Mikroskop digital itu apa?

Dengan ditemukannya mikroskop pertama ratusan tahun yang lalu, era baru pengetahuan telah dimulai. Mirkroskop secara umum memang terbagi jadi dua, mikroskop optik dan mikroskop digital yang merupakan kombinasi dari teknologi optik lensa sepuh dan sensor kamera. Dalam artikel ini kita akan membantu memahami cara kerjanya, kegunaannya, dan sekilas sejarah penggunaannya mikroskop digital.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MIKROSKOP

Mikroskop menggunakan prinsip modifikasi lensa optik yang mirip dengan kaca pembesar atau magnifier dan teleskop yang ditemukan lebih awal. Meskipun benda-benda yang menyerupai lensa teleksop dan kaca pembesar diketahui berasal dari 4.000 tahun yang lalu karena ada catatan Yunani tentang sifat optik bola berisi air (abad ke-5 SM). Catatan sejarah dan tulisan-tulisan tentang optik selama berabad-abad, penggunaan mikroskop sederhana (kaca pembesar) paling awal diketahui berasal dari meluasnya penggunaan lensa dalam kacamata pada abad ke-13. Teleskop yang digunakan untuk pengamatan obyek kecil yang jaraknya yang jauh, sangat penting dalam dunia navigasi laut maupun aplikasi militer. Teknologi teleskop moderen yang kita kenal sekarang juga menggunakan desain yang hampir tidak ada perubahan dan dikembangkan oleh bangsa Italia, Portugis dan Belanda untuk menjelajahi samudra dan menjajah negeri lain.

Perkembangan mikroskop dengan pembesaran yang lebih tinggi dari kaca pembesar sebetulnya berasal dari hobi Antoni van Leeuwenhoek (1632-1723). Pada tahun 1675, Antoni van Leeuwenhoek yang merupakan keturunan Belanda, hanyalah seorang pedagang kain dari Belgia yang iseng menggunakan mikroskop yang dia modifikasi dari teleskop, untuk membandingkan air keruh dari kolam dan air hujan. Antoni van Leeuwenhoek menemukan apa yang dia gambarkan sebagai hewan kecil (“animalcula” ) – protozoa dan bakteri. Ilmuwan abad 16 Galileo Galilei juga kemudian memodifikasi teleskop untuk pengamatan benda kecil dan material mikro. Galileo menyebutnya ‘mata kecil’ atau occhiolino.

Dunia organisme kecil yang spektakuler, seperti bakteri dan makhluk mikroskopis lainnya pun ditemukan karena pengembangan mikroskop. Mikroskop telah digunakan dalam banyak bidang kehidupan kita. Ada banyak industri dengan penggunaan kimia, biologi, ilmu forensik, kedokteran gigi, dan tentu saja kedokteran. Sangat jelas bahwa mereka berkontribusi besar pada sains, baik itu tentang kesehatan kita atau aspek masyarakat lainnya.

Anda perlu menetapkan iluminasi Kohler setiap kali Anda mengubah fokus lensa obyektif untuk memastikan iluminasi merata dan penting untuk kualitas gambar yang optimal. Mikroskop polariser INSIZE 5101-M500 ini  fungsinya sama dengan bright field seperti mikroskop umumnya. Dengan bantuan manajemen lampu illumination model Kohler Halogen lamp 6V/30W. Perbedaan utama antara mikroskop medan terang dan gelap adalah bahwa pada mikroskop medan terang sampel harus gelap dan latar belakang sampel harus cerah tetapi untuk mikroskop medan gelap, kasusnya adalah sebaliknya.

MIKROSKOP DIGITAL ITU APA?
Mikroskop digital merupakan variasi dan pengembangan dari mikroskop optik tradisional yang menggunakan optik dan kamera digital untuk mengeluarkan gambar ke monitor, kadang-kadang melalui perangkat lunak yang berjalan di komputer. Mikroskop digital sering memiliki sumber cahaya LED sendiri, dan berbeda dari mikroskop optik karena tidak ada ketentuan untuk mengamati sampel secara langsung melalui lensa mata. Karena gambar difokuskan pada sirkuit digital, seluruh sistem dirancang untuk gambar monitor. Optik untuk mata manusia dihilangkan.

