Dormer, cutting tool legendaris yang sekarang milik Sandvik group

Mata bor pada umumnya merupakan alat pemotong yang digunakan untuk menghilangkan bahan untuk membuat lubang, hampir selalu dari penampang lingkaran. Mata bor Dormer juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk dan dapat membuat berbagai jenis lubang pada berbagai bahan. Untuk membuat lubang, bor biasanya melekat pada bor, yang mendorong mereka untuk memotong benda kerja, biasanya dengan rotasi. Bor akan menangkap ujung atas sedikit yang disebut betis di chuck.

Merek Dormer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan operator mesin Frais maupun pekerja teknik. Cutting tool Dormer dikenal karena spesialisasinya dibidang mata bor atau Drill bit yang bisa didapatkan per set. 

SEJARAH DORMER MACHINE CUTTING TOOLS

Dormer Tools didirikan pada 4 September 1913 oleh Mr H.A. Dormer dan Mr L. Robertson sebagai The Sheffield Twist Drill Co. Ltd di sudut Solferino Street dan Cemetery Road di Sheffield, Inggris, dengan tenaga kerja sekitar 20 orang.

Dormer Pramet adalah hasil dari penggabungan Dormer Tools, produsen alat padat, Impero dan Pramet Tools yang berspesialisasi dalam perbaikan alat mekanik. Bersama-sama, mereka telah mengumpulkan sejarah lebih dari 150 tahun.

Kekuatan masing-masing perusahaan ini bergabung pada tahun 2014 dengan nama Dormer Pramet. Platform dan kecanggihan unik dari kedua manufaktur ini memungkinkan pelanggan mengakses berbagai produk berkualitas tinggi dan layanan yang mudah diakses untuk membantu pelanggan menjalankan operasi mereka dengan lancar.

Saat ini, Dormer Pramet merupakan produsen satu atap untuk alat potong bulat dan dapat diindeks untuk penggilingan, pengeboran, pembuatan lubang, dan pembubutan. Ini memproduksi berbagai HSS Drills, Taps, Reamers, End Mills, balik Indexable Carbide, Milling dan alat-alat Pembuatan Lubang untuk sektor permesinan, MRO dan pengerjaan logam.

Pada tanggal 5 Juni 1916, ketika melayani dengan layanan diplomatik sebagai Wakil Direktur Produksi di Kementerian Munisi, Robertson terbunuh di kapal HMS Hampshire bersama dengan Field Marshall Lord Kitchener, Sekretaris Negara untuk Perang.

Merek dagang Dormer – awalnya digunakan sebagai nama merek untuk latihan twist perusahaan – didaftarkan pada tahun 1924. Belakangan, nama Dormer begitu terkenal secara global sehingga akan menjadi nama perusahaan resmi (lihat 1975).

Pada awal 1950-an perusahaan ini menjadi produsen bor pertama di Eropa yang memperkenalkan perawatan uap panas untuk produk-produknya. Pada tahun 1975 SKF mengakuisisi perusahaan Dormer dan, dalam prosesnya, menjadi produsen alat pemotong Baja Kecepatan Tinggi terbesar di dunia. 

Mata bor Dormer juga tersedia dalam ukuran standar, dijelaskan dalam artikel ukuran mata bor. Bagan bor komprehensif dan tabel ukuran tap mencantumkan metrik dan bor berukuran imperial di samping ukuran tap screw yang diperlukan. Ada juga mata bor khusus tertentu yang dapat membuat lubang dengan penampang non-lingkaran.

Pada tahun 1992 Dormer diakuisisi oleh kelompok Sandvik. Pada 2007 Dormer bergabung dengan Precision Twist Drill dan Union Butterfield di AS, Kanada, dan Meksiko.

PENGOPERASIAN MATA BOR

Sebagian besar mata bor untuk penggunaan konsumen memiliki betis lurus. Untuk pengeboran tugas berat di industri, bit dengan setang shank yang meruncing atau mengerucut kadang-kadang digunakan. Jenis betis lain yang digunakan termasuk berbentuk hex, dan berbagai sistem rilis cepat berpemilik.

Rasio diameter terhadap panjang mata bor biasanya antara 1: 1 dan 1:10. Rasio yang jauh lebih tinggi dimungkinkan (mis., Bit putar “panjang pesawat”, bor bor bertekanan minyak, dll.), Tetapi semakin tinggi rasionya, semakin besar tantangan teknis untuk menghasilkan pekerjaan yang baik.

Geometri terbaik untuk digunakan tergantung pada sifat material yang dibor. Tabel berikut mencantumkan geometri yang direkomendasikan untuk beberapa bahan yang biasanya dibor.

Metalextra juga menawarkan solusi perangkat kerja cutting tool presisi berkualitas tinggi asal Jerman, Taiwan, Jepang, Korea dan lainnya.  Kami juga memilki alternatif produk dari merek dan negeri asal lain yang sesuai budget anda. Berbeda dengan pesaing kami yang bangga berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!