Stainless steel itu fungsinya apa?

Stainless steel merupakan material logam paduan dari Besi dengan minimum 10,5% Chromium. Chromium menghasilkan lapisan tipis oksida pada permukaan baja yang dikenal sebagai ‘lapisan pasif’. Ini mencegah korosi lebih lanjut pada permukaan. Peningkatan jumlah Chromium memberikan peningkatan ketahanan terhadap korosi.

Baja tahan karat paling terkenal karena ketahanannya terhadap pengaruh karat maupun oksidasi. Ketahanan campuran logam ini biasa meningkat seiriing dengan meningkatnya kandungan kromium. Penambahan molybdenum juga meningkatkan ketahanan korosi dalam mengurangi asam dan melawan serangan pitting dalam larutan klorida. Dengan demikian, ada banyak tingkatan baja tahan karat dengan berbagai kandungan kromium dan molibdenum yang sesuai dengan lingkungan yang harus ditanggung oleh paduan logam tersebut.

JENIS & SIFAT STAINLESS STEEL

  • Seperti besi biasa, baja tahan karat adalah konduktor listrik yang relatif buruk, dengan konduktivitas listrik yang jauh lebih rendah daripada tembaga.
  • Baja tahan karat martensit dan baja tahan karat feritik biasanya bersifat magnetis.
  • Baja feritik terdiri dari kristal ferit, suatu bentuk besi dengan karbon hingga 0,025%. Ini hanya menyerap sejumlah kecil karbon karena struktur kristal kubiknya yang terdiri dari satu besi di setiap sudut, dan atom besi pusat, atom pusat adalah apa yang memberinya sifat magnetik.
  • Baja tahan karat austenitik Annealed biasanya bersifat non-magnetik. Pengerasan kerja dapat membuat baja tahan karat austenitik yang dibentuk dingin sedikit bersifat magnetis. Kadang-kadang jika baja austenitic tertekuk atau terpotong, ia menciptakan magnet di sepanjang tepi baja tahan karat karena struktur kristal menata ulang dirinya sendiri. Juga, ketika dipanaskan, austenit mendingin dan kembali ke bentuk feritnya.

Lebih detail lagi dalam disiplin ilmu metalurgi, baja tahan karat memiliki nama lain sebagai baja inox atau Inox Steel dari Bahasa orang Perancis yaitu: inoxydable (inoxidizable), paduan logam besi baja, dengan kandungan kromium minimum 11% berdasarkan massa dan maksimum 1,2% karbon berdasarkan massa.

KEGUNAAN STAINLESS STEEL

Ketahanan terhadap korosi dan pewarnaan, perawatan yang rendah, dan kilau yang terlihat bagus membuat material stainless steel menjadi bahan yang ideal untuk banyak aplikasi di mana kekuatan baja dan ketahanan korosi serta nilai estetika diperlukan.

Biasanya pedagang material menjual material bahan baku seperti Stainless steel yang digulung menjadi lembaran, pelat, batang, kawat, dan tabung untuk digunakan dalam: peralatan masak, peralatan makan, instrumen bedah, peralatan utama; bahan konstruksi di bangunan besar, seperti tiang dan railing Gedung mall; peralatan industri (misalnya, di pabrik kertas, pabrik kimia, pengolahan air); dan tangki penyimpanan dan tanker untuk bahan kimia dan produk makanan (misalnya, tanker kimia dan tanker jalan). Ketahanan material ini terhadap korosi juga ditambah dengan kemudahan untuk membersihkan dan mensterilkan alat kerja stainless steel, dan kurangnya kebutuhan untuk pelapisan permukaan juga telah mempengaruhi penggunaan stainless steel di pabrik pengolahan makanan maupun industry peralatan medis.

Apakah bisa di milling CNC? Dipotong dengan cutting tool jenis material apa?
Tentu saja bisa. Secara umum, mesin gergaji maupun milling CNC bisa memotong material Stainless Steel dengan cutting tool HSS bercoating maupun cutting tool Solid Carbide. Setiap aplikasi pemotongan Stainless Steel haruslah dilakukan dengan sistem pendiginan basah agar mesin sangat efisien bekerja sekaligus mencegah tooling cepat aus.

Ada pula beragam cara lain dalam hal pengolahan material stainless steel menjadi prototipe, produksi jangka pendek komponen kompleks, dan pembuatan komponen berukuran besar. Komponen presisi seperti fastener untuk stainless steel juga bisa dilakukan.

Stainless Steel ini kualitasnya juga sangat beragam. Ada lebih dari 150 grade baja tahan karat, 15 di antaranya paling sering digunakan. Ada sejumlah sistem untuk menilai baja tahan karat dan baja lainnya sesuai standar ketentuan SAE yang merupakan penomoran paduan standar untuk nilai baja yang dikelola oleh SAE International.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 11, 2020 @ 10:32 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!