Sama seperti prinsip mikroskop optik, untuk melihat sampel atau objek dengan mirkoskop digital juga membutuhkan seberkas cahaya yang harus difokuskan pada sampel. Cahaya tersebut sehingga melewati lensa dan menemukan jalannya ke mata pengamat. Setiap mikroskop optik memiliki sesuatu yang disebut lensa mata, selain lensa pembesarnya. Lensa tersebut merupakan bagian dari mikroskop yang paling dekat dengan mata pengamat, dan unit sensor kamera digital anda untuk menangkap persepsi cahaya yang terpantul dan membantu anda melihat melalui perangkat layar monitor yang memproyeksikan gambar sebenarnya.

Mikroskop digital dengan teknologi ring light lampu LED mampu menghilangkan bayangan dan memperjelas pantulan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lensa optik dan sensor kamera. Lampu LED ini juga bisa diatur dengan mudah sesuai kebutuhan.

Mikroskop digital sangat bervariasi fiturnya dan juga harganya dari yang murah yaitu mikroskop digital USB hingga mikroskop digital industri canggih seharga miliaran rupiah. Mikroskop digital dengan harga rendah biasanya menghilangkan optik untuk iluminasi (misalnya iluminasi Köhler dan iluminasi fase kontras) dan lebih mirip dengan kamera web dengan lensa makro. Mikroskop optik biasa juga dapat dilengkapi dengan kamera digital dengan dudukan C-mount dan adapter konversi diameter yang sesuai.

Penemuan port USB yang lisensinya terbuka menghasilkan banyak sekali mikroskop USB dengan kualitas dan perbesaran yang beragam. Harganya terus turun, terutama dibandingkan dengan mikroskop optik tradisional. Mikroskop digital menawarkan gambar beresolusi tinggi yang biasanya direkam langsung ke komputer, dan yang juga menggunakan daya komputer untuk sumber cahaya LED bawaannya. Resolusi terkait langsung dengan jumlah megapiksel yang tersedia pada model tertentu, mulai dari 1,3 MP, 2 MP, 5 MP, dan ke atas.

Stage INSIZE Stage XYZ-Axis 6585-60 ini menggunakan mekanisme presisi tinggi dan gerakan halus. Terbuat dari paduan aluminium yang di milling dengan sempurna dan tahap rotasi sangat ringan. Stage ini menggunakan mekanisme sekrup rack & pinion dan bisa dipakai di mikroskop merek apapun maupun diperalatan lain.

MIKROSKOP DIGITAL JENISNYA APA SAJA?

Ada banyak ukuran, merek, dan teknologi yang digunakan dalam pengembangan mikroskop digital tetapi sebagian besar mikroskop yang berkualitas baik digunakan secara spesifik untuk fungsi tertentu saja. Sebagian besar mikoskop digital terbagi dua jenisnya yaitu mikroskop portable yang ditenagai oleh baterai dan mikroskop stationer atau mikroskop set unit yang digunakan diatas meja kerja maupun dalam ruang kerja laboratorium. Tentu saja setiap jenis mikroskop memiliki kendala yang mirip yaitu kualitas gambar dipengaruhi oleh kebersihan sistem lensa dan kemudahan operasional dalam penggunaan instrumen ini agar dapat melihat gambar yang tepat.

  1.  Mikroskop Digital portable:
    Mikroskop digital monokuler portable menggunakan baterai internal maupun dengan sinyal gelombang radio seperti WIFI dan tekologi kabel USB. Mirkoskop tipe portable ini umumnya digunakan untuk pengamatan dilapangan dan tempat yang terpencil. Seringkali mikroskop digital yang memiliki kamera ini juga dilengkapi dengan memori internal dan membutuhkan bantuan smartphone maupun komputer tambahan. Mikroskop digital juga mempermudah teknisi penggunanya untuk membuat laporan inspeksi ataupun koneksi ke internet.

