Gergaji Band saw atau gergaji pita merupakan gergaji bermotor listrik dengan bilah pisau yang panjang dan tajam dengan bentuk menyambung seperti sabuk belt dan berputar terus-menerus. Umumnya desain pisau gergaji Band Saw dari logam bergerigi yang direntangkan dan dijepit di antara dua roda atau lebih untuk memotong bahan. Banyak bengkel di industri mengoperasikan gergaji pita kecil atau menengah yang dapat memotong kayu, logam, atau plastik.

BANDSAW ITU FUNGSINYA APA?

Metode penggergajian dengan alat mesin bensaw atau Bandsaw yang juga dikenal di Indonesia dengan nama mesin gergaji pita ini umumnya bertenaga listrik. Dipasaran ada 3 model umum desain mesin bandsaw yang digunakan, yaitu; tipe vertikal, horisontal dan miring atau miter. Desain mesin bandsaw vertikal biasa digunakan untuk memotong material melintang, pelat rata dan berliku, tipe mesin bandsaw horisontal untuk memotong material yang bentuknya panjang maupun material yang tebal , sedangkan mesin bandsaw miter untuk memotong material berupa pipa dan blok kecil dengan kemiringan tertentu.

PISAU GERGAJI BANDSAW ITU FUNGSINYA APA SAJA?

Seringkali bilah pisau gergaji bandsaw tipe GP atau General Purpose dibiarkan terpasang di mesin, meskipun bilah yang dioptimalkan untuk kayu atau logam dapat diganti ketika volume penggunaan menjamin. Kebanyakan bandsaw komersial adalah tipe vertikal atau Contouring yang dipasang di meja atau dudukan kabinet. Versi gergaji bandsaw listrik portabel dan tenaga baterai juga biasa digunakan oleh kontraktor bangunan di proyek apa pun. Berbeda dengan cutting tool axial seperti gergaji serkel, Band saw mampu memotong material dengan kekerasan berapapun asal dengan penggunaan kecepatan, pemakanan dan bahan material yang baik.

Gergaji pita band saw umumnya berupa Pisau Bi-metal memiliki gigi baja yang terbuat dari material High Speed Steel dan beberapa tipe mengandung kobalt (HSS-Co). Perkembangan geometri gigi baru dan pitch gigi telah menghasilkan tingkat produksi yang meningkat dan masa pakai blade yang lebih besar. Kecepatan pita tipikal berkisar antara 40 kaki / menit (0,20 m / dt) hingga 5.000 kaki / mnt (25 m / dt), meskipun pita khusus dibuat untuk pemotongan gesekan logam keras dan kecepatan lari band 15.000 kaki / menit (76 m) / s).

Bandsaw pemotong logam biasanya dilengkapi dengan kuas brush atau roda rel dan penyapu untuk mencegah serpihan material tersangkut di antara gigi-gigi pisau. Sistem yang mendinginkan mata pisau dengan cairan fluida pemotong juga merupakan peralatan umum pada pita pemotongan logam. Pendingin membersihkan serpihan logam swarf dan menjaga agar pisau blade tetap dingin dan dilumasi. Jika mata gergaji bandsaw patah, masih bisa dilas sambung kembali dan di gerinda hingga halus. Bandsaw blade juga bisa di asah sendiri sesuai kebutuhan.

Bahan dan proses baru seperti baja M51 dan Titanium dulunya dianggap mustahil untuk digergaji, namun seiring kecepatan motor listrik mesin sudah bisa digergaji. Mesin-mesin baru dengan sistem Cartridge dan penanda material serta laser juga telah dikembangkan untuk mengotomatiskan proses pengelasan mata gergaji pita juga.

HASIL POTONG GERGAJI BANDSAW VS GERGAJI SERKEL BAGAIMANA?

Kemampuan daya potong dari mesin gergaji ini juga tergantung dari jenis mata gergaji pita logam bergigi, konstruksi lapisan yang menentukan kelenturan logamnya dan jumlah gigi yang dimilikinya. Mesin bandsaw juga memiliki mekanisme yang sederhana untuk membuat lembaran papan dan pelat dari material bulat seperti kayu gelondong maupun membelah pipa secara melintang. Sebagian besar mesin bandsaw memiliki dua roda yang berputar di bidang yang sama, salah satunya ditenagai, beberapa tipe bandsaw juga memiliki tiga atau empat gear gigi differensial untuk mendistribusikan beban.

Dibandingkan dengan mesin gergaji serkel atau circular saw, penggergajian dengan mesin bandsaw menawarkan hasil yang rapi dan presisi. Hasil potong dan tepiannya pun bebas dari geram serpihan berlebih karena beban pemakanan gigi yang terdistribusi secara merata. Jari-jari minimum kurva ditentukan oleh lebar pita dan garitannya. Bilah gergaji itu sendiri dapat datang dalam berbagai ukuran dan pitch gigi (gigi per inci, atau TPI).

HARGA PISAU GERGAJI BANDSAW BERAPA?

Kami menjual beragam produk pisau gergaji bandsaw blade dan mesin gergaji industri untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari pengeboran lubang, pelebaran diameter lubang, pemakanan material dari beragam axis dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!