Teknik Sipil dan Arsitek itu bedanya apa sih?

Arsitek dan insinyur sipil mengerjakan proyek bersama, namun tugas yang mereka lakukan masing-masing sangat berbeda. Persamaan utama dari kedua bidang kerja tersebut memang akan berhubungan dengan kolaborasi bersama Project Manager demi kelancaran pekerjaan di lapangan.

Terkadang, seorang project manager juga memilki pengalaman sebagai arsitek maupun teknik yang mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya. Di sini Anda dapat membandingkan dua opsi karier ini dan mempelajari lebih lanjut tentang perbedaannya.

ARSITEK ITU APA FUNGSINYA?

Arsitek merancang berbagai bangunan dan struktur yang mencakup gedung perkantoran dan rumah. Mereka dapat mengerjakan proyek sekecil kamar di sebuah gedung untuk merancang seluruh bangunan. Mereka harus memiliki pengalaman dengan perangkat lunak komputer untuk membuat gambar berskala untuk menyediakan rencana bagi para pekerja. Arsitek harus memiliki kreativitas dan visi yang hebat untuk memastikan proyek terlihat menarik bagi klien. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengurus banyak bagian dari proyek, sehingga mereka harus sangat terorganisir untuk melacak semua aspek pengembangan arsitektur. Arsitek dengan pengalaman luas dapat maju ke peran pengawasan tingkat yang lebih tinggi sebagai manajer arsitektur. Tanggung jawab pekerjaan seorang arsitek meliputi:

  1. Mengatur spesifikasi struktur.

  2. Memperkirakan anggaran dan waktu.

  3. Membuat gambar dan rencana.

  4. Mempresentasikan rencana kepada klien.

  5. Mengembangkan kontrak

TEKNIK SIPIL ITU FUNGSINYA APA?

Insinyur sipil bertanggung jawab untuk mengawasi dan merancang jalan, jembatan, sistem air, bangunan, dan bendungan, di antara struktur lainnya. Insinyur sipil menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kantor merancang dan merencanakan proyek, meskipun mereka mengunjungi lokasi konstruksi untuk mengawasi pekerjaan yang sedang diselesaikan. 

Insinyur sipil bekerja dengan desain yang rumit di mana latar belakang dalam matematika, serta keterampilan dalam pemecahan masalah, dapat membantu dalam menemukan solusi untuk masalah yang mungkin timbul dengan pengembangan proyek. Tanggung jawab pekerjaan insinyur sipil meliputi:

  1. Menguji bahan bangunan.

  2. Mengikuti peraturan dan mempertimbangkan kemungkinan bahaya proyek.

  3. Melakukan operasi survei.

  4. Mengawasi pemeliharaan infrastruktur.

  5. Menggunakan program desain untuk proyek.

KESIMPULAN

Arsitektur lebih ke dalam kreativitas desain. Teknik sipil berfokus pada inovasi untuk mewujudkan desain itu.

Arsitektur melibatkan desain struktur dengan fokus pada estetika dan fungsionalitas. Teknik sipil biasanya tidak akan peduli tentang hal-hal itu; Insinyur Sipil akan lebih suka mempertimbangkan dan merencanakan metodologi untuk membangun desain.

Arsitektur memulai proyek melalui konsep arsitek. Teknik sipil melibatkan mempelajari konsep dan memeriksa kepraktisan desain; insinyur sipil memastikan bahwa desain dapat menahan kondisi pemuatan normal dan ekstrim.

Arsitek akan membutuhkan insinyur untuk membantu membuat desain mereka bekerja. Insinyur sipil akan dipandu oleh garis besar dan dimensi arsitek.

Menurut Glassdoor, seorang insinyur sipil menghasilkan $ 68.638 / tahun di AS. Menurut situs yang sama, seorang insinyur arsitektur dapat memperoleh $ 56, 608 selama rentang waktu yang sama.

Selama proyek, insinyur sipil memiliki peran manajemen.

Metalextra berkomitmen untuk menyediakan teknologi permesinan yang unggul dan terdepan serta solusi proses rekayasa inovatif yang memungkinkan produsen untuk fokus membuat apa yang penting agar produktifitas industri presisi anda meningkat.

Untuk penawaran atau informasi lebih lanjut alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] 

—————–

Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 25, 2020 @ 9:16 am

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!