Mengapa teknisi NDT mengacu sertifikasi ISO 9712?

Pengujian tak merusak (NDT) merupakan aktivitas pengujian atau inspeksi terhadap suatu benda/material untuk mengetahui adanya cacat, retak atau discontinuity lain tanpa merusak benda yang kita uji. NDT umumnya memiliki beragam metode uji termasuk ultrasonik, magnetik-partikel, penetran cair, radiografi, dan pengujian eddy. Mengapa sih sertifikasi NDT lebih diutamakan dari sertifikasi pelatihan maupun ijasah?

MENGAPA HARUS ISO?

ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) merupakan federasi seluruh dunia dari badan standar nasional (badan anggota ISO). Pekerjaan mempersiapkan Standar Internasional biasanya dilakukan melalui komite teknis ISO. Setiap badan anggota yang tertarik pada subjek yang telah dibentuk komite teknis memiliki hak untuk diwakili dalam komite tersebut. Organisasi internasional, pemerintah dan non-pemerintah, dalam hubungan dengan ISO, juga mengambil bagian dalam pekerjaan ini. ISO bekerja sama erat dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) dalam semua hal standardisasi elektroteknik.

Standar Internasional disusun sesuai dengan aturan yang diberikan dalam Arahan ISO / IEC, Tugas utama komite teknis adalah menyiapkan Standar Internasional. Draf Standar Internasional yang diadopsi oleh komite teknis diedarkan ke badan anggota untuk pemungutan suara. Publikasi sebagai Standar Internasional membutuhkan persetujuan oleh setidaknya 75% dari anggota badan yang memberikan suara.

APA ITU ISO 9712?

Perhatian diberikan pada kemungkinan bahwa beberapa elemen dari dokumen ini dapat menjadi subjek hak paten. ISO tidak akan dianggap bertanggung jawab untuk mengidentifikasi setiap atau semua hak paten tersebut. ISO 9712 disiapkan oleh Komite Teknis ISO / TC 135, Pengujian non-destruktif, Sub-komite SC 7, kualifikasi Personel. Edisi keempat ini membatalkan dan menggantikan edisi ketiga (ISO 9712: 2005), yang telah direvisi secara teknis. Perubahan dari edisi ketiga meliputi:

– klarifikasi tanggung jawab untuk lembaga sertifikasi, lembaga kualifikasi, dan pusat pemeriksaan;

– Penyusunan ulang klausul “pelatihan” untuk klarifikasi dan perubahan jumlah jam yang diperlukan;

– penyusunan ulang “pengalaman” klausa untuk klarifikasi;

– Pengenalan “sertifikat digital”;

– perubahan teknis dan editorial kecil lainnya.

ISO 9712 certificate sample singapore
KENAPA ISO 9712 WAJIB DIMILIKI?

Karena efektivitas penerapan pengujian non-destruktif (NDT) tergantung pada kemampuan orang yang melakukan atau bertanggung jawab atas pengujian, prosedur telah dikembangkan untuk menyediakan sarana untuk mengevaluasi dan mendokumentasikan kompetensi personel yang tugasnya membutuhkan pengetahuan teoritis dan praktis yang sesuai dari pengujian non-destruktif yang mereka lakukan, tentukan, awasi, pantau atau evaluasi. Insentif tambahan berasal dari keterbandingan seluruh dunia dari berbagai aplikasi industri yang membutuhkan pendekatan pengujian umum yang tidak merusak.

Ketika sertifikasi personel NDT diperlukan dalam standar produk, peraturan, kode atau spesifikasi, penting untuk mensertifikasi personel sesuai dengan Standar Internasional ini. Ketika lintang disediakan dalam kriteria dalam Standar Internasional ini, lembaga sertifikasi memiliki keputusan akhir dalam menentukan persyaratan spesifik.

Ketika tidak ada persyaratan dalam undang-undang, dalam standar atau dalam urutan untuk sertifikasi personel NDT, adalah bagi majikan personel tersebut untuk memutuskan bagaimana meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka kompeten untuk melakukan penugasan kerja. Dengan demikian, mereka dapat mempekerjakan orang-orang yang sudah bersertifikat atau mereka dapat menerapkan keahlian mereka sendiri untuk memastikan diri bahwa karyawan mereka memiliki kompetensi yang diperlukan. Dalam kasus terakhir ini, pengusaha yang bijaksana pasti akan menggunakan Standar Internasional ini sebagai dokumen referensi.

