ISO itu apa sih?

ISO merupakan lembaga swasta internasional yang membuat dan Merangkul standar industri agar bisa digunakan diseluruh dunia. Standar Internasional membuat segala sesuatunya berfungsi  dengan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk produk, layanan dan sistem, untuk memastikan kualitas, keamanan dan efisiensi. Mereka berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional.

ISO adalah organisasi internasional non-pemerintah yang independen dengan keanggotaan 164 badan standar nasional. Melalui para anggotanya, ini menyatukan para pakar untuk berbagi pengetahuan dan mengembangkan Standar Internasional yang relevan secara sukarela, berbasis konsensus, yang mendukung inovasi dan memberikan solusi untuk tantangan global.

APA ITU STANDAR ISO?

ISO merupakan nama organisasi di Perancis “Organisation internationale de normalisation”, dan dalam bahasa Rusia, Международная организация по стандартизации (Mezhdunarodnaya organizatsiya po standartizatsii). ISO bukan akronim. Organisasi mengadopsi ISO sebagai nama singkatnya mengacu pada kata Yunani isos (ίσος, yang berarti “sama”), karena namanya dalam tiga bahasa resmi akan memiliki akronim yang berbeda. Selama pertemuan pendiri organisasi baru, penjelasan kata Yunani tidak dipanggil, jadi makna ini mungkin telah dipublikasikan nanti.

Organisasi yang sekarang dikenal sebagai ISO, dimulai pada 1920-an sebagai Federasi Internasional Asosiasi Standardisasi Nasional (ISA). Itu ditangguhkan pada tahun 1942 selama Perang Dunia II, tetapi setelah perang, ISA didekati oleh Komite Koordinasi Standar PBB (UNSCC) yang baru dibentuk dengan proposal untuk membentuk badan standar global baru. Pada Oktober 1946, delegasi ISA dan UNSCC dari 25 negara bertemu di London dan setuju untuk bergabung untuk membentuk Organisasi Internasional untuk Standardisasi yang baru. Organisasi baru ini secara resmi mulai beroperasi pada Februari 1947.

ISO memberikan penjelasan tentang nama ini: “Karena ‘Organisasi Internasional untuk Standardisasi’ akan memiliki akronim yang berbeda dalam bahasa yang berbeda (IOS dalam bahasa Inggris, OIN dalam bahasa Prancis), pendiri kami memutuskan untuk memberikannya ISO bentuk pendek. ISO berasal dari bahasa Yunani isos, artinya sederajat. Apa pun negaranya, apa pun bahasanya, bentuk pendek nama kami selalu ISO. “

Baik nama ISO dan logo ISO adalah merek dagang terdaftar dan penggunaannya dibatasi.

ISO telah menerbitkan 22919 Standar Internasional dan dokumen terkait, yang mencakup hampir setiap industri, mulai dari teknologi, keamanan pangan, hingga pertanian dan perawatan kesehatan. Standar Internasional ISO berdampak pada semua orang, di mana saja.

APA KEGUNAAN SERTIFIKAT ISO?

ISO tidak memberikan sertifikasi atau penilaian kesesuaian. Anda harus menghubungi lembaga sertifikasi eksternal untuk itu. Sejarah ISO dimulai pada tahun 1946 ketika delegasi dari 25 negara bertemu di Institute of Civil Engineers di London dan memutuskan untuk membuat organisasi internasional baru ‘untuk memfasilitasi koordinasi internasional dan penyatuan standar industri’. Pada 23 Februari 1947 organisasi baru, ISO, secara resmi mulai beroperasi yang mencakup hampir semua aspek teknologi dan manufaktur.

Dokumen ISO adalah hak cipta dan ada biaya lisensi ISO untuk sebagian besar dokumen fotocopy maupun salinan dokumen ISO. Namun, tidak dikenakan biaya untuk sebagian besar salinan konsep dokumen dalam format elektronik. Meskipun bermanfaat, kehati-hatian harus diambil dengan menggunakan konsep ini karena ada kemungkinan perubahan substansial sebelum difinalisasi sebagai standar. Beberapa standar oleh ISO dan perwakilan resmi A.S. (dan, melalui Komite Nasional A.S., International Electrotechnical Commission) disediakan secara gratis.

Standar ISO dilindungi oleh hak cipta dan sebagian besar harus dibeli. Namun, sekitar 300 standar yang diproduksi oleh ISO dan Komite Teknis Bersama IEC 1 (JTC1) telah tersedia secara bebas dan untuk umum.

KESIMPULAN

Hari ini ISO memiliki anggota dari 164 negara dan 781 komite teknis dan subkomite untuk menangani pengembangan standar. Lebih dari 160 orang bekerja penuh waktu untuk Sekretariat Pusat ISO di Jenewa, Swiss. Lembaga ISO telah menerbitkan 22919 Standar Internasional dan dokumen terkait, yang mencakup hampir setiap industri, mulai dari teknologi, keamanan pangan, hingga pertanian dan perawatan kesehatan. Standar Internasional ISO berdampak pada semua orang, di mana saja.

Operasional dan tata kelola organisasi ISO sangat berbeda dengan standar lain seperti DIN Jerman dan JIS Jepang maupun ANSI, mengapa? karena secara organisasi, ISO merupakan lembaga swasta untuk profit, sedangkan DIn dan JIS merupakan organisasi kelembagaan milik pemerintah setempat yang sifatnya memaksa dan wajib. Itulah sebabnya ketika perusahaan meminta “Foto Copy” sertifikat ISO, perusahaan tersebut WAJIB untuk meminta izin ke organisasi yang mendapat lisesnsi ISO dan membayar lisesnsi atas salinan “Foto Copy” tersebut.

Walaupun standar ISO sangat luas, umumnya ISO hanya dipaksakan saja untuk prestise, karena nyatanya perusahaan ternama seperti Mercedes Benz hingga Toyota, Google, intel dan Microsoft serta Apple, tidak menggunakan dan tidak memaksakan standar sertifikasi ISO diterapkan dilingkungan perusahaan maupun di produk dan manufakturnya. Namun tentunya karena standar ISO sangat mendetail, ISO menjadi acuan nyata dalam memilih produk dan sistem operasional perusahaan berskala kecil-menengah.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja cutting tool asli profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 29, 2019 @ 9:19 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!