Tenaga udara kompresor VS Listrik, mana yang lebih bagus ?

Alat-alat kerja mekanis yang bertenaga banyak digunakan dalam industri, konstruksi, di kebun, untuk tugas-tugas pekerjaan rumah seperti memasak, membersihkan, dan di sekitar rumah untuk tujuan mengemudi (pengencang), pengeboran, memotong, membentuk, pengamplasan, pengamplasan, penggilingan, perutean, penggilingan, pemolesan, pengecatan , pemanasan dan banyak lagi. Ada dua jenis umum yang biasa kita temui, yaitu: perkakas listrik dan perkakas dengan tenaga udara kompresor.. Ragam alat listrik maupun alat kerja berbahan bakar bensin untuk perbengkelan maupun hobi secara prinsip dan gerakan sebetulnya sama persis dengan tenaga kompresor yang digunakan untuk pengerjaan kayu dan pengerjaan logam.

Namun di industri, perkakas listrik lebih diklasifikasikan sebagai stasioner atau portabel, di mana portabel berarti genggam. Alat-alat listrik portabel memiliki keuntungan yang jelas dalam mobilitas. Namun, perkakas listrik stasioner seringkali memiliki keunggulan dalam kecepatan dan presisi. Gergaji meja biasa, misalnya, tidak hanya memotong lebih cepat dari gergaji tangan biasa, tetapi potongannya lebih halus, lebih lurus, dan lebih persegi daripada apa yang biasanya dapat dicapai dengan gergaji listrik genggam. Beberapa alat listrik stasioner dapat menghasilkan objek yang tidak dapat dibuat dengan cara lain. Mesin bubut, misalnya, menghasilkan benda yang benar-benar bulat.

KENAPA BANYAK PABRIK LEBIH SUKA ALAT KERJA BERTENAGA KOMPRESOR UDARA DARIPADA LISTRIK?

Sebagian besar alat pneumatik mengubah udara terkompresi menjadi bekerja menggunakan motor pneumatik. Dibandingkan dengan alat listrik yang setara, alat pneumatik lebih aman untuk dijalankan dan dipelihara, tanpa risiko percikan api, hubungan arus pendek atau sengatan listrik, dan memiliki rasio daya terhadap berat yang lebih tinggi, memungkinkan alat yang lebih kecil, lebih ringan untuk menyelesaikan tugas yang sama. Selain itu, mereka cenderung merusak diri sendiri jika alat macet atau kelebihan beban.

Alat pneumatik kelas umum dengan rentang hidup pendek biasanya lebih murah dan dianggap sebagai “alat sekali pakai” dalam industri perkakas, sedangkan alat pneumatik kelas industri dengan rentang hidup yang panjang lebih mahal. Secara umum, alat pneumatik lebih murah daripada alat bertenaga listrik yang setara. Namun pelumasan alat secara teratur masih dibutuhkan. 

Alasannya sederhana; KEAMANAN & KENYAMANAN!. Alat kerja bertenaga udara, atau pneumatik bertenaga  hanya bisa digerakkan oleh udara tekanan yang dipasok oleh kompresor udara. Alat pneumatik juga dapat didorong oleh karbon dioksida terkompresi (CO2) yang disimpan dalam silinder kecil yang memungkinkan untuk mudah dibawa ke berbagai lokasi dan bidang pekerjaan. Alat pneumatik dinilai dengan beberapa metrik: Kecepatan Gratis (rpm), Tekanan Udara (psi / bar), Konsumsi Udara (cfm / scfm atau m3 / min), Tenaga Kuda (hp), dan ukuran spindle. Setiap alat individu memiliki persyaratan khusus sendiri yang menentukan kompatibilitasnya dengan sistem kompresor udara. Aliran atau aliran udara, terkait dengan konsumsi udara dalam alat pneumatik, mewakili jumlah udara terkompresi yang melewati bagian selama satu satuan waktu. Ini diwakili dalam l / min, m3, pada nilai yang setara di udara bebas dalam kondisi atmosfer referensi standar (SRA). Misalnya: +20 c, kelembaban relatif 65%, 1013 mbar, sesuai dengan norma NFE.

Sistem pneumatik yang digunakan dalam industri pastinya didukung oleh udara terkompresi atau gas inert terkompresi yang sesuai. Daya fluida adalah penggunaan fluida di bawah tekanan untuk menghasilkan, mengontrol, dan mentransmisikan daya, dalam kaitannya dengan pneumatis maka daya yang digunakan berasal dari tekanan udara maupun manipulasi tekanan gas. Kompresor yang terletak di pusat dan bertenaga listrik menggerakkan silinder, motor udara, dan perangkat pneumatik lainnya. Sistem pneumatik yang dikendalikan melalui katup solenoida manual atau otomatis dipilih ketika memberikan alternatif yang lebih murah, lebih fleksibel, atau lebih aman untuk motor listrik dan aktuator.

Umumnya alat kerja Pneumatik membutuhkan udara bertekanan 4 hingga 6 bar. Sistem tenaga fluida tersebut bekerja dengan bantalan fluida bertekanan langsung pada piston dalam silinder atau pada motor fluida. Silinder fluida menghasilkan gaya yang menghasilkan gerak linier, sedangkan motor fluida menghasilkan torsi yang menghasilkan gerak putar. Dalam sistem tenaga fluida, silinder dan motor (juga disebut aktuator) melakukan pekerjaan yang diinginkan. Komponen kontrol seperti katup mengatur sistem. Tenaga fluida dibagi menjadi hidraulik menggunakan cairan seperti minyak mineral atau air, dan pneumatik menggunakan gas seperti udara atau gas lainnya. Sistem tekanan udara dan air tekan pernah digunakan untuk mengirimkan daya dari sumber pusat ke pengguna industri di wilayah geografis yang luas; sistem tenaga fluida saat ini biasanya berada dalam satu bangunan atau mesin bergerak.