Mengukur ketebalan lapisan coating (juga disebut sebagai Paint meter atau Coating Thickness gauge) digunakan untuk mengukur ketebalan film kering. Ketebalan film kering mungkin merupakan pengukuran paling kritis dalam industri pelapisan karena pengaruhnya terhadap proses pelapisan, kualitas dan biaya.

Standar Internasional ini menetapkan persyaratan untuk prinsip kualifikasi dan sertifikasi personil yang melakukan pengujian non-destruktif industri (NDT). Istilah “industri” menyiratkan pengecualian aplikasi NDT dalam bidang kedokteran.

Sistem yang ditentukan dalam Standar Internasional ini juga dapat berlaku untuk metode NDT lain atau teknik baru dalam metode NDT yang telah ditetapkan, asalkan ada skema sertifikasi yang komprehensif dan metode atau teknik tersebut dicakup oleh standar Internasional, regional atau nasional atau metode NDT yang baru. atau teknik telah terbukti efektif untuk kepuasan lembaga sertifikasi.

Konsep sertifikasi pusat adalah bahwa operator NDT dapat memperoleh sertifikasi dari otoritas sertifikasi pusat, yang diakui oleh sebagian besar pengusaha, pihak ketiga dan / atau otoritas pemerintah. Standar industri untuk skema sertifikasi pusat mencakup ISO 9712, dan ANSI / ASNT CP-106 (digunakan untuk skema ASNT ACCP ). Sertifikasi di bawah standar ini melibatkan pelatihan, pengalaman kerja di bawah pengawasan dan lulus ujian tertulis dan praktis yang ditetapkan oleh otoritas sertifikasi independen. EN 473 adalah skema sertifikasi sentral lainnya, sangat mirip dengan ISO 9712, yang ditarik ketika CEN menggantinya dengan EN ISO 9712 pada tahun 2012.

SEDUNIA KUALITAS SDM TEKNISI NDT WAJIB SETARAF!

Sebagian besar skema sertifikasi personel NDT yang tercantum di atas menentukan tiga “level” kualifikasi dan / atau sertifikasi, biasanya ditetapkan sebagai Level 1, Level 2 dan Level 3 (walaupun beberapa kode menentukan angka Romawi, seperti Level II). Peran dan tanggung jawab personel di setiap level umumnya sebagai berikut (ada sedikit perbedaan atau variasi antara kode dan standar yang berbeda):

  • Level 1 adalah teknisi engineer yang memenuhi syarat untuk melakukan hanya kalibrasi dan tes khusus di bawah pengawasan ketat dan arahan oleh personel tingkat yang lebih tinggi. Mereka hanya dapat melaporkan hasil tes. Biasanya mereka bekerja mengikuti instruksi kerja spesifik untuk prosedur pengujian dan kriteria penolakan.
  • Level 2 adalah insinyur atau teknisi berpengalaman yang dapat mengatur dan mengkalibrasi peralatan pengujian, melakukan inspeksi sesuai dengan kode dan standar (alih-alih mengikuti instruksi kerja) dan menyusun instruksi kerja untuk teknisi Level 1. Mereka juga berwenang melaporkan, menafsirkan, mengevaluasi, dan mendokumentasikan hasil pengujian. Mereka juga dapat mengawasi dan melatih teknisi Level 1. Selain metode pengujian, mereka harus terbiasa dengan kode dan standar yang berlaku dan memiliki pengetahuan tentang pembuatan dan layanan produk yang diuji.
  • Level 3 biasanya adalah insinyur khusus atau teknisi yang sangat berpengalaman. Mereka dapat menetapkan teknik dan prosedur NDT dan menafsirkan kode dan standar. Mereka juga mengarahkan laboratorium NDT dan memiliki peran sentral dalam sertifikasi personel. Mereka diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih luas yang mencakup bahan, fabrikasi dan teknologi produk.

KESIMPULAN

Sertifikasi EN ISO 9712 dikembangkan untuk semua personel pengujian non-destruktif. Terserah pabrikan atau operator fasilitas untuk memastikan staf mereka memiliki kompetensi profesional. Sertifikasi ini hanya berlaku untuk mengatur industri teknik dan tidak diperlukan bagi industri medis dan kedokteran. Menurut standar internasional, sertifikat bukti keahlian ISO 9712 ini adalah wajib ketika produk yang dibuat oleh teknisi tersebut memang disyaratkan oleh pabrik maupun pelaku teknik dari lebih ratusan negara atau peraturan perundang-undangan industri internasional yang diakui.

Jika Anda berminat untuk membeli alat uji inspeksi NDT ataupun beragam alat ukur non-destructive lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on April 9, 2020 @ 6:02 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!