    INSIZE Mikroskop digital seri WIFI Measuring Microscope ISM-WF200 memperkenalkan sensor digital 1.3 MP generasi baru, desain canggih dan kemampuan pembesaran zoom 10X-200X. Desain body aluminium yang tangguh untuk lingkungan industri.

     

  2. Eye-piece Digital untuk Mikroskop optik:
    Unit Eye piece merupakan Lensa mata digital untuk menambahkan fungsi kamera digital pada mikroskop optik standar. Eye-piece digital ini memiliki sensor kamera internal yang didesain khusus dengan lensa monokuler tanpa efek “fish-eye”, efek cahaya dan penyimpangan sudut refraksi. Dengan mikroskop stereo, lensa dibuat untuk optik mata dan Eye-piece digital ini seperti memasang kamera CCD atau CMOS ke mikroskop stereo akan menghasilkan gambar yang sesuai untuk lensa mata mikroskop biasa. Eye-piece digital menggunakan perangkat lunak berisi beragam aksesori opsional menyediakan multiguna seperti pengamatan fase kontras, pengamatan Bright and dark field observation, mikrofotografi, pemrosesan gambar, penentuan ukuran dan mengukur partikel dalam µm, laporan patologis, mikrofotograf, merekam video mobilitas, menggambar dan pelabelan dll.

    Insize USB CAMERA AND SOFTWARE Sensor 1/1.8″ CMOS Pixel 6.3M (resolusi 3072×2048) digunakan dengan komputer. Sensor CMOS Sony Exmor back-illuminated. Transfer USB 3.0. Eksposur otomatis, penyesuaian gain, white balance, penyesuaian chrominance , penyesuaian saturasi, koreksi gamma, penyesuaian pencahayaan, penyesuaian kontras.



  3. Mikroskop Digital Monocular:
    Mikroskop digital stationer menawarkan pengolahan gambar yang diproyeksikan langsung ke kamera CCD atau CMOS, dimungkinkan untuk memiliki kualitas rekaman gambar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop stereo. Resolusi, kualitas gambar, dan rentang dinamis bervariasi sesuai harga. Sistem dengan jumlah piksel lebih rendah memiliki frekuensi gambar lebih tinggi (30fps hingga 100fps) dan pemrosesan lebih cepat. Pemrosesan yang lebih cepat terlihat saat menggunakan fungsi seperti HDR (rentang dinamis tinggi). Selain mikroskop tujuan umum, instrumen khusus untuk aplikasi khusus diproduksi. Unit-unit ini dapat memiliki rentang perbesaran hingga 0-10.000x, merupakan sistem all-in-one (komputer built-in) atau terhubung ke komputer desktop. Meskipun gambar monitor dan gambar yang direkam mungkin memiliki kualitas yang lebih tinggi dengan mikroskop digital, penerapan mikroskop dapat menentukan mikroskop mana yang lebih disukai.

    Dengan tampilan output resolusi 1920×1080, INSIZE Digital Microscope 5301-D100 Motorised dilengkapi dengan slot HDMI untuk output gambar real-time dan USB 2.0 untuk konkesi pindah data gambar/video ke flashdrive. Layar LCD 13.3 inch, memudahkan pengamatan tampilan pasta solder, sambungan solder, komponen, konektor kabel, dan semua jenis cutting tool secara real-time.

     

  4. Mikroskop Video Measuring Camera:
    Teknisi bisa mengandalkan sudut pandang mikroskop monokuler untuk mengecek mengukur jarak kecil pada sumbu utama mesin CNC, Tentu saja benda kerja presisi perlu dicek berkala saat proses machining tela dilakukan agar akurasi lebih tinggi bisa dicapai. Tentu saja proses kerja dengan Video Measuring Camera ini memudahkan proses centering jarak titik pada pengukuran dimensi linier.

