Borescopes digunakan untuk pekerjaan inspeksi visual di mana area yang akan diperiksa tidak dapat diakses dengan cara lain, atau di mana aksesibilitas mungkin memerlukan aktivitas pembongkaran yang merusak, memakan waktu dan / atau mahal. Perangkat serupa untuk digunakan di dalam tubuh manusia disebut endoskopi. Borescope digunakan dalam teknik pengujian Non-Destruktif untuk mengenali cacat atau ketidaksempurnaan internal.

Borescope (kadang-kadang disebut Boroscope) merupakan perangkat optik yang terdiri dari tabung yang kaku atau fleksibel dengan lensa mata atau layar di satu ujung, lensa objektif atau kamera di sisi lain dihubungkan bersama oleh sistem optik atau listrik di antara. Sistem optik dalam beberapa hal dikelilingi oleh serat optik yang digunakan untuk penerangan objek jarak jauh. Gambar internal objek yang diterangi dibentuk oleh lensa objektif dan diperbesar ke mata pengamatnya.

Borescopes yang kaku atau fleksibel dapat dilengkapi dengan perangkat pencitraan atau video. Untuk penggunaan medis, instrumen serupa disebut endoskopi. Videoscopes adalah jenis borescope, alat inspeksi visual serbaguna dan tahan lama yang menawarkan banyak fitur canggih, termasuk video / perekaman gambar foto.

Video borescope atau “kamera inspeksi” mirip dengan borescope fleksibel tetapi menggunakan kamera video miniatur di ujung tabung fleksibel. Ujung tabung penyisipan mencakup cahaya yang memungkinkan untuk mengambil video atau gambar foto jauh di dalam peralatan, mesin, dan ruang gelap lainnya.

Sebagai alat untuk inspeksi visual jarak jauh, kemampuan untuk mengambil video atau gambar foto untuk pemeriksaan selanjutnya ada dalam beberapa model posisi tampilan dapat diubah melalui joystick atau kontrol serupa.

Karena waveguide serat optik yang kompleks dalam borescope tradisional diganti dengan kabel listrik yang murah, borescop video dapat menjadi jauh lebih murah dan berpotensi resolusi yang lebih baik (tergantung pada spesifikasi kamera). Harga untuk borescope video kelas atas dapat berkisar dari sekitar Rp. 25 juta hingga Rp. 500 juta tergantung pada merek produsen, aksesoris dan spesifikasi.

Borescope video pasaran ini bertenaga baterai yang mudah digunakan, dengan layar LCD 3 inchi dan resolusi 320×240 piksel atau lebih baik, dengan rentang harga antara Rp. 3 juta hingga Rp. 7 juta untuk beberapa aplikasi. Model yang lebih baru menawarkan fitur yang lebih baik, seperti filter lampu LED, resolusi lebih tinggi, koneksi ke smartphone, atau koneksi komputer via kabel USB. Model hobi jenis ini sekarang tersedia mulai dari sekitar Rp. 1 juta.

Borescopes biasanya digunakan dalam inspeksi visual mesin pesawat, turbin gas industri aeroderivatif, turbin uap, mesin diesel, dan mesin otomotif dan truk. Turbin gas dan uap memerlukan perhatian khusus karena persyaratan keselamatan dan perawatan. Inspeksi boreskop mesin dapat digunakan untuk mencegah perawatan yang tidak perlu, yang dapat menjadi sangat mahal untuk turbin besar.

Borescopes juga digunakan dalam pembuatan bagian-bagian mesin atau cor untuk memeriksa permukaan interior kritis untuk gerinda, permukaan selesai atau lubang-lubang yang lengkap. Penggunaan umum lainnya termasuk aplikasi forensik dalam penegakan hukum dan inspeksi bangunan, dan dalam pembuatan senjata api untuk memeriksa lubang interior senjata api. Dalam Perang Dunia II, borescopes kaku primitif digunakan untuk memeriksa lubang interior (karena itu “bore” lingkup) dari senjata besar untuk cacat.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!