembangkan untuk pengerjaan galur keyways internal seperti lubang kunci, T-slot, Dovetail slot (slot ekor merpati) dan lubang sekrup Torx maupun Hexagonal yang menggunakan kunci L.

BROACHING FUNGSINYA APA?

Metode teknik Broaching dalam bidang metalworking sangat berguna untuk permesinan permukaan dan bentuk lain untuk benda kerja bervolume tinggi. Broaching ini merupakan teknik bubut klasik dan berbeda dengan frais milling karena pisau broaching tidak berputar, tetapi gerakan dua arah maju mundur. Mesin penggerak pisau broaching juga unik, dari mesin bubut lathe turning biasa hingga mesin khusus seperti mesin Shaver atau mesin shaper, mesin serut keyway dan beberapa adapter bisa menggunakan mesin boring dan sejenisnya.  

Pisau broaching umumnya terbuat dari material High Speed Steel. Dengan menggunakan holder dan adapter bubut yang pas, pisau bubut yang memiliki insert juga bisa dijepit ke mesin shaper untuk membuat garitan/ eretan jalur pahat panjang.

Karena setiap pisau broach dikhususkan untuk memotong hanya satu bentuk, baik broach harus dirancang khusus untuk geometri benda kerja atau benda kerja harus dirancang di sekitar geometri broach standar.

BROACHING SLOTTING JENIS DAN TIPE

Broaching merupakan proses pemesinan yang menggunakan alat bergerigi seperti gergaji yang disebut broach atau pisau slotting, untuk mengikir dan memapas material. Ada dua jenis pisau dan metode broaching yaitu:


• Broaching Linier :
Permesinan secara kupas maju-mundur dan putar radial searah/berlawanan arah jam. Dalam broaching linier, dibutuhkan mesin khusus yang dijalankan secara linier terhadap permukaan benda kerja untuk mengupas material secara maju-mundur atau naik-turun.


• Broaching Rotary:
Menggunakan mesin milling/bubut biasa. Pisau broach diputar dan ditekan ke benda kerja untuk memotong bentuk axisymmetric. Sebuah bros putar digunakan pada mesin bubut atau mesin sekrup. Dalam kedua proses tersebut, pemotongan dilakukan dalam satu kali lintasan, yang membuatnya sangat efisien.

MENGAPA BROACHING DAN SLOTTING DIGUNAKAN?
Broaching digunakan saat pemesinan presisi diperlukan, terutama untuk bentuk unik seperti cekungan galur T-slot, lubang segi empat, socket Hex, Spline ganjil dan lainnya. Permukaan yang biasanya dikerjakan dengan mesin termasuk lubang melingkar dan non-lingkaran, splines, alur pasak, dan permukaan datar. Benda kerja tipikal termasuk coran berukuran kecil hingga sedang, tempa, komponen mesin sekrup, dan stempel. Meskipun broaches bisa mahal, broaching biasanya lebih disukai daripada proses lain bila digunakan untuk proses produksi dalam jumlah besar.

Pisau Broaching ini memiliki gerigi pisau berbentuk seperti gergaji, hanya saja tinggi gigi bertambah seiring dengan panjang alat. Selain itu, broach berisi tiga bagian berbeda: satu untuk roughing, satu lagi untuk semi-finishing, dan yang terakhir untuk finishing. Broaching adalah proses pemesinan yang tidak biasa karena alat ini memiliki umpan. Profil permukaan mesin selalu merupakan kebalikan dari profil broach. Kenaikan per gigi (RPT), juga dikenal sebagai langkah atau umpan per gigi, menentukan jumlah material yang dibuang dan ukuran chip.

Pisau broach dapat dipindahkan relatif terhadap benda kerja atau sebaliknya. Karena semua fitur dibangun ke dalam broach, tidak diperlukan gerakan rumit atau tenaga terampil untuk menggunakannya. Broach secara efektif merupakan kumpulan alat pemotong titik tunggal yang disusun secara berurutan, memotong satu demi satu; potongannya dianalogikan dengan beberapa lintasan pembentuk.

HARGA PISAU BROACHING DAN KEYWAY CUTTER BERAPA?

Metalextra menjual beragam perangkat pisau industri consumable beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!