Mesin milling terbaik apa saja?

Potensi usaha bengkel Milling Indonesia masih sangat luas. Mengapa tidak? Mulai dari proyek infrastruktur pemerintah hingga kalangan industri lokal dan inernasional membutuhkan subkontraktor handal berkualitas Takumi. Namun, ada banyak sekali ragam merek mesin industri dipasaran Indonesia. Dari mesin semi-auto 3-sumbu ke mesin machining centers yang sudah multi axis lebih dari 5 sumbu. Pasti ada mesin milling dan mesin bubut untuk pekerjaan apa pun yang ingin Anda capai, dan puluhan produsen membuatnya.

Namun, setiap unit mesin milling belum tentu memilki komponen dan penamaan part yang sama, terkadang yang bermerek sama pun belum tentu cocok. Teknologi mesin milling sedunia amat berbeda dari mesin bubut yang sudah sangat teratur standardnya. Mesin bubut sedunia sudah diwajibkan untuk tunduk pada standar ISO, sehingga mata pisau maupun part yang mirip walaupun berbeda merek tetap bisa cocok berdimensi yang nyaris sama.

Meskipun dengan semua variasi merek dan mekanisme ini seringkali kalangan end user merasa sulit untuk membidik mesin yang tepat terutama jika dipaksakan harus mengikuti budget yang tipis. Jadi untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah, berikut adalah 4 merek mesin milling CNC terbaik menurut pengalaman kami di metalextra.com:

Mazak JEPANG SINGAPORE

Anda tidak akan pernah salah dengan membeli mesin apapun bermerek Mazak. Dengan sejarah perusahaan yamazaki yang terbentang hampir seratus tahun, dan digunakan dalam industri pembuatan komponen dari aerospace luar angkasa hingga pertanian, Mazak merupakan salah satu produsen terkemuka dari setiap jenis mesin yang mereka hasilkan, termasuk berbagai macam Mesin milling, maupun bubut CNC, hingga mesin Machinig Center 5-Axis mereka secara khusus.

Perusahaan Mazak ini juga dikenal karena menciptakan mesin sistem automation multi-tasking kelas dunia, yang dapat menangani putaran cepat, operasional turning bubut, boring dan banyak lagi, semuanya dalam satu mesin. Jelas, mesin seperti Mazak itu tidak murah, dan juga tidak ada mesin merek lain yang sekomplet mereka. Jika anda ingin mencari part alternatif pun ada banyak produsen lain yang menggunakan lisensi Mazak dari control panel hingga aksesoris vise, jaw, clamping dan lainnya.

Andapun bisa membeli mesin Mazak bekas yang akan menghemat budget dan beberapa jenis part juga tersedia dalam harga mereka yang masuk akal. Jika anda mencari kontroller barunya pun ada banyak pilihan hemat dari merek ternama seperti Mazatrol dan FANUC hingga alternatif yang lebih murah dan kompatibel. Namun, jika Anda memiliki anggaran, mesin buatan Mazak akan selalu memberikan hasil yang memuaskan. Kami juga stockist part Mazak dan Mazatrol loh!

Mori Seiki atau DMG mori JEPANG EROPA TIMUR 

Merek ini merupakan hasil merger dari Mori Seiki dan pabrikan mesin Jerman DMG. Namun, Mori Seiki lah yang membeli DMG. Pabrikan Jepang ini juga disenangi oleh banyak operator di Asia karena  desain mesin milling hingga bubutnya yang kecil kompak dan spesialis 5-sumbu.

DMG Mori, sering dikenal dengan nama aslinya Mori Seiki juga banyak dijual oleh pedagang mesin bekas. Dengan lokasi kantor salesnya di enam benua, hotline layanan 24/7, dan gudang yang penuh dengan suku cadang, DMG MORI SEIKI merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia permesinan CNC. Tetapi jangan berpikir nama baik mereka sepenuhnya bergantung pada layanan pelanggan; mereka juga memproduksi beberapa sistem integrasi automation CNC terbaik di dunia.

Mesin milling DMG Mori Seri CMX memang secara khusus dikenal untuk sangat presisi dengan kemudahan control panel yang sudah full colour touch screen sehingga mudah penggunaannya. Bagi ahli mesin yang sering mengejar target atau butuh mesin serba bisa, DMG MORI SEIKI juga sangat bisa diandalkan karena pengiriman 24 jam yang dijamin pada semua suku cadang nya. Hal ini terutama yang membuat mesin Mori Seiki bekas adalah investasi yang sangat bagus.

Okuma JEPANG

Kami teramat sering melihat keberadaan mesin bubut Okuma ini baik di Batam, Singapore, Johor, Medan, Cikarang, Surabaya, Samarinda hingga di Makassar. Okuma memang terkenal sangat rigid dan solid dibandingkan dengan merek apapun. Kami bahkan pernah melihat sendiri mesin Okuma buatan tahun 1960an masih kuat dan kokoh dioperasikan.

Dengan  pengalaman lebih dari satu abad dan jaringan distribusi terbesar di dunia, aman untuk mengatakan bahwa Okuma adalah salah satu pemain terbesar di industri mesin. Khususnya, karena mereka merupakan perusahaan satu-satunya penyedia sumber tunggal industri, dengan mesin CNC, drive, motor, encoders, spindle dan kontrol CNC semua diproduksi sendiri oleh Okuma di workshopnya.

