fbpx

10 Merek mesin bubut yang banyak dipakai di Indonesia

Tentu saja ada lusinan merek dan tipe mesin bubut penggilingan Bubut atau mesin Lathe yang ada dipasaran. Baik tipe manual dan bubut CNC, membeli mesin membutuhkan perencanaan dan proses seleksi yang mendetail. Bagi teknisi Indonesia, merek mesin bubut yang terjamin tentu wajib memiliki keberadaan sparepart dan variasi aksesoris yang banyak jumlah ragamnya.

Meskipun dengan semua variasi merek dan beragam mekanisme mesin turning atau mesin bubut ini, seringkali kalangan end user merasa sulit untuk membidik mesin yang tepat. Jadi apasaja referensi memilijh merek mesin bubut turning yang bagus? Berikut adalah 10 merek mesin Bubut atau mesin Lathe CNC yang sering kami jumpai di Indonesia:

1. Mazak merek asal Jepang dan diproduksi di Jepang, Singapura, Eropa dan Amerika Serikat. 

Mesin Bubut lathe digunakan di semua aplikasi teknik dan juga di bengkel perguruan tinggi. Mesin bubut digunakan untuk melakukan semua operasi dasar seperti pengeboran, pemotongan, penyadapan ulir, pembubutan, dll. Dengan bantuan berbagai alat yang ditempatkan di lingkungan kerja. Perusahaan Mazak ini juga dikenal karena menciptakan mesin sistem automation multi-tasking kelas dunia, yang dapat menangani putaran cepat, operasional turning bubut, boring dan banyak lagi, semuanya dalam satu mesin. Mesin MAZAK umumnya berbentuk kompak dengan motor listrik variable speed 3-fase, model yang terbaru ada banyak juga yang menggunakan motor 1-fase yang kecil watt tapi bermotor dengan power yang besar 3HP.

Investasi mesin bubut Mazak itu tidak murah, namun keterjaminan part dan upgrade terbuka luas. Jika anda ingin mencari part alternatif pun ada banyak produsen lain yang menggunakan lisensi Mazak dari control panel hingga aksesoris vise, jaw, clamping dan lainnya. Anda tidak akan pernah salah dengan membeli mesin apapun bermerek Mazak. Dengan sejarah perusahaan yamazaki yang terbentang hampir seratus tahun, dan digunakan dalam industri pembuatan komponen dari aerospace luar angkasa hingga pertanian, Mazak merupakan salah satu produsen terkemuka dari setiap jenis mesin yang mereka hasilkan, termasuk berbagai macam Mesin Bubut atau mesin Lathe maupun bubut CNC, hingga mesin 5-Axis mereka secara khusus. Kami juga stockist part Mazak dan Mazatrol loh!

2. Mori Seiki atau DMG Mori asal Jepang & Jerman

Seringkali Anda harus selalu melakukan riset terhadap model mesin dan memahami keunggulan serta kelemahan mesin bubut yang akan Anda beli. Terkadang produsen merek mesin yang anda inginkan atau sudah miliki justru sudah dibeli oleh perusahaan lain. Merek mesin bubut DMG MORI misalnya, ini merupakan hasil merger dari Mori Seiki dan pabrikan mesin Jerman DMG. Namun, Mori Seiki lah yang membeli DMG. DMG Mori memperkenalkan merek gabungan ini pada tahun 2010 dengan nama awal DMG Mori Seiki. Kemudian pada tahun 2013 mereka melepaskan kata “Seiki” menjadi DMG Mori.

Banyak dari kita di industri peralatan mesin CNC menganggap penggabungan itu aneh karena DMG berasal dari Jerman dan Mori Seiki dari Jepang.Asal-usul ini mungkin memiliki pengaruh pada pemilihan banyak pemasok spindel oleh DMG Mori. DMG Mori, sering dikenal dengan nama aslinya Mori Seiki juga banyak dijual oleh pedagang mesin bekas. Dengan lokasi kantor salesnya di enam benua, hotline layanan 24/7, dan gudang yang penuh dengan suku cadang, DMG MORI SEIKI merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia permesinan CNC. Tetapi jangan berpikir nama baik mereka sepenuhnya bergantung pada layanan pelanggan; mereka juga memproduksi beberapa sistem integrasi automation CNC terbaik di dunia.

