Belanda berencana menjadi poros utama industri pertahanan maritim Eropa

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, pemerintah Belanda telah meningkatkan anggaran pertahanannya, mengalokasikan 1,7% dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk pertahanan pada akhir tahun lalu, naik dari 1,15% pada tahun 2014. Belanja diperkirakan akan mendekati wilayah Utara. Target Organisasi Perjanjian Atlantik (NATO) sebesar 2% dari PDB mulai tahun ini.

Menteri Pertahanan Belanda, Christophe van der Maat, mengumumkan dalam suratnya kepada parlemen bahwa Belanda berencana memesan empat kapal perang fregat pertahanan udara baru dengan harga lebih dari €3,5 miliar ($3,8 miliar USD) untuk menggantikan armadanya saat ini.

Kementerian Pertahanan Belanda bermaksud untuk berkolaborasi dengan galangan kapal lokal Damen Naval untuk platform angkatan laut dan pabrikasi senjata Thales untuk sistem peperangan permukaan, meskipun perjanjian dengan perusahaan-perusahaan ini belum diselesaikan. Empat kapal perang fregat pertahanan udara yang ada akan diganti secara berurutan, dengan unit baru pertama diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2036. Selain itu, senjata modern seperti rudal anti-kapal hipersonik dan proliferasi sistem yang relatif sederhana seperti drone telah meningkatkan tingkat ancaman terhadap kapal angkatan laut.

Pemerintah Belanda juga sedang mendiskusikan kerja sama dengan negara-negara Eropa lainnya yang ingin mengganti kapal perang fregat dengan platform desain yang mirip, termasuk Denmark, Jerman, dan Norwegia. Namun, belum ada kesepakatan konkrit yang dicapai, kata kementerian itu dalam suratnya kepada parlemen. Kerja sama dapat mencakup pembangunan dan konstruksi bersama, serta pengadaan kolektif, pelatihan, dan pemeliharaan. “Belanda memimpin kapal-kapal ini, tapi kami akan menyambut negara Eropa lain untuk bergabung dengan kami,” kata Van der Maat dalam deklarasi video.

Pengiriman pertama dijadwalkan paling lambat pada tahun 2034, dengan satu dari empat kapal perang fregat pertahanan udara baru diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2041. Ini berarti armada saat ini akan terus bertugas dua tahun lebih lama dari yang direncanakan, menurut kementerian. .

Kapal perang fregat kelas Zeven Provinciën yang ada saat ini, yang ditugaskan antara tahun 2002 dan 2005, akan diganti pada tahun 2030an, menurut Kementerian Pertahanan Belanda.

Belanda berencana untuk menggunakan kembali beberapa peralatan yang dipasang untuk memodernisasi kapal perang fregat pertahanan udaranya saat ini, termasuk dua Radar Array Bertahap Aktif baru dan empat meriam 127 mm untuk menyerang sasaran permukaan. Sistem radar dan pengendalian tembakan yang sedang dikembangkan untuk dua kapal perang fregat perang anti-kapal selam baru akan disempurnakan lebih lanjut untuk kapal pertahanan udara baru.

Kapal perang fregat pengganti akan memiliki fitur pertahanan udara berlapis, dengan preferensi untuk jangkauan rudal yang berbeda-beda yang dicakup oleh pabrikan yang sama, kata kementerian itu. Kapal-kapal tersebut juga akan dilengkapi dengan rudal jelajah Tomahawk dan Naval Strike Missile Kongsberg.

Penggantian kapal kapal perang fregat ini merupakan proyek maritim terbesar milik kementerian, dengan anggaran lebih dari €2,5 miliar untuk kapal dan investasi tambahan sebesar €1 miliar hingga €2,5 miliar untuk sistem persenjataan. Anggaran tersebut mengasumsikan lambung kapal akan dibangun di tempat lain di Eropa, seperti halnya kapal perang fregat perang anti-kapal selam baru, meskipun pembangunan lokal tidak dikesampingkan, kata kementerian tersebut.

Selain itu, kapal-kapal baru tersebut akan mencakup kemampuan pertahanan terhadap senjata hipersonik, yang bukan merupakan bagian dari anggaran karena masih dalam pengembangan. Kementerian ini merupakan bagian dari proyek Studi Pencegat Pertahanan Hipersonik, yang dipimpin oleh produsen rudal pan-Eropa, MBDA.

Kementerian Pertahanan Belanda juga akan mengganti sebagian besar personel tentara dan anak buah kapal angkatan lautnya dalam 15 tahun ke depan, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan maritim Belanda secara signifikan. Kerja sama industri yang dihasilkan diharapkan akan “memberikan dorongan kuat bagi otonomi strategis Eropa dan Belanda sebagai poros utama industri pertahanan maritim.”

TENTANG DAMEN NAVAL

Damen Naval adalah galangan kapal asal Belanda, dan merupakan kelanjutan dari Koninklijke Maatschappij De Schelde yang didirikan pada 8 Oktober 1875 setelah pembuat kapal Arie Smit mengambil alih Marine Etablissement, dermaga milik angkatan laut Belanda.

Damen Group kini menjadi salah satu pembuat kapal milik keluarga terbesar di Eropa, dengan penjualan tahunan sekitar $2 miliar. Ayah dan paman Kommer Damen mulai membuat perahu di gudang sebelah rumah keluarga di kota Hardinxveld-Giessendam, Belanda, pada tahun 1922. Lima tahun kemudian, mereka mendirikan Galangan Kapal Damen pada tahun 1927. Ia membeli galangan kapal tersebut dari ayahnya pada tahun 1969 dan membawa pulang kapal tersebut. konsep pembuatan kapal modular hingga pembangunan kapal kecil dan peluncuran. Kommer Damen adalah ketua dan putranya Arnout adalah CEO.

Saat ini, Damen Naval bertanggung jawab atas sejumlah kapal yang digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Belanda yang berlokasi di Vlissingen. Selain pembuatan dan perbaikan kapal, Damen Naval juga membuat mesin, mesin, turbin uap, pesawat terbang, dan produk logam ringan.

TENTANG THALES GROUP

Thales Group merupakan perusahaan multinasional Perancis yang didirikan 1968 untuk merancang, mengembangkan dan memproduksi sistem kelistrikan serta perangkat dan peralatan untuk sektor kedirgantaraan, pertahanan, transportasi dan keamanan.

Thales sebagian dimiliki oleh negara Perancis dan beroperasi di lebih dari 56 negara. Pada tahun 2019, perusahaan ini memiliki 80.000 karyawan dan menghasilkan pendapatan sebesar €18,4 miliar. Pada tahun 2017, perusahaan ini merupakan kontraktor pertahanan terbesar ke-8 di dunia dengan 55% total penjualannya berasal dari pekerjaan militer.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Siaran Pers Nederlandse Ministerie van Defensie MARCH 2024

 defensie.nl/onderwerpen/materieel/nieuws/2024/03/15/bouw-nieuwe-onderzeeboten-voorlopig-gegund-aan-naval

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply