Manfaat bekerja di perusahaan kecil UMKM

Banyak pekerja dan pencari kerja di Indonesia berharap dan memimpikan pekerjaan di perusahaan besar dengan nama merek terkenal. Dari iming iming besarnya gaji hingga fasilitas yang tersedia, bisa menjadi motivasi awal. Namun tentu saja hal tersebut merupakan hal yang tidak mudah dan juga pasti ada dampak negatif dan tekanan batin serta pengorbanan yang harus dilakukan, misalnya bekerja puluhan tahun dengan posisi yang sama atau budaya kantor serta senioritas yang kurang anda sukai.

Di lain sisi, Adapula perusahaan kecil yang karyawannya masih kecil dan founder perusahaan bekerja di kantor dan bahkan meja yang sama dengan anda! Tentu saja ada keuntungan bekerja dengan bisnis kecil! Perusahaan kecil umumnya memberikan tanggungjawab besar dan langsung mempengaruhi kinerja perusahaan.

Berikut adalah beberapa manfaat bekerja untuk perusahaan kecil dibandingkan dengan bisnis besar:

1. Mempelajari berbagai aspek bisnis
Banyak pekerja yang haus akan pengalaman langsung dan ingin mendapatkan keterampilan praktis. Pemilik usaha kecil dapat menekankan keuntungan bekerja sama dengan manajer tingkat senior dan berpotensi mendapatkan pandangan langsung tentang banyak aspek dalam menjalankan bisnis.

Founder startup pemilik usaha kecil dapat memikat talenta terbaik dengan mempromosikan peluang khusus dan manfaat khusus yang mereka berikan. Karena tentu saja dalam operasional perusahaan kecil tersebut dibutuhkan tenaga sdm yang mampu merangkap tugas dan fungsi sehingga lebih efisien.

Peluang bekerja di perusahaan kecil ini mungkin sangat cocok untuk kandidat pekerjaan fresh graduates maupun anda yang suatu saat nanti ingin memiliki dan memulai usaha sendiri! Karena jalur birokrasi yang sedikit, anda sebagai karyawan ‘anak’ baru tentu bisa lebih sering berinteraksi dengan founder perusahaan dan belajar lebih lanjut tentang ilmu merintis usaha.

Karyawan di perusahaan kecil seringkali dapat memperoleh paparan lebih cepat ke berbagai area fungsional bisnis.

Juga, banyak karyawan perusahaan kecil ini merasa berharga untuk melakukan tugas-tugas baru di samping peran resmi mereka, seperti berinteraksi dengan pelanggan atau memulai akun media sosial. Perusahaan kecil sering memberikan peluang besar bagi karyawan untuk memperoleh pengalaman kerja yang berbeda dan menemukan keterampilan baru.

2. Peluang untuk maju dan bertumbuh lebih besar
Di sebuah usaha kecil, para pekerja adalah ikan besar di sebuah kolam kecil. Itu berarti karyawan memiliki visibilitas tinggi sejak hari pertama mereka dan ide-ide kreatif serta kerja keras mereka akan terlihat oleh orang-orang di atas.

Pemilik usaha kecil dapat menyoroti peluang untuk mendapatkan keterampilan tambahan dan mungkin dipromosikan dari dalam. “Karena Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang fungsional, Anda dapat memperoleh eksposur ke bisnis dan manajemen senior, mengatur Anda untuk peran kepemimpinan atau kewirausahaan di masa depan,” kata Good.

3. Fleksibilitas jam kerja
Beberapa lingkungan perusahaan dikenal karena menawarkan fleksibilitas substansial di tempat kerja atau penjadwalan. Itu adalah manfaat yang sangat dihargai, terutama bagi orangtua yang bekerja. Tetapi sebuah bisnis kecil juga dapat menawarkan fleksibilitas, dan banyak pemilik bisnis kecil yang pandai menjuntai tunjangan seperti penjadwalan yang fleksibel dan peluang telekomunikasi bagi pekerja berkualifikasi tinggi untuk menebus gaji yang lebih rendah atau bonus yang lebih kecil.

Perusahaan kecil seringkali lebih fleksibel dalam bagaimana proyek dilaksanakan. “Dalam sebuah perusahaan kecil, birokrasi tidak sebanyak itu, jadi ide dan proyek biasanya dapat diimplementasikan lebih cepat,” kata Good.

4. Budaya tempat kerja kekeluargaan
Banyak perusahaan bangga dengan budaya tempat kerja mereka yang kuat, pembeda penting bagi pelamar pekerjaan. Tetapi budaya bisnis kecil juga bisa menjadi daya tarik yang kuat bagi karyawan baru.

Pemilik usaha kecil dapat mempromosikan budaya yang selaras, atau setidaknya bercita-cita untuk menyelaraskan, dengan budaya perusahaan terbaik di industri mereka. Pemilik usaha kecil harus mengembangkan dan mempromosikan budaya tempat kerja mereka sebagai aset, apakah budaya tersebut merupakan atmosfer keluarga yang mendukung, atau budaya yang menekankan kreativitas dan inovasi, atau yang lainnya.

5. Bonus kreatifitas
Usaha kecil umumnya tidak mampu membayar bonus besar. Tetapi mereka dapat menjadi kreatif, karena mereka mampu memaparkan ide langsung kepada pemegang keutusan dengan cepat tanpa memiliki sedikit birokrasi, mereka mungkin dapat menyesuaikan manfaat pinggiran tambahan mereka ke tingkat yang lebih besar. Itu bisa berarti memberi hadiah kepada karyawan yang berharga dengan cuti untuk perjalanan kayak atau kunjungan spa yang mewah. Perhatian pribadi itu bisa sangat membantu membuat seorang karyawan merasa puas bekerja untuk bisnis kecil.

KESIMPULAN KAMI

Tidak masalah jenis industri Anda, mau dari industri aerospace dan otomotif yang bergaji besar, maupun bekerja di galangan kapal yang mengejar proyek, prinsip bekerja cerdas tidak bisa anda raih sampai kapanpun dengan melakukan hal yang sama terus menerus.

Saran paling umum yang kita dengar tentang Tokoh motivator kerja ternama adalah kesuksesan didapat dengan “Kerja, Lanjutkan Kerja, Kerja lebih keras lagi”. Bahkan adapula manajer dan rekan kita yang banyak mengatakan bahwa cara menjadi sukses naik jabatan maupun karir yang sukses dengan “lembur, lembur, lembur.”

Bekerja lembur demi uang tambahan maupun alasan lain, bukanlah cara bekerja yang baik dalam penggunaan waktu Anda secara efektif. Karena jika kepala Anda tertunduk, Anda akan kehilangan banyak peluang jika Anda tidak melihat ke atas maupun kesekeliling anda sesekali.

Namun jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!