PERBANDINGAN OPERASIONAL SISTEM HIDROLIS VS PNEUMATIS:

Pneumatik menggunakan kompresi gas yang mudah dimampatkan seperti udara atau gas murni yang cocok,sedangkan hidrolika menggunakan media cair yang relatif tidak dapat dimampatkan seperti oli. Perbandingan aplikasinya sebagai berkut:

  • Biaya: Pneumatik lebih murah untuk dibangun dan dioperasikan. Udara digunakan sebagai media terkompresi, sehingga tidak ada persyaratan untuk mengalirkan atau memulihkan cairan. Sistem hidrolik menggunakan tekanan kerja yang lebih besar, dan membutuhkan bagian yang lebih besar daripada pneumatik.
  • Presisi: Tidak seperti cairan, gas mengubah volume secara signifikan ketika ditekan sehingga sulit untuk mencapai presisi. Dibutuhkan peralatan lain seperti Pressure monitor maupun air filter dan coupling tambahan untuk menjada akurasi tekanan udara maupun tekanan gas.
  • Kesederhanaan desain dan kontrol: Mesin mudah dirancang menggunakan silinder standar dan komponen lainnya, dan beroperasi melalui kontrol on-off yang sederhana.
  • Keandalan: Sistem pneumatik umumnya memiliki masa operasi yang panjang dan membutuhkan sedikit perawatan. Karena gas dapat dikompres, peralatan tidak akan mengalami kerusakan akibat guncangan. Gas menyerap gaya berlebihan, sedangkan fluida dalam hidraulik secara langsung mentransfer gaya. Gas terkompresi dapat disimpan, sehingga mesin masih berjalan untuk sementara waktu jika daya listrik hilang.
  • Perawatan: Sistem Pneumatis membutuhkan investasi awal yang tinggi dan consumableuntuk dioperasikan dengan presisi seperti air filter, selang, Pressure bar, Pressure Dial, Coupling, Sealant, dan jika menggunakan gas flammable akan membutuhkan perlakuan khusus, misalnya suhu ruangan tertentu dan lain sebagainya.
  • Keselamatan: Alat kerja pneumatis seperti Air tool atau Powertool memiliki kemungkinan kebakaran yang sangat rendah dibandingkan oli hidrolik maupun dengan perlatan kerja listrik. Mesin-mesin baru biasanya kelebihan beban aman hingga batas tertentu.
  • Sebagian besar aplikasi pneumatik industri menggunakan tekanan sekitar 80 hingga 100 pound per inci persegi (550 hingga 690 kPa). Aplikasi hidraulik biasanya menggunakan 1.000 hingga 5.000 psi (6,9 hingga 34,5 MPa), tetapi aplikasi khusus dapat melebihi 10.000 psi (69 MPa). 

PERANGKAT PNEUMATIS APA SAJA?

  • Air brakes on buses, MRT, trucks
  • Air compressors, Air engines for pneumatically powered vehicles
  • Barostat systems used in Neurogastroenterology and for researching electricity
  • Cable jetting, a way to install cables in ducts
  • Compressed-air engine and compressed-air vehicles, Gas-operated reloading
  • Holman Projector, a pneumatic anti-aircraft weapon
  • HVAC control systems
  • Inflatable structures
  • Lego pneumatics can be used to build pneumatic models, Pipe organ, Electro-pneumatic action, Tubular-pneumatic action, Player piano
  • Pneumatic Automation system, Air actuator, Pneumatic cylinder
  • Pneumatic air guns, Pneumatic Launchers, a type of spud gun, Pneumatic tire, Vacuum pump, Vacuum sewer,Vacuum Suction
  • Pneumatic bladder
  • Pneumatic mail systems
  • Pneumatic motor: Roller coaster, Pneumatic tools: Dental drill, Jackhammer used by road workers, Pneumatic nailgun
  • Pressure regulator, Pressure sensor, Pressure switch
  • Air Micrometer

KESIMPULAN

Sistem pneumatik dalam instalasi tetap, seperti pabrik, menggunakan udara terkompresi karena pasokan yang berkelanjutan dapat dibuat dengan mengompresi udara atmosfer. Udara biasanya menghilangkan kelembaban, dan sejumlah kecil minyak ditambahkan pada kompresor untuk mencegah korosi dan melumasi komponen mekanis. Pengguna tenaga pneumatik pabrik tidak perlu khawatir tentang kebocoran beracun, karena walaupun kompresor rembes dan bocor yang keluar hanyalah udara, sehingga resiko ledakan seperti alat kerja berbahan bakar minyak atau korsleting arus dan resiko biaya listrik naik turun bisa dihindari. Tapi kembali lagi kepada anda, apakah kompresor yang digunakan bertenaga listrik atau bertenaga minyak?, Jika bertenaga minyak, tentunya anda butuh penempatan khusus dan pengawasan lokasi penempatan mesin yang berbeda dengan mesin generator listrik tersebut bukan? 

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tim spesialis kami telah bekerja tanpa lelah untuk menemukan alat kerja terbaik sehingga pelanggan kami bisa tenang mengetahui bahwa mereka memiliki alat terbaik mutlak untuk pekerjaan operasional turning maupun pengolahan logam presisi. Dengan memperkenalkan produk-produk yang ditujukan pada posisi teratas pasar global, kami akan melanjutkan upaya kami untuk berkontribusi pada pembentukan masyarakat Indonesia yang makmur.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on April 2, 2020 @ 8:13 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!