Mikroskop jenisnya apa saja?

Mikroskop merupakan alat bantu pengamatan yang digunakan untuk melihat benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Mikroskopi adalah ilmu yang menyelidiki benda dan struktur kecil menggunakan instrumen semacam itu. Mikroskop digunakan oleh banyak engineer dari proses pembuatan Metalworking presisi komponen jam dan part presisi hingga pengecekan kualitas permukaan dan pengukuran jarak diantara titik pengamatan yang sangat kecil.

Meskipun mikroskop optik adalah subjek dari artikel ini, gambar juga dapat diperbesar oleh banyak bentuk gelombang lainnya, termasuk akustik, sinar-X, atau berkas elektron, dan diterima dengan pencitraan langsung atau digital atau dengan kombinasi metode ini. Mikroskop dapat memberikan gambar dinamis (seperti dengan instrumen optik konvensional) atau yang statis (seperti dengan mikroskop elektron pemindaian konvensional).

Mikroskop jenis Toolmaker merupakan alat inspeksi teknik yang memiliki stand dan meja yang bisa dikalibrasi pergerakannya. Mikroskop ini umumnya digunakan untuk mengukur dimensi dan jarak pada benda yang kecil seperti komponen jam maupun elektronik.

Ada banyak jenis dan merek mikroskop dengan fitur dan tipe yang bervariasi pula. Secara umum, mikroskop dapat dikelompokkan dalam berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan menggambarkan cara instrumen berinteraksi dengan sampel untuk membuat gambar, baik dengan mengirimkan seberkas cahaya atau elektron ke sampel di jalur optiknya, atau dengan memindai melintasi, dan jarak pendek dari permukaan sampel menggunakan sebuah probe.

Mikroskop yang paling umum (dan yang pertama ditemukan) adalah mikroskop optik, yang menggunakan cahaya untuk melewati sampel untuk menghasilkan gambar. Jenis utama lain dari mikroskop adalah mikroskop fluoresensi, mikroskop elektron (baik mikroskop elektron transmisi dan mikroskop elektron pemindaian) dan berbagai jenis mikroskop probe pemindaian.

SEJARAH PENEMUAN MIKROSKOP

Catatan terperinci pertama dari anatomi mikroskopis dari jaringan organik berdasarkan penggunaan mikroskop baru muncul ditahun 1644, di L’occhio della mosca Giambattista Odierna, atau The Fly’s Eye. Mikroskop itu sebagian besar masih tergolong baru sampai tahun 1660-an dan 1670-an ketika naturalis di Italia, Belanda dan Inggris mulai menggunakannya untuk mempelajari biologi. Ilmuwan Italia Marcello Malpighi, yang disebut bapak histologi oleh beberapa sejarawan biologi, memulai analisis struktur biologis dengan paru-paru. Micrographia Robert Hooke memiliki dampak besar, terutama karena ilustrasinya yang mengesankan. 

Gambar mikroskop yang dimiliki oleh Antonie van Leeuwenhoek. Awalnya pak Antonie van Leeuwenhoek mengamati kotoran manusia atau tinja dibawah mikroskop dan ia pun menemukan bakteri Escherichia coli.

Kinerja mikroskop cahaya tergantung pada kualitas dan penggunaan sistem lensa kondensor yang benar untuk memfokuskan cahaya pada spesimen dan lensa objektif untuk menangkap cahaya dari spesimen dan membentuk gambar.

Kontribusi signifikan pengembangan mikroskop optik datang dari ilmuwan asal Belanda, Antonie van Leeuwenhoek yang mencapai pembesaran hingga 300 kali menggunakan mikroskop lensa tunggal. Dia menjepit lensa bola kaca yang sangat kecil di antara lubang-lubang di dua lempeng logam yang dipaku bersama-sama, dan dengan jarum sekrup yang bisa disetel terpasang untuk memasang spesimen. Kemudian, Van Leeuwenhoek berhasil mengkonfirmasi kembali gambar struktur sel darah merah (setelah Jan Swammerdam) dan spermatozoa. Ia pun menemukan bakteri Escherichia coli dan membantu mempopulerkan penggunaan mikroskop untuk melihat ultrastruktur biologis. Pada 9 Oktober 1676, van Leeuwenhoek melaporkan penemuan mikroorganisme.

Instrumen awal terbatas sampai prinsip ini sepenuhnya dihargai dan dikembangkan dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, dan sampai lampu listrik tersedia sebagai sumber cahaya. Hasil pengamatan gambar benda-benda kecil memungkinkan pengguna mikroskop untuk melihat dari dekat struktur menit pada skala yang nyaman untuk diperiksa dan dianalisis. 

Mikroskop jenis Toolmaker mengunakan lensa monokuler yang presisi. Lensa pengamatan tunggal ini mampu digunakan untuk mengukur jarak. Fitur tambahan seperti stand dan stage meja obyek yang bisa digeser dan digerakkan manual ini juga mampu mempermudah penggunaan.

