Apa itu Mesin Bubut? Siapa Penemu mesin bubut tersebut?

Mesin Bubut merupakan suatu Mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.

SEJARAH MESIN BUBUT

Mesin bubut adalah alat kuno. Bukti paling awal dari mesin bubut tanggal kembali ke Mesir Kuno sekitar 1300 SM. Ada juga bukti lemah untuk keberadaannya di situs Yunani Mycenaean, yang berasal dari abad ke 13 atau 14 SM. Bukti yang jelas tentang artefak yang berubah telah ditemukan sejak abad ke-6 SM: pecahan mangkuk kayu di sebuah makam Etruscan di Italia Utara serta dua piring kayu datar dengan pelek dekoratif dari pelek modern Turki.

Selama periode Negara-Negara Berperang di Tiongkok, c. 400 SM, Cina kuno menggunakan mesin bubut putar untuk menajamkan alat dan senjata pada skala industri. Lukisan pertama yang diketahui menunjukkan tanggal mesin bubut ke abad ke-3 SM di Mesir kuno. Mesin bubut itu sangat penting bagi Revolusi Industri. Itu dikenal sebagai ibu dari peralatan mesin tukang, karena itu adalah peralatan mesin pertama yang mengarah pada penemuan peralatan mesin lainnya.

MESIN BUBUT MODERN & APLIKASI FASTENER PENDORONG REVOLUSI INDUSTRI PERTAMA

Henry Maudslay merupakan seorang inovator alat mesin dan penemu dari Inggris. Dia dianggap sebagai bapak pendiri teknologi peralatan mesin bubut dan penemu Dies Snei serta cutting tool threading untuk fastener. Ia dianggap sebagai bapak pendiri teknologi alat mesin dan fastener yang merupakan fondasi penting bagi Revolusi Industri. Henry Maudslay lahir 22 Agustus 1771. Ia merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara. ayahnya, Henry Maudslay, seeorang tukang roda di Royal Engineers, dan ibunya, Margaret seorang buruh tukang cuci.

Maudslay mulai bekerja pada usia 12 sebagai kuli angkut bijih besi di kota Arsenal. Setelah dua tahun, ia dipindahkan ke sebuah toko tukang kayu diikuti oleh bengkel pandai besi, di mana pada usia lima belas ia mulai berlatih sebagai pandai besi. Dia tampaknya memiliki spesialisasi dalam pekerjaan menempa. Selama waktunya di Arsenal, Maudslay juga bekerja di Royal Foundry, di mana Jan Verbruggen telah memasang mesin bor horisontal inovatif pada tahun 1772.

Maudslay mengembangkan industri mesin bubut pembuat sekrup pertamakali pada tahun 1800, yang memungkinkan standarisasi ukuran ulir sekrup untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1797, Henry Mauldslay mendesain dan membuat mesin bubut yang disebut sebagai screw cutting lathe, salah satu karyanya yang berkembang di Negara bagian New England. Waktu itu, Amerika Serikat masih mengalami hambatan yang sangat ketat dengan undang-undang negeri Inggris yang melarang ekspor mesin-mesin ke luar negeri. Sementara undang-undang ini merupakan penghambat untuk sementara waktu tapi tidak memakan waktu terlalu lama bagi bangsa Amerika yang bersifat revolusioner untuk memberikan modal pada perkembangan mesin bubut Maudslay. Dan dibuatlah mesin-mesin bubut yang serupa dengan bed-bed mesin dari kayu dan alurnya terbuat dari besi.

Mesin pemotong sekrup pertama Maudslay diciptakan sekitar tahun 1797. Pak Henry menciptakan mesin ini saat ia masih menjadi karyawan yang bekerja untuk Joseph Bramah, dan kemudian ia berhenti dan memulai usaha sendiri di tahun 1800 dan terus mengembangkan teknologi mesin bubut.

Pada 1810 Maudslay mempekerjakan delapan puluh pekerja dan kehabisan ruang di bengkelnya, jadi dia pindah ke tempat yang lebih besar di Westminster Bridge Road, Lambeth. Maudslay juga merekrut seorang juru gambar muda Admiralty, Joshua Field, yang terbukti sangat berbakat sehingga Maudslay membawanya ke dalam kemitraan. Perusahaan itu kemudian menjadi Maudslay, Putra dan Field ketika putra Maudslay menjadi mitra. 

