OIML itu sertifikasi apa?

Pengukuran menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari yang sadar tak sadar kita lakukan. Seringkali takaran ukur kita anggap remeh dan bahkan mungkin tidak menyadari kerugian yang kita alami dari setiap transaksi dagang yang dilakukan, misalnya timbangan bahan bakar di pom bensin atau tingkat indikasi konsumsi di dashbor speedometer kendaraan kita. K

METROLOGI LEGAL ITU APA?

Kesalahan atau kecurangan kecil rata-rata memang tidak terasa didompet, namun kesalahan jumlah besar dan bias diskriminasi dapat menimbulkan prasangka keuangan yang cukup besar. Misalnya; pengukuran minyak yang tidak akurat pada setiap titik transaksi dari sumur minyak hingga konsumen perusahaan dengan transaksi besar dapat menuntut dan menimbulkan konsekuensi ekonomi yang serius.

Alat ukur merupakan perangkat kerja yang membantu manusia untuk bekerja dengan baik dan sekaligus menjadi alat untuk menguji toleransi kualitas dan kejujuran. Setiap alat ukur tentu memiliki standar Metrologi secara dagang, kesehatan, keselamatan dan konservasi dampak lingkungan yang mengatur spesifikasinya. Dalam hubungan perdagangan internasional, aturan alat ukur tersebut tentu harus sesuai dan mampu melintasi batasan dan perbedaaan sosial – politik antar negara. Lalu bagaimana agar orang asing yang tidak saling mengenal sebelumnya bisa berdagang barang tanpa takut ditipu? tentu dengan standarisasi secara hukum. 

Setelah para ahli sains dan para pakar sepakat dengan hasil pengujian alat ukur dan berbagi pengetahuan pengembangan Standar Internasional, kesepakatan tersebut perlu dikuatkan secara hukum agar relevan dan mendukung inovasi untuk tantangan global. Harmonisasi tersebut memastikan bahwa sertifikasi alat ukur di satu negara kompatibel dengan sertifikasi di negara lain, sehingga memfasilitasi perdagangan alat ukur dan produk yang mengandalkan alat ukur. Produk tersebut meliputi alat penimbangan, meter taksi, spedometer, alat pengukur pertanian seperti pengukur kelembapan sereal, perangkat terkait kesehatan seperti pengukur gas buang, dan kandungan alkohol dalam minuman.

APA ITU STANDAR International Organization of Legal Metrology OIML?

International Organization of Legal Metrology (Organisation Internationale de Métrologie Légale – OIML) atau OIML merupakan lembaga swasta internasional yang mengatur, mencatat dan merangkul standar industri agar bisa digunakan diseluruh dunia dan sah secara hukum internasional. Standar Internasional membuat segala sesuatunya berfungsi  dengan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk produk, layanan dan sistem, untuk memastikan kualitas, keamanan dan efisiensi. Mereka berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional.

Organisasi Internasional Metrologi Legal (OIML), sebuah organisasi antar pemerintah, didirikan berdasarkan perjanjian diplomatik yang ditandatangani di Paris pada 12 Oktober 1955 untuk mempromosikan harmonisasi global prosedur metrologi legal yang mendukung dan memfasilitasi perdagangan internasional. Di bawah hukum Prancis, badan utamanya, Konferensi Internasional diberikan status diplomatik.

OIML bekerja sama dengan organisasi internasional lainnya seperti Biro Internasional untuk Berat dan Ukuran (BIPM) dan Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) untuk memastikan kompatibilitas antara pekerjaan masing-masing organisasi. Organisasi tidak memiliki otoritas hukum untuk memaksakan solusi pada anggotanya, tetapi Rekomendasinya sering digunakan oleh Negara Anggota sebagai bagian dari hukum domestik mereka sendiri.

Sejak didirikan, OIML telah mengembangkan sejumlah pedoman untuk membantu anggota, khususnya negara berkembang, untuk menyusun undang-undang yang sesuai mengenai metrologi di semua aspek masyarakat dan pedoman tentang persyaratan sertifikasi dan kalibrasi produk baru, terutama di mana kalibrasi tersebut memiliki legalitas. dampak seperti dalam perdagangan, perawatan kesehatan dan perpajakan.

Undang-undang tentang pengukuran dan alat ukur diperlukan dalam semua kasus ini, serta ketika ada kebutuhan untuk melindungi pembeli dan penjual dalam transaksi komersial, atau di mana pengukuran digunakan untuk menerapkan sanksi. Hampir semua negara memberikan perlindungan seperti itu dengan memasukkan metrologi dalam undang-undang mereka – oleh karena itu istilah “metrologi legal”.

Menciptakan standar global untuk digunakan dalam undang-undang metrologi legal adalah peran OIML. Baik nama OIML dan logo OIML merupakan merek dagang terdaftar dan penggunaannya dibatasi dengan lisensi yang berbayar saja.

APA KEGUNAAN SERTIFIKAT OIML?

OIML tidak memberikan sertifikasi atau penilaian kesesuaian. Anda harus menghubungi lembaga sertifikasi eksternal dan menerima referensi pihak yang ditunjuk untuk itu. OIML memiliki anggaran operasional tahunan sekitar dua juta euro yang berasal dari iuran dari tiap anggotanya.