Boleh diakui; Okuma selalu terbaik dan menjadi innovator mesin bubut dan tetap berada di ujung tombak teknologi apa pun yang mereka kembangkan, termasuk mesin penggilingan dan terutama mesin bubut serta machining center CNC mereka. Pelanggan dan calon customer anda pun pasti salut jika anda memiliki atau bekerja dengan mengoperasikan mesin Okuma. Namun harga sparepart Okuma juga tidak bisa dikatakan terjangkau. Sebagian besar partners maupun customer kami justru banyak yang mengganti panelnya, menambah maupun membuat sendiri aksesoris meja vise nya sendiri.

Bridgeport Manual Milling USA CINA TAIWAN

Mesin milling manual dan boring serta grinding Bridgeport dikenal luas oleh kalangan teknisi maupun fabrikator Indonesia. Kami sering menyaksikan sendiri keberadaan mesin tua ini dari pinggiran kota Medan hingga bengkel dikawasan industri di Singapura. Karena karakternya yang manual dan murah harga part variasinya, merek Bridgeport sangat sukses sehingga istilah “Bridgeport” sering digunakan untuk merujuk ke mesin penggilingan vertikal apa pun dengan konfigurasi yang sama, apa pun mereknya. Banyak perusahaan lain telah mengkloning formulir tersebut. Saat ini merek Bridgeport masih menghasilkan konfigurasi ini dalam versi kontrol numerik manual dan komputer (CNC), meskipun pusat permesinan yang dilengkapi alat-changer kini sama-sama anggota terkemuka dari lini produk.

Merek Bridgeport memang sekarang sudah dimiliki Hardinge Brothers dengan pusat manufaktur di Shanghai Cina dan Taiwan. Kalau kita lihat dari spek sparepart, komponen aftermarket Bridgeport rata-ata bisa pakai dari merek OEM maupun KW yang banyak bertebaran. Merek ini masih kita anggap cukup sesuai untuk mesin milling manual daripada merek baru asal Cina yang bobotnya lebih ringan dan kurang solid dari sisi desain. Pelanggan kita di Metalextra juga banyak yang memodifikasi mesin milling manualnya menjadi semi-CNC dengan bantuan komponen DRO, NC variasi, dengan motor listrik servo pada meja atau bahkan dengan bor tangan untuk mengatur ketinggian meja.

Bagi kalangan teknisi maupun masinis senior mesin ini mungkin cinta pertama. Mesin penggilingan manual Bridgeport telah tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran selama bertahun-tahun, termasuk (tetapi tidak terbatas pada) kepala C (asli), kepala R (tugas berat kepala C), kepala M, kepala J (dan kecepatan tinggi, 5440 RPM versi), 2J1 1/2 head (1,5 HP Vari-Speed), 2J2 (2HP Vari-speed), dan head Seri II (4HP Vari-speed). Semua head menawarkan kecepatan variabel, yang sebelumnya melalui step pulley (cone pulley) dan yang berikutnya melalui sistem transmisi variabel kontinyu (CVT) atau drive berkecepatan variabel. Ukuran tabel tipikal adalah 9 ″ × 49 ″ (Y dan X, masing-masing) dan 10 ″ × 54 ″. Kemiringan alat berat untuk toolholding termasuk kemiringan Morse (pada model awal) dan lancip R8 (standar yang banyak digunakan yang dibuat Bridgeport) pada sebagian besar model. Baik Morse dan R8 memungkinkan collet dan solid holder; dan bor chuck dapat dipegang oleh salah satu dari yang terakhir. Slide mesin dari jenis pas, dan bantalan putar sebagian besar dari jenis roller dan bola.

Krisbow optimill

Murah meriah itulah definisinya dari merek ini. Kalau secara jujur dilihat dari sisi harga beli baru, para purchasing yang minim pengetahuan machining pasti dengan cepat memilih merek ini. Mesin asal Cina dan Taiwan yang dilabel ulang oleh krisbow ini luar biasa berani menawarkan produk mesin milling. Sering dan banyak sekali kami saksikan digunakan oleh pengusaha dan pengguna cnc pemula. Menurut kami mesin ini lebih baik digunakan sebagai bahan percontohan di lab teknik kampus yang jarang digunakan daripada di bengkel workshop yang sibuk dan ruangan terbatas. Mengapa kami pilih ini diurutan terakhir? Karena nyatanya masih banyak bengkel Milling maupun pengusaha yang berani membeli mesin ini. Tapi semuanya kami kembalikan kepada anda. Menurut kami, Anda tidak akan bisa menemukan mesin milling baru di Indonesia dengan spesifikasi yang sama dan seharga dengan krisbow. Kalau kami sendiri sih cukup merinding  ngelihat optimill digunakan, seriusan loh!

KESIMPULAN

Mesin milling memang ada banyak jenis desain dan mereknya. Ada yang manual, semi-auto bahkan sudah full axis machining center. Tentu saja ada lusinan merek dan pabrikan lain yang memproduksi mesin penggilingan milling maupun bubut CNC yang bagus dan presisi, dan Anda harus selalu melakukan riset terhadap model individual yang Anda beli sebelum menyegel kesepakatan.

Biasanya orang Indonesia kalau mau beli mesin juga mikirin harga jual kembalinya. Ya jika Anda menginginkan yang terbaik untuk uang Anda, Anda tidak mungkin salah dengan 4 merek teratas ini. Kalau menurut kita sih, enggak ada salahnya disesuaikan dengan budget, namun menurut kita sih, memilih mesin milling ini mirip seperti membeli mobil, anda ingin Cuan cepat kejar proyek bidding tapi operatornya banyak? atau mengandalkan full automation CNC yang karyawan sedikit tapi lumayan mahal investnya?

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja milling profesional ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 11, 2020 @ 8:28 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!