    Mikroskop INSIZE Video Measuring Camera 5314-R31 ini merupakan perpaduan daya ukur digital dengan kepraktisan pasang pada mesin potong mikro seperti EDM dan mesin micro-milling.
  5. Mikroskop Digital Ukur atau Toolmaker/Engineer’s Microscope:
    Teknisi mengandalkan mikroskop monokular untuk mengukur jarak kecil pada benda kerja presisi maupun membedakan fitur permukaan pada permukaan fraktur yang tidak mudah terlihat dengan mata telanjang. Toolmaker microscope ini memadukan pembesaran gambar lensa optik monocular dengan teknologi ukur kamera digital dan titik 2 dimensi secara koordinat, dilengkapi stage dan meja ukur yang bisa dipakai dengan unit Display readout kordinasi DRO yang membaca sensor gerak laser dari engkol/handwheel manual meja stage bersumbu X-Y. Klise optik Center disediakan untuk memudahkan proses centering jarak titik pada pengukuran linier

    INSIZE Toolmaker Measuring Microscope ISD-VMM235A ini tidak seperti mikroskop toolmaker konvensional karena bisa digunakan untuk mengukur hingga 1/100 mm dengan illuminator lampu cincin LED dan unit kamera digital CCD resolusi VGA 0.3M Pixel yang bisa disetel kecerahannya secara stepless.
  6. Mikroskop Digital Trinocular:
    Mikroskop digital Trinokuler menawarkan kombinasi mikroskop binokuler dan fungsi eye-piece digital yang lebih canggih. Dudukan mounting memang sudah terkalibrasi untuk mengukur dan menahan mikroskop dan memungkinkannya untuk digeser ke atas dan ke bawah, serupa dengan mikroskop optik standar. Gerakan terkalibrasi dalam ketiga dimensi tersedia melalui penggunaan motor langkah dan tahapan otomatis. menggunakan desain Greenough, yang diperkenalkan oleh Zeiss yang terdiri dari dua sistem optik identik (dan simetris) yang masing-masing berisi lensa okuler dan objektif terpisah yang diatur dalam keselarasan yang akurat dengan wadah tunggal. Desain ini memungkinkan lubang numerik tinggi karena tujuannya sangat mirip dengan yang digunakan dalam mikroskop majemuk. Mikroksop trinokuler juga berbeda dari mikroskop USB yang lebih murah tidak hanya dalam kualitas gambar, tetapi juga dalam kemampuan, dan kualitas konstruksi sistem yang memberikan jenis sistem ini masa pakai yang lebih lama.

    Fitur Trinocular pada INSIZE Trinocular Microscope 5104-M700 memudahkan Anda untuk menggunakan kamera dengan koneksi ke komputer untuk manajemen kualitas dan aplikasi interaktif lainnya.
  7. Smartscope atau Vision Measuring Machine:
    Smartscope atau Vision measuring machine merupakn pengembagnan lanjutan dari Toolmaker microscope. Fitur pengukuran dengan bantuan lensa kamera dan lensa optik sering dinyatakan sebagai ukuran relatif terhadap bagian yang sempurna secara teoritis yang geometrinya ditentukan dalam model cetak atau komputer. Cetakan adalah cetak biru yang menggambarkan geometri yang ditentukan dari suatu bagian dan fitur-fiturnya. Setiap fitur dapat memiliki ukuran, jarak dari fitur lain, dan toleransi yang diperbolehkan pada setiap elemen. Bahasa internasional yang digunakan untuk mendeskripsikan bagian fisik disebut Geometric Dimensioning & Tolerancing (bahasa sehari-hari dikenal sebagai GD&T). Blueprint dapat digambar dengan tangan atau dihasilkan secara otomatis oleh model CAD komputer.