Pada tahun 1893 Agustus Köhler mengembangkan prinsip utama iluminasi sampel, iluminasi Köhler, yang merupakan pusat untuk mencapai batas resolusi teoritis untuk mikroskop cahaya. Metode iluminasi sampel ini menghasilkan pencahayaan yang merata dan mengatasi kontras dan resolusi terbatas yang diberlakukan oleh teknik awal iluminasi sampel. Perkembangan lebih lanjut dalam penerangan sampel berasal dari penemuan kontras fase oleh Frits Zernike pada tahun 1953, dan penerangan kontras kontras diferensial oleh Georges Nomarski pada tahun 1955; keduanya memungkinkan pencitraan sampel yang tidak ternoda dan transparan.

Ada banyak jenis mikroskop sebenarnya tersedia. Perangkat yang bermanfaat ini digunakan oleh para peneliti, teknisi medis, dan mahasiswa setiap hari; jenis yang mereka pilih tergantung pada sumber daya dan kebutuhan mereka. Beberapa mikroskop menyediakan resolusi yang lebih besar dengan perbesaran yang lebih rendah dan sebaliknya, dan harganya berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah.

MIKROSKOP SEDERHANA MONOKULER
Mikroskop sederhana umumnya dianggap sebagai mikroskop pertama. Itu dibuat pada abad ke-17 oleh Antony van Leeuwenhoek, yang menggabungkan lensa cembung dengan dudukan untuk spesimen. Memperbesar antara 200 dan 300 kali, itu pada dasarnya adalah kaca pembesar. Meskipun mikroskop ini sederhana, itu masih cukup kuat untuk memberikan informasi van Leeuwenhoek tentang spesimen biologis, termasuk perbedaan bentuk antara sel-sel darah merah. Saat ini, mikroskop sederhana tidak sering digunakan karena pengenalan lensa kedua mengarah ke mikroskop senyawa yang lebih kuat.

Mikroskop binokuler ini ada beragam sekali merek dan harganya. Namun, kemampuan pengukuran dari mikroskop binokuler tidaklah seakurat dari mikroskop monokuler yang hanya memiliki satu lensa mata dan satu lensa obyektif saja tanpa resiko penyimpangan periskop seperti mikroskop binokuler.

MIKROSKOP BINOKULER STANDARD MAJEMUK
Dengan dua lensa eye-piece atau lensa pengamatan mata, mikroskop majemuk ini menawarkan pembesaran yang lebih baik daripada mikroskop sederhana; lensa kedua memperbesar gambar yang pertama. Mikroskop majemuk adalah mikroskop cahaya dengan permukaan terang, yang berarti bahwa spesimen tersebut dinyalakan dari bawah, dan kemudian difokuskan pada satu kaca periskop yang terpusat pada satu lensa obyektif.

Perangkat mikroskop Binokuler ini memberikan perbesaran 1.000 kali, yang dianggap tinggi, meskipun resolusinya rendah. Pembesaran tinggi ini, memungkinkan pengguna untuk melihat dari dekat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, termasuk sel individu. Spesimen biasanya kecil dan memiliki tingkat transparansi tertentu. Karena mikroskop majemuk relatif terjangkau harganya, mikroskop binokuler ini digunakan di mana-mana dari laboratorium penelitian hingga ruang kelas biologi di sekolahan formal.

MIKROSKOP BINOKULER STEREO
Mikroskop stereo ini bentuknya mirip dengan mikroskop majemuk standar, namun memiliki  dua sudut periskop yang memungkinkan pengamatan layaknya mata kiri dan kanan kita. Mikroskop ini berharga lebih mahal dan juga disebut mikroskop pembedah, menyediakan pembesaran hingga 300 kali. Mikroskop binokuler ini digunakan untuk melihat benda buram atau benda yang terlalu besar untuk dilihat dengan mikroskop majemuk, karena mereka tidak memerlukan persiapan slide.

Meskipun pembesaran mikroskop binokuluer tipe Stereo relatif rendah, mikroskop ini masih mampu memberikan tampilan 3-D close-up dari tekstur permukaan objek, dan memungkinkan operator untuk memanipulasi objek selama melihat. Mikroskop stereo digunakan dalam aplikasi ilmu biologi dan kedokteran serta dalam industri elektronik, seperti oleh mereka yang membuat papan sirkuit atau jam tangan.

MIKROSKOP CONFOCAL
Tidak seperti stereo dan mikroskop majemuk, yang menggunakan cahaya biasa untuk pembentukan gambar, mikroskop confocal menggunakan sinar laser untuk memindai sampel yang telah dicelup. Sampel-sampel ini disiapkan pada slide dan dimasukkan; kemudian, dengan bantuan cermin dichromatic, perangkat menghasilkan gambar yang diperbesar pada layar komputer. Operator dapat membuat gambar 3-D, juga, dengan merakit beberapa pemindaian. Seperti mikroskop majemuk, mikroskop ini menawarkan pembesaran tingkat tinggi, tetapi resolusinya jauh lebih baik. Mereka umumnya digunakan dalam biologi sel dan aplikasi medis.

