Fungsi alat ukur dan hand tools yang wajib punya!

Alat ukur teknik memang beragam jenis dan cara pakainya. Akan tetapi sebagian besar terutama yang memiliki fungsi vital dan presisi harganya tidaklah murah.Tergantung dari aplikasi anda, entah sebagai seorang purchasing, pengusaha bengkel teknik, penghobi mekanik rumahan maupun pekerja profesional, anda pasti akan menggunakannya dan membutuhkannya. Jika anda seorang hobbyist yang biasanya tiap sabtu-minggu menyervis atau modif mobil atau motor sendiri, suatu saat pasti ingin punya alat ukur dan hand tools yang awet jika waktu dan uang memungkinkan.

Di artikel ini, Kami mengurutkan alat-alat ukur hand tools sesuai urutan kepentingannya, tetapi Anda dapat menetapkan prioritas sendiri berdasarkan penggunaan dan budget yah!.

  1. Meteran/Pita pengukur; Selain fungsinya yang jelas untuk mengukur panjang, lebar, tinggi dan dalam beberapa kasus kedalaman, meteran juga dapat digunakan untuk menentukan diameter luar tabung maupun keliling (lingkar / Pi).

  2. Standar umum yang digunakan kaliper untuk penentuan akurasi kaliper vernier maupun digital adalah standar Jerman DIN862. Kaliper digital (tergantung mereknya) menggunakan sistem sensor induktif maupun linear sensor elektronik seperti linear scale atau DRO, memiliki hasil pengukuran yang lebih akurat dibanding Vernier. Kaliper digital lebih mudah digunakan karena pengukuran ditampilkan dengan jelas dan satuna ukur bisa dengan cepat diganti. Dengan menekan tombol inci / mm satuan jarak dapat dibaca sebagai metrik atau imperial. Fitur terbaru dari kaliper digital adalah penggunaan data transfer melalui kabel data maupun wireless yang cukup membantu. Anda bisa mencatat data hasil ukur langsung ke komputer maupun smartphone.

    Vernier Caliper; Alat pengukur hand tools geser yang akurat, mirip dengan penggaris namun lebih presisi dan dapat digunakan untuk mengukur diameter dalam dan luar serta kedalaman. Ada beberapa jenis vernier caliper; jenis yang paling sederhana ya tipe Vernier, adapula tipe analog yang mekanis dan dengan layar digital yang menggunakan baterai. Kaliper vernier terbaru sekarang menggunakan pembacaan digital yang mengukur hingga sepersekian milimeter dan bahkan bisa terkoneksi ke microsoft excel di android maupun di komputer.

  3. Thread gauge atau feeler gauge ukur ulir sekrup dan baut (Fastener); Alat ini penting digunakan untuk menentukan kecocokan ulir pada fastener seperti baut, mur, dan alat kelengkapan hidrolik. Tersedia dalam standar metrik maupun inci, Anda harus memiliki keduanya karena baut 3 / 8-24 dan 10mm X 1 terlihat hampir identik hingga ulirnya yang ketiga menghentikan Anda menyelesaikan pekerjaan. Pengukur ulir fastener ini juga membantu dalam menentukan tap atau die mana yang akan digunakan atau file pitch pitch apa yang akan digunakan saat rethreading spindle, mur dan baut. Biasanya dijual termasuk dalam set set Snei.

  4. Feeler Gauge atau Sleeve gauge; Pengukur Feeler ini biasanya digunakan oleh bengkel otomotif maupun bengkel bubut. Alat kerja ini harganya murah dan terdiri dari beberapa strip tipis logam, masing-masing dengan ukuran ketebalan tertentu untuk mengukur celah yang tepat pada titik-titik pemutus dan untuk mengukur kelonggaran katup pada kepala silinder. Pengukur feeler gauge juga tersedia untuk mengukur celah pada pickup induktif magnetik dalam pengapian elektronik pada mesin kendaraan seperti mobil dan motor, mengukur permukaan manifold, setel silinder mesin dan mengindikasikan berapa banyak jarak yang diperlukan untuk membuat permukaan kembali licin. Sebagian besar feeler gauge dijual dalam satu set dengan ketebalan yang berbeda-beda, biasanya dalam peningkatan seperseribu inci maupun dalam satuan milimeter.

