Harga Patokan Ekspor Tambang Indonesia menunjukkan tren yang positif

Indonesia menentukan perhitungan dasar Harga Patokan Ekspor atau HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asian Metal dan Iron Ore Fine Australian. Sementara itu, perhitungan dasar HPE untuk konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Harga pasar beragam barang tambang hingga 2021 menunjukkan tren yang positif yang terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan harga beberapa komoditas produk pertambangan mengalami kenaikan yang cukup signifikan yang disebabkan adanya permintaan dan penawaran di pasar dunia yang meningkat. Namun ada juga beberapa harga komoditas produk pertambangan yang mengalami penurunan sedikit. Kondisi ini mempengaruhi penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan Bea Keluar (BK) untuk periode Mei 2021. Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 28 Tahun 2021, tanggal 26 April 2021.

Komoditas konsentrat mangan, konsentrat seng, konsentrat ilmenite, konsetrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian mengalami kenaikan dibandingkan bulan lalu. Hal tersebut disebabkan adanya peningkatan permintaan dunia. Komoditas konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, dan konsetrat timbal mengalami penurunan harga. Adapun untuk pellet konsentrat pasir besi tidak mengalami perubahan,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Produk pertambangan yang mengalami kenaikan harga rata-rata pada periode Mei 2021 adalah konsentrat mangan (Mn ≥ 49%) dengan harga rata-rata USD 218,99/WE atau naik 2,51%; konsentrat seng (Zn ≥ 51%) dengan harga rata-rata USD 786,74/WE atau naik 3,39%; konsentrat ilmenit (TiO2 ≥ 45%) dengan harga rata-rata USD 432,98/WE atau naik 6,74%; konsentrat rutil (TiO2 ≥ 90%) dengan harga rata-rata USD 1.122,57/WE atau naik 3,14%; dan bauksit yang telah dilakukan pencucian (washed bauxite) (Al2O3 ≥ 42%) dengan harga rata-rata USD 30,45/WE atau naik 3,93%.

Sementara itu, produk yang mengalami penurunan harga dibandingkan HPE periode sebelumnya adalah konsentrat tembaga (Cu ≥ 15%) dengan harga rata-rata USD 3.229,74 /WE atau turun 0,76%; konsentrat besi (hematit, magnetit) (Fe ≥ 62% dan ≤ 1% TiO2) dengan harga rata-rata USD 149,16/WE atau turun 1,94%; konsentrat besi laterit (gutit, hematit, magnetit) dengan kadar (Fe ≥ 50% dan (Al2O3 + SiO2) ≥ 10%) dengan harga rata-rata USD 76,22/WE atau turun 1,94%; konsentrat timbal (Pb ≥ 56%) dengan harga rata-rata USD 805,75/WE atau turun 2,63%; dan konsentrat pasir besi (lamela magnetit-ilmenit) (Fe ≥ 56%) dengan harga rata-rata USD 89,07/WE atau turun sebesar 1,94%. Adapun pellet konsentrat pasir besi (lamela magnetit-ilmenit) (Fe ≥ 54) tidak mengalami perubahan dengan harga rata-rata USD 117,98/WE.

Sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK meliputi konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian. Menurut Didi, HPE periode Mei 2021 ditetapkan setelah memperhatikan masukan tertulis serta hasil koordinasi dengan berbagai instansi terkait.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor Atas Produk Pertambangan Yang Dikenakan Bea Keluar periode Mei 2021 dapat diunduh melalui http://jdih.kemendag.go.id/peraturan/detail/2102/2.

KESIMPULAN

Hingga periode akhir April 2021, harga beberapa komoditas produk pertambangan logam berat menunjukkan tren positif yang terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kenaikan permintaan pada beberapa komoditas produk pertambangan.

Di Metalextra.com kami yakin dengan peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik jika dikombinasikan dengan pengujian dan pengembangan. Kami juga menawarkan solusi perangkat alat ukur presisi berkualitas tinggi asal Swiss, Jerman, Taiwan, Jepang.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui email: [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian Perdagangan Indonesia MAY 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on November 28, 2019 @ 4:29 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: