PT Aneka Tambang Tbk berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait pengadaan pasokan listrik Smelter Feronikel Haltim di Maluku Utara

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, mengumumkan bahwa Perusahaan telah melakukan penandatanganan Pokok – Pokok Kerjasama (Head of Agreement/HOA) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) terkait pengadaan pasokan listrik Smelter Feronikel Haltim di Maluku Utara pada Kamis, 10 Februari 2022.

Dalam penandatanganan yang dilakukan oleh Direktur Utama ANTAM, Nicolas Kanter dan Direktur Utama PLN, Darmawan Prasojo, ANTAM dan PLN bersepakat untuk bekerjasama dalam pengadaan kebutuhan listrik 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan. Sinergi pasokan listrik Smelter Feronikel Haltim akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, PLN akan memasok kebutuhan listrik ANTAM pada periode enam bulan kedepan. Selanjutnya pada tahap kedua, dilaksanakan selama 12 bulan kemudian.

Direktur Utama ANTAM, Nicolas Kanter mengatakan:

Kami meyakini dengan sinergi yang baik antara ANTAM dan PLN, upaya percepatan hilirisasi mineral terutama dalam kaitannya dengan komoditas nikel dapat telaksana segera. Perusahaan juga mengharapkan proses pembangunan dan penyambungan listrik dilakukan secara cepat, tepat dan andal oleh PLN, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kontribusi kepada negara dan memberikan manfaat lebih terutama bagi masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasi smelter.”

Smelter Feronikel Haltim memiliki kapasitas 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi). Sampai dengan Desember 2021 pembangunan Smelter Feronikel Haltim telah mencapai kemajuan konstruksi sebesar 98%. Nantinya, jika pembangunan telah selesai, Smelter Feronikel Haltim akan menambah portfolio kapasitas produksi total tahunan ANTAM menjadi 40.500 TNi.

TENTANG MIND.ID

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, mengumumkan bahwa Perusahaan mencatatkan pertumbuhan positif kinerja segmen nikel ANTAM pada periode tahun 2021 (unaudited), seiring dengan pemulihan kondisi ekonomi global serta tumbuhnya tingkat permintaan nikel. Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Kami hadir untuk mengeksplorasi, menjelajah, dan mencari. Mencari cara dan inovasi baru untuk memperoleh, mempelajari, dan mengelola potensi kekayaan sumber daya mineral dan batubara Indonesia dan industri pengolahannya, hingga memasarkan berbagai produk mineral tambang untuk menjadi sumber kebaikan untuk kemajuan bersama. MIND ID merupakan wajah Indonesia yang kaya akan sumber daya dan kaya akan talenta dari putra-putri Indonesia yang siap berkarya dan bersinergi memberikan yang terbaik bagi negeri.

Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk pada 27 November 2017 dengan menggunakan PT Indonesia Asahan Aluminimum (Persero) sebagai induk perusahaan yang menaungi empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan PT Freeport Indonesia.

Pada 17 Agustus 2019, Holding Industri Pertambangan bertransformasi menjadi MIND ID (Mining Industry Indonesia) untuk membedakan fungsi INALUM sebagai Holding dan sebagai Operasional.

KESIMPULAN

Di Metalextra.com kami yakin dengan peningkatan berkelanjutan dari teknologi produksi yang baik jika dikombinasikan dengan pengujian dan pengembangan, memungkinkan kami untuk menawarkan produk-produk berkualitas tinggi yang membantu perusahaan-perusahaan manufaktur di berbagai industri dan tentunya demi meningkatkan produktivitas anda. Kami juga menawarkan solusi perangkat alat ukur presisi berkualitas tinggi asal Swiss, Jerman, Taiwan, Jepang.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementerian BUMN FEBRUARY 2022

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada28 November 2019 @ 4:29 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!