Pisau frais tipe Indexable milling cutter digunakan dalam aplikasi seperti milling profil, milling tracer, face milling, dan plunging. Indexable milling cutter ini memiliki mata pisau yang bisa dilepas-pasang.

Setiap pisau perkakas frais terdiri dari 2 komponen utama yaitu komponen Body utama dan komponen pisau yang ujung potongnya terdiri dari bagian material terpisah yang dibrazing, dilas, atau dijepit pada bodi yang terbuat dari bahan lain. Pada tipe di mana bagian pemotong merupakan bagian yang dapat diindeks dan dijepit dengan sekrup, pemotong disebut sisipan (karena dimasukkan ke dalam badan pahat)

<

p align="justify">

FUNGSI MATA PISAU FRAIS INDEXABLE MILLING

Milling cutters dan Pisau Frais merupakan alat pemotong yang biasanya digunakan pada mesin milling untuk melakukan operasi machining, di peralatan mesin turret seperti model Bridgeport, baik vertikal dan horizontal seperti lathe bubut, hingga multi axis pada mesin machining center. Pemotong frais ini tersedia dalam berbagai bentuk solid dan indexable yang mata pisau insertnya bisa dilepas- pasang dan ganti baru jika sudah tergerus habis.

Milling cutter ini memungkinkan setiap bagian pahat, gagang dan pemotong, dibuat dari bahan dengan sifat terbaik untuk pekerjaannya. bahan untuk pemotong (ujung brazing atau sisipan yang dijepit) termasuk karbida yang disemen, berlian polikristalin, dan boron nitrida kubik. Alat yang biasanya digunakan adalah pemotong penggilingan milling (seperti penggilingan End mill, penggilingan Face Mill, dan Fly cutter), bit router, dan mata gergaji (terutama yang memotong logam).

Pemotong face mills berguna untuk pemesinan permukaan yang tegak lurus dengan sumbu cutter, atau bagian muka suatu bagian, terutama bukan untuk mengambil potongan yang sangat berat. Face mills digunakan untuk mendapatkan permukaan yang benar-benar rata atau Anda menginginkan hasil akhir yang benar-benar Pinggiran tajam dari face mills selalu berada di sepanjang sisinya, oleh karena itu harus selalu dipotong dalam arah horizontal pada kedalaman tertentu yang berasal dari luar stok.

Biasanya ada dua opsi Face mill: Roughing / hogging dan Finishing. Roughing / hogging mills dirancang sedemikian rupa sehingga geometri, flute, dan material alat berat dapat digunakan untuk menghilangkan material dengan cepat dan berat.

<

p align="justify">

Bilah gilingan muka dipotong dengan ujung muka pemotong dan bukan pada sisinya. Istilah “muka” mengacu pada pembuatan permukaan datar pada benda kerja. Beberapa gigi mendistribusikan beban chip, dan karena gigi biasanya merupakan karbida sekali pakai sisipan, kombinasi ini memungkinkan operasi penggilingan wajah yang sangat besar dan efisien.

<

p align="justify">

TIPE FRAIS MILLING BERDASARKAN MATERIAL & COATING PELAPIS

Di awal tahun 90an, penggunaan pelapis untuk mengurangi keausan dan gesekan (antara lain) menjadi lebih umum. Sebagian besar lapisan ini mengacu pada komposisi kimianya, seperti:

  • End mill berlapis aluminium titanium nitrida (AlTiN), dilapisi menggunakan teknik deposisi busur katodik

  • TiN (lapisan dasar kekuningan yang tidak digunakan secara luas)

  • TiCN (lapisan abu-abu kebiruan yang populer)

  • TiAlN dan AlTiN (lapisan ungu tua yang sangat populer)

  • TiAlCrN, AlTiCrN dan AlCrTiN (lapisan PVD).

  • Vena PCD. Meskipun bukan pelapis, beberapa pabrik akhir dibuat dengan berlian polikristalin. Vena terbentuk di lingkungan bertekanan suhu tinggi. Vena dibentuk kosong dan kemudian bahan digiling di sepanjang vena untuk membentuk ujung tombak Meskipun perkakas bisa sangat mahal, namun bisa bertahan berkali-kali lebih lama dari perkakas lainnya.

  • Kemajuan dalam pelapisan pabrik akhir sedang dilakukan, dengan pelapis seperti Amorphous Diamond dan pelapis PVD nanokomposit mulai terlihat di bengkel dan toko kelas atas.

Bergantung pada bahan apa yang sedang digiling, roda ini dibuat dengan berlian industri (saat menggiling tungsten karbida), boron nitrida kubik (saat menggiling baja kobalt), dan bahan lainnya (saat menggiling, untuk Misalnya, keramik), diatur dalam ikatan (terkadang tembaga).

Pisau Frais Milling dijual dalam gagang diameter imperial dan metrik serta panjangnya diameter mata pisau serta jumlah ulirnya. Di Amerika Serikat standar endmill metrik juga sudah tersedia, sedangkan di Asia dan Eropa, diameter metrik sudah menjadi standar.

HARGA FRAIS FACE MILLING BODY BERAPA?

Metalextra menjual beragam perangkat pisau industri consumable beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!