Pengamatan obyek benda kerja umumnya terbagi dua, yaitu Eyeball method yang menggunakan keputusan dari hasil pengamatan mata operator terlatih tanpa alat dan Microscopy method.

MIKROSKOP FUNGSINYA APA?

Mikroskopi merupakan bidang teknis inspeksi visual menggunakan mikroskop untuk melihat objek dan area objek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang (objek yang tidak berada dalam kisaran resolusi mata normal). Ada tiga cabang mikroskop yang terkenal: mikroskop optik, elektron, dan pemindaian probe, bersama dengan bidang yang muncul dari mikroskop sinar-X.

Pengukuran optik non-kontak dengan menggunakan mikroskop maupun pembesaran optik Photogrammetry telah menjadi metode NDT umum untuk inspeksi komponen yang diproduksi dan optimasi desain. Saat ini teknologi canggih seperti software image recognition untuk inspeksi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan hardwarenya seperti pembesaran lensa dan komponen optik.

INSPEKSI VISUAL ITU APA?

Sebuah studi yang dilakukan oleh J. W. Schoonahd; J. D. Gould; L. A. Miller (July 1973), “Studies of Visual Inspection” pada inspeksi visual sirkuit terpadu pada industri elektonic surface mounting atau SMT, menemukan bahwa durasi modal fiksasi mata QC inspector terlatih adalah sekitar 200 ms.

Teknisi paling akurat membuat fiksasi mata paling sedikit dan tercepat. Ketika chip yang sama dinilai lebih dari satu kali oleh inspektur individu, konsistensi penilaian sangat tinggi sedangkan konsistensi antara inspektur agak kurang. Variasi dengan faktor enam dalam kecepatan inspeksi menyebabkan variasi kurang dari dua faktor dalam akurasi inspeksi. Inspeksi visual memiliki tingkat positif palsu 2% dan tingkat negatif palsu 23%.

Teknologi visual inspection juga telah berkembang dan memungkinkan pengamatan dengan mikroskop yang bisa mengukur jarak antar titik yang dimatai pada obyek spesimen dibawah lensa.

LENSA PEMBESAR BEDANYA DENGAN MIKROSKOP

Magnifier merupakan lensa convex cembung yang digunakan untuk menghasilkan gambaran objek yang diperbesar natural. Lensa biasanya dipasang dalam bingkai dengan frame. Kaca pembesar dapat digunakan dengan fokus cahaya dengan kemampuan perbesaran mikroskop, dengan fleksibilitas kaca pembesar.

Kaca pembesar atau Lensa magnifier yang berkualitas tinggi dan dipoles secara akurat akan lebih ekonomis dan praktis daripada menggunakan mikroskop. Biasanya magnifier industri ini dilengkapi dengan model lengan yang diartikulasikan, dudukan desktop, dudukan kotak, dudukan penjepit, dan dudukan magnetik yang dapat diganti untuk pemasangan langsung pada mesin bubut atau meja inspeksi quality control.

HARGA MIKROSKOP?

Metalextra menjual beragam perangkat alat pengamatan visula berupa mikroskop dan magnifier beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!