Apa Itu Magnet? Kenapa diciptakan?

Magnet merupakan bahan atau benda yang menghasilkan medan magnet. Medan magnet ini tidak terlihat tetapi bertanggung jawab atas sifat magnet yang paling menonjol: gaya yang menarik material feromagnetik lainnya, seperti besi, dan menarik atau menolak magnet lainnya. Magnet atau magnit adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian.

ASAL MUASAL MAGNET

Menurut kebudayaan bule barat, Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.

Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan.

KARAKTERISTIK MAGNET

Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.

Satuan intensitas magnet menurut sistem metrik pada Satuan Internasional (SI) adalah Tesla dan SI unit untuk total fluks magnetik adalah weber. 1 weber/m^2 = 1 tesla, yang memengaruhi satu meter persegi.

JENIS MAGNET

Ada 3 jenis magnet yang kita kenal. Magnet permanen adalah objek yang terbuat dari bahan yang bermagnet dan menciptakan medan magnet persistennya sendiri. Contoh sehari-hari adalah magnet kulkas yang digunakan untuk menyimpan catatan di pintu kulkas. Bahan yang dapat dimagnetisasi, yang juga sangat tertarik pada magnet, disebut feromagnetik (atau ferrimagnetik). Ini termasuk unsur-unsur besi, nikel dan kobalt dan paduannya, beberapa paduan logam tanah jarang, dan beberapa mineral yang terjadi secara alami seperti batu gamping.

Meskipun bahan feromagnetik (dan ferrimagnetik) adalah satu-satunya yang tertarik pada magnet yang cukup kuat untuk dianggap sebagai magnet, semua zat lain merespons dengan lemah terhadap medan magnet, oleh salah satu dari beberapa jenis magnet lainnya.

Bahan-bahan feromagnetik dapat dibagi menjadi bahan-bahan yang “lunak” secara magnetis seperti besi anil, yang dapat bermagnet tetapi tidak cenderung tetap bermagnet, dan bahan-bahan “keras” yang bersifat magnetis. Magnet permanen terbuat dari bahan feromagnetik “keras” seperti alnico dan ferit yang mengalami pemrosesan khusus dalam medan magnet yang kuat selama pembuatan untuk menyelaraskan struktur mikrokristalin internal mereka, membuatnya sangat sulit untuk didemagnetisasi. Untuk mendemagnetisasi magnet jenuh, medan magnet tertentu harus diterapkan, dan ambang ini tergantung pada koersivitas material masing-masing. Bahan “keras” memiliki koersivitas tinggi, sedangkan bahan “lunak” memiliki koersivitas rendah. Kekuatan keseluruhan magnet diukur oleh momen magnetnya atau, alternatifnya, fluks magnet total yang dihasilkannya. Kekuatan magnet lokal dalam suatu material diukur dengan magnetnya.

Sebuah elektromagnet terbuat dari gulungan kawat yang bertindak sebagai magnet ketika arus listrik melewatinya tetapi berhenti menjadi magnet ketika arus berhenti. Seringkali, kumparan melilit inti dari bahan feromagnetik “lunak” seperti baja ringan, yang sangat meningkatkan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan.

KESIMPULAN

Keseluruhan kekuatan magnet diukur dengan momen magnetik atau, sebaliknya, total fluks magnetik yang dihasilkan . Kekuatan lokal magnet dalam suatu material diukur dengan magnetisasinya.

Elektromagnet merupakan benda komponen yang vital dalam teknologi elektronik maupun transportasi. Magnet ini mampu memutar start awal mesin bensin, dieasel, gas dan lainnya. Magnet buatan ini terdiri dari gulungan kawat yang bertindak sebagai magnet ketika arus listrik melewatinya tetapi berhenti menjadi magnet ketika tidak diberi arus listrik . Seringkali, kumparan melilit inti dari “lunak ” bahan ferromagnetic seperti baja, yang sangat meningkatkan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan.

Di Metalextra, kami bekerja tanpa lelah untuk merekayasa hanya alat terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasiona turning maupun pengolahan logam presisi. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ditujukan pada posisi teratas pasar global, kami akan melanjutkan upaya kami untuk berkontribusi pada pembentukan masyarakat Indonesia yang makmur.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!

Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

book of mekanik, Fundamentals of Magnetism & Magnetic Materi

Originally posted on Agustus 31, 2019 @ 3:17 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!