Alat ukur ketebalan lapisan cat pada material atau Coating Thickness Gauge juga dikenal sebagai Paint Meter. Alat uji material kerja secara Non-destruktif NDT ini digunakan untuk mengukur ketebalan film coating yang sudah kering merekat.

Ada 3 tipe metode uji dan ukur ketebalan lapisan cat atau coating pada material, yaitu tipe magnetis untuk bahan material logam ferrous dan secara Eddy-current dan Ultrasonic untuk material Non-ferrous. Jenis pengukuran dengan Coating Thickness Gauge ini biasanya dilakukan dengan mengukur besar pantulan suara berdasarkan waktu yang diambil oleh gelombang ultrasonik untuk kembali ke permukaan. Karakteristik pengukuran juga dipengaruhi oleh kecepatan konstan ke paduan yang diberikan dengan variasi kecil karena faktor lain seperti suhu.

FUNGSI & KEGUNAAN COATING THICKNESS GAUGE

Alat ukur Coating Thickness Gauge melakukan pengukuran non-destruktif (mengukur) ketebalan lokal dari elemen padat yang biasanya terbuat dari logam, plastic composite maupun kayu dengan penguji ultrasonik maupun Eddy Current untuk keperluan industri.

Teknik arus pusar Eddy Current digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan non-konduktif secara nondestruktif pada substrat logam non-ferrous. Gulungan kawat halus yang menghantarkan arus bolak-balik frekuensi tinggi (di atas 1 MHz) digunakan untuk menyiapkan medan magnet bolak-balik di permukaan probe instrumen. Ketika probe dibawa ke dekat permukaan konduktif, medan magnet bolak-balik akan membentuk arus eddy di permukaan. Karakteristik substrat dan jarak probe dari substrat (ketebalan lapisan) mempengaruhi besarnya arus eddycurrents. Arus eddy menciptakan medan elektromagnetik yang berlawanan yang dapat dirasakan oleh kumparan yang menarik atau kumparan kedua yang berdekatan.

Instrumen induksi magnet menggunakan magnet permanen sebagai sumber medan magnet. Generator efek Hall atau resistor magnet digunakan untuk merasakan kerapatan fluks magnet pada kutub magnet. Instrumen induksi elektromagnetik menggunakan medan magnet bolak-balik. Luka batang feromagnetik yang lembut dengan gulungan kawat halus digunakan untuk menghasilkan medan magnet. Kumparan kedua dari kawat digunakan untuk mendeteksi perubahan fluks magnet.

Instrumen elektronik ini mengukur perubahan kerapatan fluks magnet di permukaan probe magnet saat mendekati permukaan baja. Besarnya kerapatan fluks pada permukaan probe secara langsung berkaitan dengan jarak dari substrat baja. Dengan mengukur kerapatan fluks, ketebalan lapisan dapat ditentukan.

Dengan mengetahui dan menguji material serta karakteristiknya, perlindungan korosi yang dihasilkan tentu bisa diawasi dan lebih unggul daripada sistem perlindungan yang digunakan secara independen. Inspeksi tanpa merusak ini umum dilakukan pada saat manajemen kualitas dan produksi pengelasan, cladding atau gasketing atas dasar pipa boiler, penekukan polling, korosi atau penguraian rangka baja dan banyak manufaktur peralatan laut.

KAPAN COATING THICKNESS GAUGE DIGUNAKAN?

Pelapis adalah penutup yang diaplikasikan pada permukaan suatu benda, biasanya disebut juga sebagai substrat. Tujuan penerapan pelapis dapat bersifat dekoratif, fungsional, atau keduanya. Pelapis itu sendiri dapat berupa pelapis menyeluruh, menutupi seluruhnya substrat, atau mungkin hanya menutupi bagian tertentu dari substrat. Contoh dari semua jenis lapisan ini adalah label produk pada banyak botol tinta dan bahan kimia makanan – satu sisi memiliki lapisan fungsional di seluruh (perekat) dan sisi lainnya memiliki satu atau lebih banyak pelapis dekoratif dalam pola yang sesuai (pencetakan) untuk membentuk kata-kata dan gambar.

Cat dan coating merupakan pelapis yang sebagian besar memiliki kegunaan ganda untuk melindungi substrat dan dekoratif, meskipun beberapa seniman cat hanya untuk dekorasi, dan cat pada pipa industri besar diduga hanya berfungsi mencegah korosi.

Pelapis fungsional dapat diterapkan untuk mengubah properti permukaan substrat, seperti daya rekat, kemampuan basah, ketahanan korosi, atau ketahanan aus. Dalam kasus lain, misalnya fabrikasi perangkat semikonduktor (di mana substrat adalah wafer), lapisan menambahkan properti, seperti respons magnetis atau konduktivitas listrik, dan merupakan bagian penting dari produk jadi.

Pertimbangan utama untuk sebagian besar proses pelapisan adalah bahwa pelapisan harus diterapkan pada ketebalan yang terkontrol, dan sejumlah proses berbeda digunakan untuk mencapai kontrol ini, mulai dari sikat sederhana untuk mengecat dinding, hingga beberapa penerapan mesin yang sangat mahal. pelapisan dalam industri elektronik Pertimbangan lebih lanjut untuk pelapisan ‘non-all-over’ adalah bahwa diperlukan kontrol di mana pelapisan akan diterapkan. Sejumlah proses pelapisan non-keseluruhan ini adalah proses pencetakan.

Untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi: [email protected]

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!