End mills digunakan dalam aplikasi seperti milling profil, milling tracer, face milling, dan plunging. Ada beberapa kategori alat penggilingan end mill, seperti pemotongan di tengah center cutting atau di luar di tengah (apakah pabrik dapat melakukan pemotongan terjun); dan kategorisasi berdasarkan jumlah ulir flute; dengan sudut helix; oleh material; dan dengan bahan pelapis. Setiap kategori dapat dibagi lebih lanjut dengan aplikasi spesifik dan geometri khusus.

PISAU END MILL FRAIS FUNGSI APA?

Berbagai macam bahan digunakan untuk memproduksi perkakas pemotong pisau industri. Sisipan karbida adalah yang paling umum karena cocok untuk penggilingan produksi tinggi. Baja kecepatan tinggi atau High Speed Steel biasanya digunakan jika diperlukan bentuk perkakas khusus.

Ada 2 jenis umum pisau Frais end mill, yaitu tipe Solid yang terbuat dari material utuh dan tipe Indexable yang menggunakan mata pisau yang disebut pisau “insert” yang bisa dilepas-pasang. Umumnya, Insert berlapis keramik biasanya digunakan pada pemesinan berkecepatan tinggi dengan produksi tinggi, sedangkan Insert tipe berlian biasanya digunakan pada produk yang memerlukan toleransi ketat, biasanya terdiri dari kualitas permukaan tinggi (bahan nonferrous atau nonmetalik).

Ada empat sudut kritis dari setiap cutting tool: sudut ujung potong ujung atau end cutting edge angle, sudut relief aksial atau axial relief angle, sudut relief radial atau radial relief angle dan sudut rake radial atau radial rake angle.

Bergantung pada bahan yang sedang digiling, dan tugas apa yang harus dilakukan, jenis alat dan geometri yang berbeda dapat digunakan. Misalnya, saat menggiling bahan seperti aluminium, mungkin akan menguntungkan untuk menggunakan alat dengan seruling yang sangat dalam dan dipoles, tepi tajam dan sudut rake tinggi. Namun, saat mengerjakan material yang keras seperti baja tahan karat, flute dangkal dan tepi tajam persegi akan mengoptimalkan pemindahan material dan masa pakai tool.

APLIKASI MATA PISAU FRAIS ENDMILL & MESIN FRAIS END MILL

Ada beberapa kategori pisau alat penggilingan ujung dan muka, seperti pemotongan tengah versus non-pemotongan tengah (apakah pabrik dapat melakukan pemotongan terjun); dan kategorisasi menurut jumlah seruling; menurut sudut heliks; menurut bahan; dan menurut bahan pelapis Setiap kategori dapat dibagi lagi menurut aplikasi khusus dan geometri khusus.

Sudut heliks yang sangat populer, terutama untuk material cutting metal umum, adalah 30°. Untuk finishing end mills, biasanya spiral terlihat lebih rapat, dengan sudut helix 45° atau 60°. Ujung ulir tipe lurus (sudut heliks 0 °) digunakan dalam aplikasi khusus, seperti penggilingan plastik atau komposit epoksi dan kaca. Pabrik ujung seruling lurus juga digunakan secara historis untuk pemotongan logam sebelum penemuan penggilingan ujung seruling heliks oleh Carl A. Bergstrom dari Weldon Tool Company pada tahun 1918.

Terdapat Pisau Frais End Mill dengan heliks seruling variabel atau sudut heliks acak semu, dan geometri seruling terputus-putus, untuk membantu memecah material menjadi potongan-potongan kecil saat memotong (meningkatkan evakuasi chip dan mengurangi risiko kemacetan) dan mengurangi pengikatan alat pada potongan besar. Beberapa desain modern juga menyertakan fitur-fitur kecil seperti chipbreaker. Meskipun lebih mahal, karena desain dan proses manufaktur yang lebih kompleks, Pisau Frais End Mill tersebut dapat bertahan lebih lama karena keausan yang lebih sedikit dan meningkatkan produktivitas dalam aplikasi pemesinan kecepatan tinggi (HSM).

Hal ini menjadi standar baru untuk Pisau Frais End Mill padat tradisional untuk diganti dengan alat pemotong tersisip yang lebih hemat biaya (yang, meskipun pada awalnya lebih mahal, mengurangi waktu penggantian pahat dan memungkinkan penggantian ujung tajam yang aus atau rusak dengan mudah daripada keseluruhan alat).

TIPE ENDMILL BERDASARKAN MATERIAL & COATING PELAPIS

Di awal tahun 90an, penggunaan pelapis untuk mengurangi keausan dan gesekan (antara lain) menjadi lebih umum. Sebagian besar lapisan ini mengacu pada komposisi kimianya, seperti:

  • End mill berlapis aluminium titanium nitrida (AlTiN), dilapisi menggunakan teknik deposisi busur katodik

  • TiN (lapisan dasar kekuningan yang tidak digunakan secara luas)

  • TiCN (lapisan abu-abu kebiruan yang populer)

  • TiAlN dan AlTiN (lapisan ungu tua yang sangat populer)

  • TiAlCrN, AlTiCrN dan AlCrTiN (lapisan PVD).

  • Vena PCD. Meskipun bukan pelapis, beberapa endmil dibuat dengan lapisan berlian polikristalin. Vena terbentuk di lingkungan bertekanan suhu tinggi. Vena dibentuk kosong dan kemudian bahan digiling di sepanjang vena untuk membentuk ujung tombak Meskipun perkakas bisa sangat mahal, namun bisa bertahan berkali-kali lebih lama dari perkakas lainnya.

  • Kemajuan dalam pelapisan pabrik akhir sedang dilakukan, dengan pelapis seperti Amorphous Diamond dan pelapis PVD nanokomposit mulai terlihat di toko-toko kelas atas (per 2004).

CARA PEMBUATAN & PENGASAHAN ENDMILL

End mill biasanya dibuat dengan mesin milling CNC multi-axis (dikendalikan numerik komputer) atau bubut. Kemudian untuk finishing ketajaman dengan mesin penggiling grinding maupun pemotong berpelumas dan bertekanan tinggi seperti air, oli yang larut dalam air, dan oli titik nyala tinggi. Penggilingan di dalam mesin CNC biasanya dilakukan dengan roda atau batu abrasif yang dipasang pada spindel (dan dalam beberapa kasus, beberapa spindel).

Bergantung pada bahan apa yang sedang digiling (Misalnya logam HSS atau Tool Steel SKS), roda grinding untuk menggerus bahan endmill ini dibuat dengan butiran berlian industri (saat menggiling tungsten karbida), boron nitrida kubik (saat menggiling baja kobalt), dan bahan lainnya (saat menggiling, untuk Misalnya, keramik), diatur dalam ikatan (terkadang tembaga).

Pisau Frais End Mill dijual dalam gagang diameter imperial dan metrik serta panjangnya diameter mata pisau serta jumlah ulirnya. Di Amerika Serikat standar endmill metrik juga sudah tersedia, sedangkan di Asia dan Eropa, diameter metrik DIN, ISO atau JIS sudah menjadi standar wajib. Perbedaan dari tiap endmill berbeda merek umumnya dari tingkat kemiringan geometri dan ketajaman ulirnya saja. Perbedaan lain hanya sebatas jenis material inti dan jenis pelapis coating yang digunakan.

HARGA PISAU FRAIS ENDMILL BERAPA?

Metalextra menjual beragam perangkat pisau industri consumable beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!