Dino-Lite Microscope merupakan produk asli dari AnMo Electronics Taiwan. AnMo Electronics memiliki reputasi andal dalam menciptakan peralatan dan menawarkan perkakas industri yang berkualitas dengan harga yang sesuai.

MIKROSKOP DIGITAL
Mikroskop digital adalah variasi dari mikroskop optik tradisional yang menggunakan optik dan kamera digital untuk mengeluarkan gambar ke monitor, kadang-kadang melalui perangkat lunak yang dijalankan di komputer. Dengan bentuk dan dimensi yang mirip seperti mikroskop monokuler, mikroskop ini menawarkan pembesaran tingkat tinggi, tetapi resolusinya jauh lebih baik. Mikroskop digital umumnya digunakan dalam biologi sel dan aplikasi medis hingga teknik karena kemampuannya untuk memperbesar dan mengukur.

Mikroskop digital sering kali memiliki sumber cahaya LED internal, dan berbeda dari mikroskop optik karena tidak ada ketentuan untuk mengamati sampel secara langsung melalui lensa mata. Karena gambar difokuskan pada sirkuit digital, seluruh sistem dirancang untuk gambar monitor. Optik untuk mata manusia dihilangkan. kemampuannya yang portable dan ringan, cenderung disukai kalangan sales, teknisi mesin maupun peneliti batu mulia, arkeolog dan pedagang perhiasan.

Mikroskop digital harganya juga sangat bervariatif, dapat berkisar dari mikroskop digital USB yang berharga beebrapa juta rupiah hingga mikroskop digital industri canggih seharga ratusan juta rupiah. Mikroskop komersial harga rendah biasanya menghilangkan fitur lensa optik untuk penerangan (misalnya penerangan Köhler dan penerangan kontras fase) dan lebih mirip dengan webcam dengan lensa makro. Mikroskop digital sebenarnya lebih mirip dengan kamera digital dalam penelitian dan pengembangan karena menggunakan kemampuan prosesor untuk proses ‘zooming’ memperbesar tampilan.

MIKROSKOP TRINOKULER

Mikroskop jenis ini merupakan paduan dari mikroskop binokuler dengan tambahan 1 slot lubang ditengah untuk lensa kamera digital. Mikroskop ini hanya dikembangkan untuk kebutuhan spesifik. Jenis mikroskop ini umumnya diciptakan untuk pengamatan pribadi maupun untuk presentasi bersama. Tentu saja mikroskop ini lebih mahal dan pada umumnya paket kamera dijual terpisah.

MIKROSKOP SPECIAL PURPOSE

Mikroskop jenis ini umumnya hanya dikembangkan untuk kebutuhan spesifik. Jenis mikroskop ini umumnya diciptakan karena jenis material yang akan diamati memiliki karakter dan spesifikasi yang mudah terpengaruh oleh derasnya cahaya lampu maupun permukaannya sangat kecil dan sensitif pada cahaya lampu. Mikroskop jenis ini seperti:

Profesor Shibata dengan powerful transmission electron microscope (TEM) yang ditingkatkan untuk bidang ilmu materials science. Gambar: © 2019 Shibata dkk.

Scanning Electron Microscope (SEM)
Mikroskop elektron pemindaian, atau SEM, menggunakan elektron daripada cahaya untuk pembentukan gambar. Sampel dipindai dalam kondisi hampa udara atau hampir hampa udara, sehingga sampel harus disiapkan secara khusus dengan terlebih dahulu mengalami dehidrasi dan kemudian dilapisi dengan lapisan tipis bahan yang kondusif, seperti emas. Setelah item disiapkan dan ditempatkan di ruang, SEM menghasilkan gambar 3-D, hitam-putih pada layar komputer. Menawarkan kontrol yang cukup atas jumlah perbesaran, SEM digunakan oleh para peneliti dalam ilmu fisika, medis dan biologi untuk memeriksa berbagai spesimen dari serangga hingga tulang.

Transmission Electron Microscope (TEM)
Seperti mikroskop elektron pemindaian, mikroskop elektron transmisi (TEM) menggunakan elektron dalam membuat gambar yang diperbesar, dan sampel dipindai dalam ruang hampa sehingga harus disiapkan secara khusus. Tidak seperti SEM, bagaimanapun, TEM menggunakan persiapan slide untuk mendapatkan tampilan 2-D dari spesimen, sehingga lebih cocok untuk melihat objek dengan tingkat transparansi tertentu. TEM menawarkan tingkat perbesaran dan resolusi tinggi, sehingga berguna dalam ilmu fisika dan biologi, metalurgi, nanoteknologi, dan analisis forensik.

Jika Anda berminat untuk membeli Mikroskop maupun alat inspeksi visual silakan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:36 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!