Screw Extractor merupakan alat kerja yang digunakan untuk melepaskan ulir sekrup yang rusak atau patah. Ada dua jenis: satu memiliki struktur pisau ulir seruling spiral, yang biasa disebut EASY-OUT setelah nama merek dagang EZ-Out, yang lain memiliki struktur seruling lurus.

Ekstraktor sekrup dibuat dari baja keras, namun jika terlalu banyak torsi diterapkan, dapat putus di dalam sekrup yang dilepas. Karena ekstraktor adalah bahan yang sangat keras, dan mata bor bor rumah tidak akan dapat mengebornya, elemen kesulitan yang lebih besar ditambahkan ke proyek ekstraksi sekrup asli. Salah satu cara untuk menghindari kesulitan tambahan ini adalah mengebor lubang sepenuhnya melalui sekrup. Ada 3 jenis screw extractor:

1. Ekstraktor bergalur spiral

Pencabut sekrup seruling spiral itu sendiri merupakan ulir sekrup tirus bernada kasar. Mereka umumnya kidal, untuk digunakan pada benang tangan kanan, meskipun ada ekstraktor tangan kanan untuk melepaskan sekrup kidal.

Sekrup pertama kali dibor dengan diameter yang sesuai untuk ekstraktor itu. Ekstraktor kemudian dimasukkan ke dalam lubang ini dan diputar ke arah yang berlawanan dengan sekrup asli yang macet, biasanya menggunakan kunci pas keran. Saat ekstraktor diputar, seruling pada alat menggali ke dalam sekrup, menyebabkannya mengunci dengan kuat dan menahan torsi yang diperlukan untuk melepaskan sekrup.

Kelemahan dari ekstraktor ulir tapered adalah bahwa tindakan irisan mereka cenderung untuk memperluas sekrup, dan dengan demikian melemah, sekrup. Tindakan memotong ini dapat mengunci sekrup bahkan lebih erat di tempatnya, sehingga sulit atau tidak mungkin untuk mengekstrak.

2. Ekstraktor bergalur lurus

Ekstraktor sekrup seruling persegi ini tersedia dalam paket kit yang juga memiliki bor terkait, bor, dan kacang-kacangan khusus, atau dijual secara terpisah. Sekrup dibor dengan bor dan bor yang sesuai. Ekstraktor kemudian dipalu ke dalam lubang dengan palu kuningan, karena palu baja lebih cenderung menyebabkan ekstraktor rusak. Kacang khusus yang sesuai kemudian ditempelkan di ujung ekstraktor. Mur kemudian dapat diputar dengan kunci pas untuk melepaskan sekrup.

Ekstraktor bergalur lurus memiliki efek wedging kurang dari ekstraktor sekrup meruncing, sehingga memiliki kecenderungan lebih sedikit untuk mengunci sekrup pada tempatnya. Bentuk selanjutnya adalah ekstraktor bergalur paralel, tanpa lancip sama sekali dan dengan demikian tidak ada irisan. Ini bekerja dengan baik, tetapi memiliki kelemahan yang membutuhkan lubang pilot untuk dibor ke ukuran yang tepat. Ukuran ini sering tidak standar untuk sebagian besar set bor, membutuhkan mata bor khusus yang disediakan bersama kit.

3. Baut tapping

Sekrup sering disebut dengan baut, namun tidak sama. Sekrup ulir menjadi bagian-bagian, baut digunakan untuk menggabungkan dua bagian yang tidak berulir, biasanya menggunakan mur. Ekstraktor sekrup tidak akan digunakan untuk melepas baut karena tidak diulir ke bagian-bagiannya. Alat yang dianalogikan dengan extractor sekrup, tetapi untuk melepaskan mur yang disita atau dibulatkan dari baut, akan menjadi extractor kacang, yang telah meruncing, seruling spiral seperti ekstraktor sekrup, tetapi terletak secara internal di dalam alat, tidak secara eksternal. Seruling atau lekukan ini menggenggam mur bulat dari luar, alih-alih didorong ke poros sekrup yang dilubangi dan memegangnya secara internal seperti yang dilakukan ekstraktor sekrup. Alat lain untuk mur yang tersangkut di baut, tetapi bukan sekrup, adalah pembagi mur.

Secara umum pengunaanya ketiga jenis Screw Extractor diatas, sbagai berikut:

  1. Pertama siapkan mata bor drill untuk membuat lubang penumpu awal. Sesuaikan dengan diameter kepala besar baut yang patah itu (Pilot Drill).

  2. Pastikan lubang berdimensi tegak lurus biar tidak miring dan lebih presisi.
    Setelah kita buat lubang di kepala baut yang nyamgkut itu, kita tinggal pasang Screw Extractor dengan ukuran yang sesuai.

  3. Putar ke arah seperti biasanya kita membuka baut, yaitu melawan arah jarum jam (Counter Clockwise). Cara Kerja Screw Extractor adalah seperti Sekrup hanya arah ulir sekrup saja ini yang terbalik dari biasanya. Jadi semakin kita puter ke kiri (arah membuka baut) maka ulir sekrup sebenarnya akan semakin kencang mengunci badan baut yang tertinggal.

  4. Jika masih keras jangan dipaksa, sebaiknya semprotkan pelumas seperti minyak WD-40, minyak tanah, bensin atau minyak Singer. Putar perlahan hingga terbuka baut maupun sekrup yang patah itu.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi; [email protected]

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!