PT Len Industri (Persero) melakukan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris

Kementerian BUMN RI selaku pemegang saham PT Len Industri (Persero) melakukan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris. Kementerian menetapkan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama Len, dan mengalih tugaskan Dean Arslan sebagai komisaris independen dari sebelumnya sebagai komisaris utama.

Perubahan tersebut ditetapkan dan disahkan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-274/MBU/08/2021 yang dilaksanakan secara online, pada Kamis, tanggal 19 Agustus 2021.

Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin dalam keterangan resminya mengatakan, “Hari ini pemegang saham melakukan pergantian Komisaris Utama Len. Langkah ini berkaitan dengan keseriusan langkah pemerintah dalam menugaskan PT Len Industri sebagai Ketua Holding BUMN Industri Pertahanan, DEFEND ID, yang ditargetkan holdingisasi dapat tercapai di tahun 2021.”

Sebelum menjadi Wamenhan pada akhir tahun 2020, Herindra dipercaya sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak 21 Oktober 2020. Jabatan tersebut diembannya setelah menjadi Inspektur Jenderal TNI selama tahun 2018 hingga 2020.

Ia adalah lulusan Akademi Militer angkatan 1987 dan seangkatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. Herindra yang lahir di Magelang , 30 November 1964, meraih Adhi Makayasa atau merupakan lulusan terbaik di angkatannya saat itu.

Karir militer Herindra dimulai dari komandan peleton, menanjak ke Komandan Resimen Sandiyudha, hingga Komando Pasukan Khusus. Kemudian pada tahun 2015-2016 ia diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus. Pada 2015 Herindra sempat menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Siliwangi, sebelum menjadi Danjen Kopassus. Ia menjabat Panglima Kodam Siliwangi pada 2016-2017 setelah menjadi Danjen Kopassus.

Dengan demikian susunan Dewan Komisaris Len per 19 Agustus 2021 adalah:

·        Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama

·        Zuryati Simbolon sebagai Komisaris

·        Bambang Kusharto sebagai Komisaris

·        Dean Arslan sebagai Komisaris Independen

·        Rindoko Dahono sebagai Komisaris Independen

·        Helvi Yuni Moraza sebagai Komisaris Independen

Sekilas PT Len Industri (Persero)

PT Len Industri (Persero) adalah perusahaan BUMN yang berbasis teknologi dan bergerak dalam lini bisnis Elektronika Pertahanan, Sistem Transportasi, Energi Baru Terbarukan, ICT dan Sistem Navigasi.

Len dalam industri pertahanan memfokuskan kompetensinya di bidang C5ISR (Command, Control, Communications, Computers, Cyber, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance) untuk menyuplai alutsista dan mendukung kebutuhan operasional TNI maupun Kementerian Pertahanan. 

Produk andalan dalam industri pertahanan antara lain: taktikal data link, radar pertahanan, target drone, mission system drone MALE Black Eagle, combat system kapal perang, Gunnery Firing Range (GFR), radio taktikal, dan lain-lain.

Seiring berjalannya waktu dari tahun 1991, Len telah merealisasikan dan menjalankan bisnisnya sebagai manufaktur modul surya dan persinyalan, IPP PLTS (Independent Power Producer) Kupang, O&M (Operation & Maintenance) dalam bidang perkeretaapian dan ICT, managed service di bidang ICT, consumer goods dalam penyediaan PLTS Rooftop (LenSolar), KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha) dalam pembangunan Palapa Ring Paket Tengah, hingga kolaborasi antar BUMN untuk pemanfaatan PLTS di kalangan BUMN, serta EPC (Engineering, Procurement, Construction) untuk kelima bisnisnya.

KESIMPULAN

Pemerintah Republik Indonesia terus berupaya mencari jalan keluar untuk mendorong para pelaku industri di tanah air agar kembali bergairah setelah mendapat tekanan berat dari dampak pandemi Wuhan coronavirus Covid-19. Kebijakan strategis tersebut, perlu diramu bersama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait sehingga tepat sasaran. 

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian Perindustrian AUGUST 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Mei 26, 2020 @ 3:49 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: