Analisis material logam mencakup metode persiapan sampel yang digunakan untuk menyiapkan logam dan sampel bahan lainnya untuk analisis; dan banyak metode pengujian yang digunakan untuk mengevaluasi dan mendokumentasikan sampel logam dan material lain untuk kesesuaian untuk digunakan dalam aplikasi yang dimaksud. Analisis material logam mencakup metalurgi (Metallurgy) dan metalografi (Metallography).

Material dan benda kerja bisa diuji daya tahannya dengan mesin penguji universal (UTM), juga dikenal sebagai penguji universal, mesin penguji bahan, atau kerangka uji bahan, digunakan untuk menguji kekuatan tarik dan kuat tekan bahan. Nama sebelumnya untuk mesin uji tarik adalah tensometer. Bagian “universal” dari nama mencerminkan bahwa ia dapat melakukan banyak uji tarik dan kompresi standar pada bahan, komponen, dan struktur (dengan kata lain, itu serbaguna). Beberapa variasi yang digunakan memiliki komponen umum antara lain:

  • Load frame – Biasanya terdiri dari dua penopang kuat untuk alat berat. Beberapa mesin kecil memiliki dukungan tunggal.

  • Load cell – Transduser gaya atau cara lain untuk mengukur beban diperlukan. Kalibrasi berkala biasanya diperlukan oleh peraturan pemerintah atau sistem mutu.

  • Cross head – Kepala silang bergerak (crosshead) dikontrol untuk bergerak ke atas atau ke bawah. Biasanya ini dengan kecepatan konstan: kadang-kadang disebut mesin laju pemanjangan konstan (CRE). Beberapa mesin dapat memprogram kecepatan judul bab atau melakukan pengujian siklus, pengujian pada gaya konstan, pengujian pada deformasi konstan, dll. Elektromekanis, servo-hidrolik, penggerak linier, dan penggerak resonansi digunakan.

  • Cara mengukur ekstensi atau deformasi – Banyak tes memerlukan ukuran respons spesimen uji terhadap pergerakan kepala silang. Ekstensometer terkadang digunakan.

  • Perangkat keluaran – Diperlukan sarana untuk memberikan hasil tes. Beberapa mesin yang lebih tua memiliki tampilan dial atau digital dan perekam grafik. Banyak mesin yang lebih baru memiliki antarmuka komputer untuk analisis dan pencetakan.

  • Pengkondisian – Banyak tes yang membutuhkan pengkondisian terkendali (suhu, kelembaban, tekanan, dll.). Mesin dapat berada di ruang yang dikontrol atau ruang lingkungan khusus dapat ditempatkan di sekitar spesimen uji untuk pengujian.

  • Perlengkapan fixture uji, spesimen memegang rahang, dan peralatan pembuatan sampel terkait diperlukan dalam banyak metode pengujian.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!