Ada berbagai jenis alat kerja untuk membesarkan lubang dan dapat dirancang untuk digunakan sebagai perkakas tangan atau perkakas mesin, seperti mesin milling atau bor drill press. Proses pembuatan lubang bisa diawali dengan penandaan lubang awal, lalu dengan pembesaran lubang hingga mencapai diameter yang ideal. Dalam banyak proses industri, proses permesinan holemaking mengikuti langkah tahapan ini agar diameter yang presisi bisa dikerjakan.

REAMER FUNGSINYA APA?

Reamers maupun Countersink juga digunakan untuk pembesaran lubang yang lebih mendasar atau untuk menghilangkan sudut tajam dan deburring. Proses memperbesar diameter lubang hingga dalam disebut reaming dan proses merapikan permukaan terluar dari lubang dengan cara dilebarkan secara kerucut itu disebut Countersink.

Reamer merupakan jenis alat pemotong putar yang digunakan dalam pengerjaan logam. Reamer presisi dirancang untuk memperbesar ukuran lubang yang dibentuk sebelumnya dengan jumlah kecil tetapi dengan tingkat akurasi yang tinggi untuk meninggalkan sisi yang halus. Ada juga reamer non-presisi yang digunakan untuk pembesaran lubang yang lebih mendasar atau untuk menghilangkan bekas potong dan guratan gerinda.

REAMER JENISNYA APA SAJA?

Secara umum ada dua jenis rimer, yaitu pisau rimer manual atau Hand Reamer dan Rimer untuk mesin atau Machine Reamer. Pisau industri rimer atau precision Reamers memang dirancang untuk memperbesar ukuran lubang yang terbentuk sebelumnya. Dengan daya potong yang tipis dan guratan pisau yang leboh kecil, pisau reamer bisa memapas tingkat akurasi yang tinggi dan meninggalkan sisi halus. Reamer biasanya digunakan dalam proses pembuatan lubang fastener maupun lupang untuk pin sambungan.

Diameter reamer tergantung pada ukuran standar reamers, bisa apa saja mulai dari ⌀ 0,1 milimeter hingga mungkin ⌀ satu milimeter. Reamer maupun countersink pada umumnya memiliki derajat kemiringan pada mata pisaunya. Industri umum dan otomotif 82° countersink, aerospace biasanya 100°. Mata pisau yang bersudut 90° biasanya digunakan sebagai alat chamfering.

PISAU REAMER APA SAJA JENISNYA?

Ada berbagai standar Mata Bor Reamer seperti; Jepang JIS, Amerika ANSI, ISO, dan Jerman DIN. Mata bor juga desain dan bentuknya bervariasi diameter, ulir, lebar ukuran dan panjang untuk pengeboran lubang yang dalam. Mata bor drill juga ada yang terbuat dari material solid yang bisa diasah dan adapula yang bersistem modular dengan pisau insert yang bisa dilepas pasang.

PISAU BOR REAMER BERAPA HARGANYA?

Kami menjual beragam produk pisau  industri untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari pengeboran lubang, pelebaran diameter lubang, pemakanan material dari beragam axis dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!