Manajemen International Organization of Legal Metrology berada di tangan Komite Internasional (Prancis: Comité international de Métrologie légale – CIML). Komite terdiri dari satu anggota dari setiap Negara Anggota. Anggota-anggota ini biasanya memiliki fungsi resmi yang aktif dalam metrologi legal di negara mereka. Komite memilih seorang Presiden yang tidak digaji untuk masa jabatan enam tahun dari antara para anggotanya. Komite bertemu setiap tahun di bawah kepemimpinan Presidennya.

Layanan kesekretariatan, kegiatan sehari-hari, dan pengelolaan keuangan OIML disediakan oleh BIML (Prancis: Bureau International de Métrologie légale). BIML adalah kantor pusat OIML, terletak di Arondisemen ke-9 Paris dan dipimpin oleh seorang direktur bergaji yang, ex-officio, sekretaris Konferensi Internasional dan Komite Internasional.

Operasional dan tata kelola organisasi International Organization of Legal Metrology sangat berbeda dengan standar lain seperti ISO, DIN Jerman dan JIS Jepang maupun ANSI, mengapa? karena secara organisasi, OIML merupakan lembaga mediasi hukum ukur dan konsultan alat ukur untuk tujuan dagang swasta non-profit yang mirip seperti PBB, yaitu hidup dari iuran anggotanya. Sedangkan lembaga standar DIN Jerman dan JIS Jepang sama seperti standar Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang turut menyelenggarakan standarisasi, sosialisasi, membuat pedoman akurasi serta kalibrasi milik pemerintah yang sifatnya bisa memaksa dan wajib.

NEGARA ANGGOTA OIML

Pada Februari 2021, 61 negara telah mendaftar sebagai Negara Anggota dan 65 lainnya sebagai Anggota Koresponden (tidak memiliki hak suara) termasuk semua negara G20, UE, dan BRICS. Di antara mereka, Anggota OIML mencakup 86% populasi dunia dan 96% ekonominya. Negara atau ekonomi yang siap untuk membiayai dan berpartisipasi aktif dalam pekerjaan OIML dan yang telah mengaksesi Konvensi OIML.

Negara anggota dapat mempengaruhi kebijakan International Organization of Legal Metrology, dan memberikan masukan kepada Strategi OIML, sehingga kebutuhan mereka diperhitungkan dalam pekerjaan Organisasi. Strategi tersebut berkaitan dengan kebijakan umum Organisasi, serta dengan dukungan yang ditawarkan OIML kepada otoritas metrologi legal nasional dari semua Anggotanya, dan khususnya mereka yang berada di negara berkembang. Di wilayah ASEAN, Indonesia bersama Thailand, Vietnam, Kamboja menjadi anggota utama sedangkan negara Singapura dan Malaysia hanya menjadi anggota koresponden yang turut mengakui saja.

Negara anggota dapat memperoleh manfaat dari partisipasi dalam Sistem Sertifikasi International Organization of Legal Metrology (OIML-CS). Sistem ini memungkinkan Sertifikat OIML dan/atau laporan evaluasi jenis OIML yang dikeluarkan oleh Otoritas Penerbit OIML di Negara Anggota OIML untuk diterima oleh peserta lain sebagai dasar untuk mengeluarkan persetujuan jenis nasional atau regional untuk beberapa kategori alat ukur yang diatur secara umum. Dengan demikian, Anggota OIML yang berpartisipasi dapat dengan percaya diri menerbitkan sertifikat persetujuan tipe nasional tanpa memerlukan fasilitas pengujian yang mahal dengan mengandalkan hasil yang dikeluarkan di mana laboratorium tersebut ada.

Menjadi negara anggota OIML saat ini diwajibkan membayar iuran berkisar dari €1400 untuk Anggota denan status korespondensi dan hingga €112.000 untuk Negara Anggota yang memiliki populasi lebih dari 100 juta. Komite Bersama untuk Pemandu dalam Metrologi atau Joint Committee for Guides in Metrology (JCGM) memiliki delapan anggota: BIPM, IEC, IFCC, ISO, IUPAC, IUPAP, ILAC dan OIML. Secara lembaga OIML juga menerima pendanaan operasional dari  setiap penjualan label dan sertifikasi standar ISO.

KESIMPULAN

Umumnya standar International Organization of Legal Metrology atau OIML sangat populer dibidang hukum dagang agar tidak ada perselisihan dan saling curiga dalam dagang barang komoditas yang mencatat volume dan massa. Alat ukur seperti timbangan berat massa, alat ukur volume ruang dan alat ukur kimia dari merek ternama lazim memiliki sertifikasi OIML.

Pengaruh organisasi ini sebagai lembaga verifikasi akan terasa ketika perusahaan/manufaktur meminta jasa sertifikasi dan “Foto Copy” sertifikat ISO maupun lembaga kalibrasi lainnya. Maka sebagian dana yang dikutip dari perusahaan/manufaktur tersebut akan dibayarkan lembaga mitra ISO sebagai verfikasi kualitas ke OIML sebagai verifikasi hukum, dan bahkan ada biaya tambahan yang ditagih untuk setiap lembar salinan “Foto Copy” tersebut. Oleh sebab itulah alat ukur yang memiliki sertifikasi harganya PASTI lebih mahal dari alat ukur yang tak memiliki sertifikasi.

Jika Anda berminat untuk membeli alat ukur berat, massa dan volume maupun kerja cutting tool asli profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

https://www.oiml.org/en/about/legal-metrology

Originally posted on Desember 29, 2019 @ 9:19 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: