Dalam teknik metalworking, logam diolah, dipotong, ditekuk, diamplas dan direkayasa menjadi bentuk tertentu. Dalam prosesnya tentu menghasilkan friksi dan panas serta serpihan logam yang bisa saling menggerus dan merusak jika tidak dievakuasi dengan cepat. Permukaan material yang dipotong juga akan mengalami kerusakan struktur dan tepian yang kurang presisi dimensinya. Proses permesinan juga jadi lambat jika cutting tool cepat aus atau resiko patah. Oleh karena itu cutting fluid diperlukan, bukan hanya sebagai pelicin dan pendingin, tapi juga memastikan perkakas cutting tool lebih bertahan lama.

CUTTING FLUID FUNGSINYA APA?
Cutting fluid juga dikenal dengan nama cutting coolant, tapping lubricants, atau oli potong. Cutting fluid merupakan cairan pemotong dengan fungsi melumasi dan mendinginkan serta dirancang khusus untuk proses pengerjaan logam, seperti pemesinan milling, bubut, machining center CNC, tapping dan stamping.

Dalam industri pengolahan logam yang lebih luas, cairan pemotong ini dari segi fisik dan fungsi ada berbagai macam, antara lain minyak, emulsi minyak-air, pasta, gel, aerosol (kabut atau mist), dan udara atau gas lainnya. Cairan pemotong dibuat dari senyawa kimia sulingan minyak bumi, lemak hewani, minyak nabati, air dan udara, atau bahan mentah lainnya. Tergantung pada konteks dan jenis fluida pemotongan yang dipertimbangkan, ini dapat disebut sebagai cutting fluid pemotongan, oli pemotongan, senyawa pemotongan, cairan pendingin, atau pelumas (cutting fluid, cutting oil, cutting compound, coolant, atau lubricant).

APLIKASI CUTTING FLUID APA SAJA?

Sebagian besar proses pengerjaan logam dan pemesinan dapat memanfaatkan penggunaan fluida pemotongan, tergantung pada material benda kerja. Pengecualian umum untuk ini adalah besi tuang dan kuningan, yang dapat dikerjakan dengan mesin kering (meskipun ini tidak berlaku untuk semua kuningan, dan setiap pemesinan kuningan kemungkinan besar akan mendapat manfaat dari adanya fluida pemotongan).

Cutting fluid bisa digunakan dengan kombinasi selang dan semprotan nosel, rendaman maupun sistem pendingin through coolant yang sudah menjadi standard di cutting tool berdiamter besar seperti pisau frais endmill, gagang pisau bubut insert, pisau frais facemill maupun pisau tapping. Cutting fluid ini dioperasikan dengan sistem sirkulasi pompa dan mekanisme tekanan sedot dan tarik seperti cairan hidrolik.

Sistem pendingin through-tool, juga dikenal sebagai sistem pendingin through-spindle, merupakan sistem yang disalurkan untuk mengirimkan pendingin melalui jalur di dalam spindel dan melalui tool, langsung ke antarmuka pemotongan. Banyak di antaranya juga merupakan sistem pendingin bertekanan tinggi, di mana tekanan operasinya bisa ratusan hingga beberapa ribu psi (1 hingga 30 MPa) —tekanan yang sebanding dengan yang digunakan di sirkuit hidraulik.

Sistem pendingin melalui spindel bertekanan tinggi memerlukan serikat putar yang dapat menahan tekanan ini. Mata bor dan endmill yang disesuaikan untuk penggunaan ini memiliki lubang kecil di bibir tempat cairan pendingin menyembur keluar. Berbagai jenis latihan senjata juga menggunakan pengaturan serupa.

KEUNGULAN CUTTING FLUID APA?

Semakin keras dan tinggi tingkat presisi dari metalworking dan material yang ingin dipotong, tentu semakin tinggi daya friksi dan panas yang dihasilkan. Setiap metode yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan fluida pemotongan (mis., Membanjiri, menyemprot, menetes, spraying, dripping, misting, brushing) dapat digunakan, dengan pilihan terbaik tergantung pada aplikasi dan peralatan yang tersedia.

Dalam aplikasi pemotongan logam, yang ideal adalah pemompaan tekanan tinggi dan volume tinggi untuk memaksa aliran cairan (biasanya emulsi minyak-air) langsung ke antarmuka chip alat, dengan dinding di sekitar mesin untuk menampung percikan dan bah untuk menangkap, menyaring, dan mensirkulasi ulang fluida. Jenis sistem ini umumnya digunakan, terutama di bidang manufaktur.

HARGA CUTTING FLUID BERAPA?

Metalextra menjual beragam perkakas penunjang akurasi permesianan beserta cairan dan oli pendingin potong metalworking aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!