International Federation of Consulting Engineers itu apa sih?

International Federation of Consulting Engineers (umumnya dikenal sebagai FIDIC, singkatan untuk nama Perancis Fédération Internationale Des Ingénieurs-Conseils) adalah organisasi standar internasional untuk Teknik dan Jasa Konsultasi yang terkenal dan bisa disingkat dengan nama: FIDIC. FIDIC memang berawal dari kalangan insinyur dan teknik dari negara yang menggunakan bahasa Perancis yang didirikan pada tahun 1913. Saat itu organisasi ini didirikan oleh perwakilan dari tiga negara pengguna bahasa Perancis atau Francophone yang terdiri dari Belgia, Prancis, dan Swiss. Hari ini FIDIC memiliki anggota di 104 negara.

SIAPA ITU FIDIC?

Berkantor pusat di Jenewa, Swiss, FIDIC bertujuan untuk mewakili Rekayasa Konsultasi global dengan mengedepankan minat Firma / Insinyur yang menyediakan layanan berbasis teknologi untuk lingkungan alam dan bangunan. Sebagian besar pengurus oragnisasi ini dijalankan oleh sukarelawan dan para pakar engineer dan insinyur dari perusahaan ternama.

Diseluruh dunia, FIDIC terkenal dengan pekerjaannya dalam menentukan Ketentuan Kontrak untuk industri konstruksi di seluruh dunia. Perusahaan dan Organisasi milik Asosiasi Anggota Nasional FIDIC didorong untuk mengumumkan diri mereka sebagai anggota FIDIC dan menggunakan logo FIDIC. Penggunaan logo dikontrol dengan ketat dan semua produk dan layanan FIDIC dilindungi oleh merek dagang FIDIC.

SEJARAH FIDIC

Awal pendiriannya, ada 59 peserta pada pertemuan pengukuhan selama Pameran Dunia di Ghent, Belgia pada Juli 1913. Para tokoh industri tersebut membahas kemungkinan pembentukan federasi global insinyur konsultan. Dari jumlah tersebut, 19 adalah delegasi resmi dari Amerika Serikat, Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Belanda dan Swiss, dengan sisanya berasal dari Austria-Hongaria, Kanada, Rusia dan Inggris.

Pertemuan tersebut mengarah pada konstitusi formal FIDIC pada 22 Juli 1913. Namun beberapa negara, hanya mempertahankan hubungan sementara selama beberapa tahun pertama karena alasan politis dan perbedaan pemikiran.

Anggota pendiri FIDIC adalah Belgia, Prancis, dan Swiss. FIDIC menjalani awal yang sulit sampai akhir 1940-an dengan jumlah anggota yang terus berubah, semuanya dari Eropa. Pada tahun 1959, ini bergabung dengan Australia, Kanada, Afrika Selatan dan Amerika Serikat untuk membentuk FIDIC internasional. Asosiasi anggota pertama dari dunia berkembang bergabung pada 1965 (Afrika Tengah, sekarang Malawi, Zambia, dan Zimbabwe) dan pada 1967 Kolombia bergabung.

Pada bulan Maret 2018 diumumkan bahwa Er.Ing. Nelson Ogunshakin telah ditunjuk sebagai CEO baru FIDIC. Dia akan menggantikan Managing Director saat ini, Er.Inn.Enrico Vink di akhir tahun.

APA PERAN & KEGUNAAN DARI FIDIC?

FIDIC menyelenggarakan seminar Konferensi Dunia dan kursus pelatihan. Panduan pelatihan FIDIC Panduan untuk Praktek-bisnis perusahaan jasa profesional dikenal di seluruh profesi teknik. FIDIC juga mengelola buku Garis besar sistem kerja dan tata kelola proyek teknik dan menerbitkan kontrak internasional dan dokumen praktik bisnis yang digunakan sebagai panduan dan dasar percontohan untuk segala jenis proyek EPCM maupun konstruksi teknik di seluruh dunia. FIDIC terkenal karena berbagai kontraknya yang mencakup Kontrak Kapal Keruk, Bentuk Kontrak Pendek, Kontrak Konstruksi, Kontrak Pabrik & DB; Kontrak DBO, dan Kontrak EPC / Turnkey.

Detail mengenai peraturan dan standar tata kerja teknik ini juga dijual oleh FIDIC. FIDIC menerbitkan Perjanjian Layanan Model Klien / Konsultan bersama dengan Perjanjian Sub-Konsultasi dan Perjanjian Usaha Patungan. FIDIC menerbitkan MDB Harmonized Edition dari Kontrak Konstruksi yang digunakan oleh MDB (Bank Pembangunan Multilateral) termasuk Bank Dunia untuk proyek-proyek mereka.

FIDIC sedang dalam proses penandatanganan perjanjian dengan Global Multilateral Development Banks (MDB) untuk memanfaatkan kontrak FIDIC untuk proyek-proyek mereka. Proyek-proyek ini berjumlah miliaran dolar dari pengeluaran untuk kesehatan, pendidikan, transportasi, air, sanitasi dll. Inisiatif oleh FIDIC karena itu berarti bahwa anggota memiliki kepastian bahwa:

  • Kontrak FIDIC digunakan pada semakin banyak proyek

  • Menggunakan kontrak FIDIC harus membuat standar dan membuat negosiasi dan praktik lebih konsisten

  • Mengurangi risiko dan biaya negosiasi untuk perusahaan yang terlibat dalam proyek MDB

  • Pastikan bahwa kontrak FIDIC dan anggotanya tetap di garis depan investasi infrastruktur

KESIMPULAN

Lembaga International Federation of Consulting Engineers ini merupakan lembaga swasta internasional yang membuat dan Merangkul kalangan teknisi dan pelaku engineering di industri agar bisa terlindungi dan teratur diseluruh dunia. Kebanyakan proyek teknik berskala besar tentunya membutuhkan dukungan modal dari Perbankan dan negara tempat berlangsungnya proyek tersebut. Sertifikasi FIDIC membantu kalangan non-teknik dan kalangan teknik untuk menentukan standar operasional pekerjaan teknik dan menjadi jaminan kualitas kerja dan perlindungan kerja bagi pelaku industrinya.

Standar Internasional membuat segala sesuatunya berfungsi dengan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk produk, layanan dan sistem, untuk memastikan kualitas, keamanan dan efisiensi. Mereka berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja cutting tool asli profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri. 

https://fidic.org/multilateral-development-banks

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!