Alat kerja mata bor atau drill bit ini digunakan untuk membuat lubang dan menghilangkan bahan berbentuk lingkaran. Mata bor tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dan dapat membuat berbagai jenis lubang pada berbagai bahan.

BOR FUNGSINYA APA?

Secara umum ada 2 fungsi utama pisau bor, yaitu untuk melubangi material sampai tembus/ through hole maupun membuat lubang tak tembus/ blind hole. Lubang yang sudah dibor kemudian bisa diisi dengan Fastener maupun Pin dengan diameter yang sesuai, seperti sekrup, baut dan rivet. Proses pengeboran ada juga yang dilakukan untuk membuat lubang silinder presisi yang dibutuhkan untuk proses lain seperti: Boring, milling, routing, pembuatan lubang dengan hole saw, lubang klep, laras senjata api, ruang bakar dan lainnya.

Dalam membuat lubang atau holemaking, Mata pisau bor biasanya dijepit dengan chuck pada spindle pemutar mesin bor, yang kemudian memakan material dan mendorong mata pisau tajamnya untuk melubangi benda kerja dengan rotasi axial.

Mata bor digunakan pada mesin drill press, mesin bubut lathe maupun power tool. Mata bor tersedia dalam ukuran standar Jerman DIN, Jepang JIS maupun ISO. Mata bor komprehensif dan tap size chart mencantumkan metrik dan imperial drill bit bersama dengan ukuran screw tap yang diperlukan.

MATA BOR SOLID JENISNYA APA SAJA?

Secara umum, pisau bor solid terbagi 2 jenis, yaitu bor solid yang polos dan bor dengan saluran Through Coolant yang memiliki relief untuk menyemprotkan cairan pendingin. Mata bor dengan saluran Coolant internal dari berbagai merek biasanya tersedia untuk ukuran diameter lebih besar dari 10 mm.

Ada berbagai standar Mata Bor Drill seperti; Jepang JIS, Amerika ANSI, ISO, dan Jerman DIN. Mata bor juga desain dan bentuknya bervariasi diameter, ulir, lebar ukuran dan panjang untuk pengeboran lubang yang dalam. Mata bor drill juga ada yang terbuat dari material solid yang bisa diasah dan adapula yang bersistem modular dengan pisau insert yang bisa dilepas pasang.

PISAU BOR DAN MATA BORING BERAPA HARGANYA?

Kami menjual beragam produk pisau  industri untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari pengeboran lubang, pelebaran diameter lubang, pemakanan material dari beragam axis dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!