Waterpass itu apa?

Waterpass juga dikenal sebagai spirit level atau level vial, sangat penting untuk pengukuran leveling presisi dalam banyak pekerjaan, dari sesuatu yang sederhana seperti meletakkan rak hingga memeriksa seberapa tinggi level mesin industri maupun mesin kapal saat dipasang kebagian perut kapal. Alat genggam waterpass ini mudah digunakan dan cara sederhana untuk menjaga akurasi pada pekerjaan.

WATERPASS ITU APA GUNANYA?

Dengan menggunakan waterpass atau spirit level, kita dapat mencapai akurasi dan kesejajaran yang tepat dalam pekerjaan kita. Alat ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan keandalan hasil pekerjaan, serta meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi akibat ketidakteraturan atau ketidaksejajaran permukaan. Spirit Level merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan seberapa paralel (level) atau tegak lurus (tegak lurus) suatu permukaan relatif terhadap bumi. Spirit Level mendapatkan namanya dari larutan minyak mineral spiritus yang ada di dalam tabung level.

Saat ini waterpas atau spirit level tipe panjang banyak dijumpai dengan ukuran 0,5 m, 1 m, 2m, dan 3 m. Umumnya Spirit level atau waterpass ini berbentuk persegi panjang dengan lebar 5–8 cm dan tebal 3 cm. Kedua sisi mempunyai permukaan rata sebagai bidang yang ditempatkan ke permukaan yang akan diperiksa kedataran atau ketegakannya. beberapa jenis waterpass atau spirit level dengan bentuk panjang pengaris juga dilengkapi dengan magnet dibagian alasnya untuk mempermudah pengukuran diberbagai permukaan datar, Di tengah bagian adalah terdapat berbentuk lubang dan di tengahnya untuk penempatan kaca gelembung sebagai alat pemeriksaan kedataran, dan pada salah satu ujung terdapat lubang dan di tengahnya untuk penempatan kaca gelembung sebagai alat pemeriksaan ketegakan vertikal.

WATERPAS CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Cara kerjanya Spirit level atau waterpass didasarkan pada prinsip bahwa gelembung udara akan bergerak menuju titik yang paling tinggi dalam tabung ketika permukaan yang diukur berada dalam posisi sejajar. Dalam teknik bangunan maupun konstruksi unit besar pada industri berat, kita paling sering melihat penggunaan pendulum berbasis gravitasi, yang kemudian teknisi memverisikasi dengan menggunakan Spirit level tipe botol. Untuk penggunaan lebih lanjust dan mempermudah proses pengukuran, Inclinometer elektronik modern dapat lebih akurat dengan sistem pengukuran digital yang menggunakan giroskop dan menjadi lebih populer daripada waterpas klasik karena persyaratan presisi, resolusi, keandalan, penyimpanan data, dan dokumentasi yang lebih tinggi. 

Ketika spirit level ditempatkan di atas permukaan yang ingin diukur, gelembung udara dalam tabung akan bergerak menuju pusat, menunjukkan bahwa permukaan tersebut berada dalam posisi horizontal atau vertikal yang benar. Jika gelembung udara berada di sisi kiri atau kanan tabung, maka permukaan tidak sejajar. Waterpass spirit level menggunakan botol berisi cairan dengan gelembung udara di dalamnya. Panduan pada vial menunjukkan kapan gelembung berada di tengah yang menunjukkan kepada pengguna bahwa gelembung itu rata. Level spirit tipe digital juga menampilkan pembacaan digital untuk akurasi dan jaminan ekstra.

Untuk hasil terbaik, coba gunakan level terpanjang yang sesuai dengan permukaan yang sedang diperiksa baik pada bidang horizontal maupun vertikal (tegak lurus). Sebuah inklinometer kadang-kadang dikenal sebagai klinometer digunakan untuk mengukur sudut kemiringan atau elevasi, mirip dengan Spirit level. Kerataan tingkat pada waterpass dapat menggunakan berbagai metode untuk mengukur dan dapat berupa pembacaan analog dan digital.

WATERPASS DIGUNAKAN PADA INDUSTRI APA SAJA?

Alat spirit level atau waterpass digunakan dalam berbagai industri yang membutuhkan tingkat presisi dan kestabilan dalam pengukuran dan pemasangan. Berikut ini beberapa contoh industri yang menggunakan spirit level antara lain:

  1. Spirit Level untuk Industri konstruksi:
    Dalam industri konstruksi, spirit level digunakan untuk memastikan keadaan horizontal atau vertikal dalam pemasangan fondasi, dinding, lantai, dan struktur bangunan lainnya. Alat ini membantu memastikan bahwa konstruksi dilakukan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan memenuhi standar keselamatan.

  2. Spirit Level untuk Industri manufaktur:
    Dalam industri manufaktur, spirit level digunakan dalam proses perakitan dan perbaikan peralatan dan mesin. Alat ini membantu mengatur dan memastikan komponen-komponen dalam posisi yang benar, sehingga mempengaruhi kualitas produk akhir dan meningkatkan efisiensi produksi.

  3. Spirit Level untuk Industri perbaikan dan renovasi rumah:
    Dalam industri perbaikan rumah, spirit level digunakan dalam pemasangan rak, kabinet, jendela, pintu, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Alat ini membantu memastikan bahwa objek-objek tersebut terpasang secara sejajar dan stabil, menciptakan tampilan yang rapi dan fungsionalitas yang baik.

  4. Spirit Level untuk Industri otomotif:
    Dalam industri otomotif, spirit level digunakan dalam perakitan dan perbaikan kendaraan. Alat ini membantu mengatur dan memastikan komponen-komponen dalam posisi yang benar, termasuk pemasangan mesin, sistem suspensi, dan bagian-bagian lainnya.

  5. Spirit Level untuk Industri perkapalan:
    Dalam industri perkapalan maupun industri yacht, spirit level digunakan dalam pemasangan aksesoris, penentuan keseimbangan kapal coat setelah refit dan semua aktifitas balancing perbaikan kapal. Spirit Level ini membantu memastikan kesejajaran dan kestabilan struktur kapal, seperti dek, lambung, dan peralatan navigasi.

KESIMPULAN

Alat Spirit Level ini menjadi bagian penting dalam menjaga tingkat presisi dan kestabilan dalam berbagai aplikasi, yang pada gilirannya membantu meningkatkan kualitas, keamanan, dan efisiensi dalam berbagai sektor industri. Metalextra.com menawarkan berbagai pilihan termasuk blok spirit level, Waterpass dengan bagian kaki bermagnet, bulls eye level, Straight level dan beragam inclinometer. 


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Tinggalkan Balasan