APLIKASI MESIN UAP UNTUK INDUSTRI PERKAPALAN

Berbeda dengan penemu inggris lainnya seperti James Watt maupun penemu mesin Boring John “Iron-Mad” Wilkinson, keturunan Pak Maudslay merupakan orang-orang jenius. Karya-karya Maudslay’s Lambeth mulai berspesialisasi dalam produksi mesin uap laut. Jenis mesin yang ia gunakan untuk kapal adalah desain side-lever, di mana balok dipasang di samping silinder. Ini menghemat ketinggian di ruang-ruang mesin uap yang sempit.

Teknologi fastener buatan mereka juga mendukung teknologi permesinan untuk transportasi. Mesin kelautan pertamanya dibangun pada tahun 1815, sekitar 17 jam, dan dipasang di kapal uap Thames bernama Richmond. Pada tahun 1823 mesin Maudslay menyalakan Lightning, kapal bertenaga uap pertama yang ditugaskan oleh Angkatan Laut Kerajaan. Pada tahun 1829, mesin pengungkit samping 400 h.p. selesai untuk HMS Dee adalah mesin kelautan terbesar yang ada pada saat itu.

Bisnis mesin kelautan dikembangkan oleh putra ketiga Henry, Joseph Maudslay (1801 – 1861). Dia telah dilatih dalam pembuatan kapal di Northfleet dan, bersama Joshua Field, menjadi mitra di perusahaan ayahnya, berdagang sebagai Maudslay, Putra dan Filed Lambeth Utara. Pada tahun 1838, setelah kematian Henry, karya Lambeth memasok 750 jam. mesin untuk SS Great Western karya Isambard Kingdom Brunel yang terkenal, kapal uap transatlantik pertama yang dibuat khusus menyeberang Inggris hingga ke Amerikas Serikat. Mereka mematenkan mesin kerja ganda silinder langsung pada tahun 1839.

Mereka juga memperkenalkan beberapa unit penggerak sekrup paling awal untuk kapal, termasuk satu untuk kapal uap sekrup Admiralty pertama, HMS Rattler, pada tahun 1841. Pada tahun 1850 perusahaan telah memasok lebih dari dua ratus unit kapal dengan mesin uap maritim, meskipun dominasi perusahaan ditantang oleh desain mesin utama John Penn. Mereka memamerkan mesin mereka di Pameran Internasional 1862. Namun, perusahaan ini bangkrut tahun 1900 karena generasi ketiga cucu Pak Maudslay tidak sanggup bekerja mengelola warisan keluarga.

MEKANISME MESIN BUBUT MODERN

Temuan Pak Maudslay yang berupa mesin bubut dengan mekanisme Rack & Pinion dan pisau bubut dengan tailstock masih digunakan hingga saat ini. Bentuknya mekanismenya juga hanya mengalami perubahan dengan penambahan mesin listrik seperti saat ini. Pada jamannya pak Mauldslay menggunakan mesin bertenaga kincir air seperti punya Pak John Wilkinson dan mesin uap temuan Pak James Watt.

Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

Prinsip kerja Mesin bubut

Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Bagian-bagian mesin bubut

Mesin bubut terdiri dari meja dan kepala tetap. Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui cekal. Eretan utama akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang dan eretan atas dan dudukan pahat. Sumber utama dari semua gerakkan tersebut berasal dari motor listrik untuk memutar pulley melalui sabuk.

KESIMPULAN

Mesin bubut bolak-balik untuk pengolahan kayu sudah dikenal sejak tahun 1300 sebelum Masehi di Mesir. Namun, Revolusi Industri pertama membutuhkan waktu lebih dari 3000 tahun dari abad 1300 SM hingga ke abad 17M untuk pengembangan mesin bubut metalworking modern. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? karena teknisi dan kalangan industri dimasalalu sangat terbatas jarak dan fasilitas sehingga tidak memiliki kesempatan untuk saling bertukar pikiran dan kesulitan mencari rekan kerja yang bisa dipercaya.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Di Metalextra, kami bekerja tanpa lelah untuk merekayasa hanya alat terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasiona turning maupun pengolahan logam presisi. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ditujukan pada posisi teratas pasar global, kami akan melanjutkan upaya kami untuk berkontribusi pada pembentukan masyarakat Indonesia yang makmur.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri. book of history

https://www.gracesguide.co.uk/Maudslay,_Sons_and_Field

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!