    INSIZE Vision Measurement System ISD-V220CNCA  dilengkapi dengan software untuk pembesaran 20X-128X (pada monitor 19,5 Inci) dan kontrol joystick untuk kalibrasi sumber cahaya bisa diatur sudut co-axial sinarnya dan juga diproyeksikan ke benda kerja dengan setelan software yang disediakan.

MIKROSKOP DIGITAL KAPAN DIGUNAKAN?

Mikroskop optik atau dengan kata lain mikroskop cahaya, merupakan mikroskop yang paling umum digunakan di planet ini. Mikroskop tradisional ini memiliki desain tertua yang berasal dari abad ke-17 dan umumnya mengandalkan cahaya dari lingkungan kerja atau tambahan lampu yang dipantulkan dalam ruang pengamatan. Saat ini, mikroskop optik banyak digunakan karena mirkoskop optik menawarkan berbagai macam analisis, yang menjadikannya salah satu alat kerja yang paling wajib digunakan dan dimiliki.

Mikroskop digital merupakan pengembangan dari mikroskop cahaya tersebut. Mikroskop digital dilengkapi dengan sumber cahaya sendiri dan menjadikannya alat bantu pengamatan tampilan fisik dengan memperbesar benda-benda yang sedang diperiksa karena tidak dapat dilihat dengan cara lain. Mikroskop digital bisa merekam dan membagi pengamatan dalam bentuk video dan gambar dengan resolusi tinggi. Karena ukuran atau struktur spesimen yang kecil, melalui lensa mikroskop digital, para ilmuwan dapat melihat gambar objek maupun mendiskusikan perihal yang mereka amati. Mikroskop digital juga dapat memotret, menangkap apa yang telah mereka lihat, maupun menggunakan teknik pencayahaan dan manipulasi frekuensi cahaya untuk menangkap gambar yang spesifik.

Namun, mikroskop digital bukan hanya tentang pembesaran gambar – ini bukan tujuan utamanya, sehingga tidak dapat diklasifikasikan sebagai kaca pembesar atau magnifier saja. Mikroskop digital dengan model teknologi dan staging yang lebih canggih juga mampu menjadi alat ukur dimensi kecil yang tak menyentuh spesimen dan terkalibrasi. Mikroskop digital dengan kemampuan mengukur ini mampu menawarkan pengamatan jarak dan inspeksi yang dibutuhkan oleh teknisi dan peneliti.

Meskipun ada beberapa jenis mikroskop yang beberapa kompleks dan lebih rumit dari yang lain (dengan banyak lensa dan teknologi inovatif), fakta bahwa instrumen ini adalah satu-satunya peralatan yang dapat memberikan informasi tentang objek tertentu – cukup menjelaskan tentang kerumitan dan kepentingannya. Dengan bantuan mikroskop, dokter, ilmuwan, inspektor material dan tim ahli forensik dapat mengakses dunia dengan struktur terkecil dan mereka dapat melihat hal-hal yang sebelumnya tidak terlihat. Hasilnya, siapa saja dapat mempelajari, mendeteksi dan mengobati penyakit dan virus, mengadili penjahat, atau sekadar mendapatkan informasi yang tak terhitung banyaknya dan mendapatkan pengetahuan tentang dunia tempat kita hidup – dengan tumbuhan, hewan, dan manusia lainnya.

KESIMPULAN

Jika kita mengesampingkan mikroskop sederhana karena mirip dengan kaca pembesar, ada mikroskop cahaya, mikroskop stereo dan mikroskop elektron pemindaian, serta mikroskop elektron transmisi. Di atas semua itu, Metalextra menawarkan mikroskop digital sebagai variasi mikroskop cahaya modern, yang memiliki keunggulan dibandingkan yang lain.

Jika Anda berminat untuk membeli Mikroskop maupun alat inspeksi visual silakan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada9 Januari 2020 @ 11:36 AM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!