  5. Mikrometer; Alat ukur yang sangat akurat ini tersedia dalam dua konfigurasi yang berbeda, satu untuk mengukur dimensi diameter dalam dan satu untuk pengukuran diameter luar. Seperti kaliper, Micrometer yang paling sederhana ya tipe Vernier, adapula tipe analog yang mekanis dan dengan layar digital yang menggunakan baterai. Mikrometer biasanya berpasangan atau dalam set dengan beberapa batang yang diukur termasuk untuk meningkatkan jangkauan mereka. Akurat dalam beberapa ribu, mikrometer adalah alat penting untuk masinis dan insinyur. Mereka berguna untuk mengukur ukuran dimensi diamter piston atau poros engkol, runout rotor rem cakram, ukuran lubang silinder, dan juga kedalaman lubang bor.

  6. Dengan memiliki kunci momen yang pas torsinya, pekerjaan pengencangan maupun pengendoran bisa dipastikan, Sinyal yang dihasilkan oleh transduser HOLEX Electronic Torque Wrench 655345 dikonversi ke unit torsi yang diperlukan (mis. Nm atau lbfft) dan ditunjukkan pada tampilan digital. Sejumlah sambungan yang berbeda (detail pengukuran atau nilai batas) dapat disimpan. menyimpan semua pengukuran yang dilakukan dalam memori pembacaan internal.

    Torque Wrench atau kunci momen dengan pengukur torsi; Kunci momen atau kunci monel ini dapat dianggap sebagai alat ukur karena mengukur ketahanan logam-ke-logam. Kunci momen atau torque wrench atau kunci torsi merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengeratkan baut atau mur dengan tingkat kekuatan dan kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dari definisi ini kita tentu dapat menyimpulkan fungsi dari kunci momen adalah untuk mengukur gaya puntir pada mur maupun baut hingga mencapai momen kekencangan tertentu. Ini bisa menjadi kritis ketika merakit komponen bahwa perangkat keras menjadi sesak tertentu tanpa menjadi terlalu ketat. Di situlah kunci momen torsi Anda berguna. Ditawarkan dalam berbagai drive dan lulus dalam satuan Newton meter juga ditunjukkan pada skala penyesuaian. Kunci pas torsi harus di kalibrasi ulang setiap beberapa tahun, tergantung pada jumlah penggunaan.

  7. Indikator Dial maupun plunger; Indikator dial dapat mengukur pergerakan sangat kecil dengan sangat akurat. Indikator dial dapat memberi tahu Anda saat komponen menunjukkan keausan yang berlebihan, dan dapat membantu Anda mengatur komponen dengan tepat. Alat ikur ini biasanya terdiri dari body bundar dengan putaran indikator, alas atau dudukan tetap, dan batang yang menonjol yang melakukan pengukuran. Indikator dial biasanya dijepit pada stand bermagnet ataupun Vise-Grips, yang menjepit alat ke bagian yang diam. Berikut adalah beberapa kegunaan alat ini:

  • Mengukur play end crankshaft. Pasang dasar magnet ke blok, letakkan ujung plunger pada katrol poros engkol, dan gerakkan katrol masuk dan keluar sejauh mungkin, baik dengan mengungkitnya atau menekan kopling. Periksa bacaan ini terhadap spesifikasi dalam manual toko Anda sebagai indikasi masalah mesin internal lainnya.

  • Memeriksa rotor rem untuk melengkung. Pasang dudukan indikator dial pada bagian suspensi, sesuaikan plunger sehingga menempel dengan ringan pada permukaan kontak rotor, putar nol dial, dan putar rotor dengan tangan. Jika disk tidak rata sempurna, jarum akan bergoyang. Gerakan 0,005 inci atau lebih berarti rotor harus dikerjakan atau diganti.

  • Mengukur jarak klep. Indikator dial akan mengukur jarak bebas rocker-arm-to-valve-stem. Pasang indikator sehingga plunger vertikal dalam kaitannya dengan gerakan lengan ayun, dan letakkan langsung di tempat keduanya bertemu. Putar mesin sampai katup ditutup, dan tekan lengan ayun ke batang katup. Arahkan pengukur dan angkat rocker sejauh mungkin. Bacaan ini akan memberi tahu Anda izin katup yang tepat.

  • Mengukur reaksi dan pinion backlash. Dengan menggunakan indikator dial, Anda dapat mengukur jarak yang tepat antara gigi cincin diferensial dan poros pinionnya. Hal ini juga dapat digunakan untuk memeriksa perataan dan jarak komponen baru untuk kesesuaian yang tepat sebelum perakitan akhir, mencegah pemborosan bantalan baru atau sealant mesin berlebihan.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!