Pabrikan Jepang ini juga disenangi oleh banyak operator di Asia karena  desain mesin Bubut atau mesin Lathe hingga bubutnya yang kecil kompak dan spesialis 5-sumbu.  Mesin Bubut atau mesin Lathe DMG Mori Seri CMX memang secara khusus dikenal untuk sangat presisi dengan kemudahan control panel yang sudah full colour touch screen sehingga mudah penggunaannya. Bagi ahli mesin yang sering mengejar target atau butuh mesin serba bisa, DMG MORI SEIKI juga sangat bisa diandalkan karena pengiriman 24 jam yang dijamin pada semua suku cadang nya. Hal ini terutama yang membuat mesin Mori Seiki bekas adalah investasi yang sangat bagus.

3. Hyundai-WIA asal Korea Selatan

Dunia teknik presisi telah didominasi oleh mesin otomatisasi dan teknologi tepat guna dengan harga ekonomis. Perusahaan yang dapat membantu proses tersebut adalah beberapa bisnis yang paling dicari di dunia. Lebih baik lagi, perusahaan yang dapat mengambil status teknologi mesin bubut yang ditawarkan oleh Hyundai-Wia. Hyundai Wia Machine menduduki peringkat sebagai pembuat peralatan mesin CNC no.1 Korea sejak tahun 2000, terus memantapkan posisinya sebagai pemimpin global dengan mengembangkan produk yang melebihi harapan pelanggan, dengan tujuan untuk ditempatkan di antara 5 pembuat alat mesin teratas pada tahun 2016. Contohnya mesin bubut Hyundai Wia L150SY yang diproduksi pada tahun 2016 di Korea Selatan. Mesin bubut ini memiliki unit kontrol Fanuc Series 311, memiliki mesin motor bubut spindel ganda dan mencapai kecepatan spindel 6000 rpm. Mesin 3 sumbu yang juga dilengkapi dengan sumbu Y.

4. Okuma asal Jepang dan diproduksi di Jepang, Taiwan, Amerika Serikat dan Eropa

Kami teramat sering melihat keberadaan mesin bubut Okuma ini baik di Batam, Singapore, Johor, Medan, Cikarang, Surabaya, Samarinda hingga di Makassar. Okuma memang terkenal sangat rigid dan solid dibandingkan dengan merek apapun. Sistem mekanismenya juga tergolong familiar bagi teknisi Indonesia. Kami bahkan pernah melihat sendiri mesin Okuma buatan tahun 1960an masih kuat dan kokoh dioperasikan.

Dengan  pengalaman lebih dari satu abad dan jaringan distribusi terbesar di dunia, aman untuk mengatakan bahwa Okuma adalah salah satu pemain terbesar di industri mesin. Khususnya, karena mereka merupakan perusahaan satu-satunya penyedia sumber tunggal industri, dengan mesin CNC, drive, motor, encoders, spindle dan kontrol CNC semua diproduksi sendiri oleh Okuma di workshopnya.

Boleh diakui; Okuma selalu terbaik dan menjadi innovator mesin bubut dan tetap berada di ujung tombak teknologi apa pun yang mereka kembangkan, termasuk mesin penggilingan dan terutama mesin bubut serta machining center CNC mereka. Pelanggan dan calon customer anda pun pasti salut jika anda memiliki atau bekerja dengan mengoperasikan mesin Okuma. Namun harga sparepart Okuma juga tidak bisa dikatakan terjangkau. Sebagian besar partners maupun customer kami justru banyak yang mengganti panelnya, menambah maupun membuat sendiri aksesoris meja vise nya sendiri.

5. AnnYang asal Taiwan Taipei

Mesin bubut sangat penting karena telah digunakan sedini jenis peralatan mesin pengolah logam untuk memutar, mengebor, mengebor susunan lubang silinder. Tujuannya adalah untuk menghasilkan bagian mekanis yang berbeda untuk pembuatan dan perbaikan di area Manufaktur industri. Semua di atas, disebut sebagai Ibu dari semua Mesin teknik. Namun terkadang benda yang dikerjakan juga berukuran sangat besar. Oelh karena itu diperlukan kapasitas mesin yang besar pula.

Annn Yang diproduksi di Feng Zhou High Tech Industrial Park modern di kota Taichung, Taiwan. Sejak didirikan pada tahun 1990, Annn Yang memang spesialis bubut dan telah mengembangkan mesin bubut untuk pasar internasional, memproduksi mesin yang dibuat dengan presisi yang unik dalam desain dan fungsi. Melalui inovasi dan investasi agresif dalam banyak sumber daya mutakhir saat mengembangkan produk baru, Annn Yang terus-menerus membuat kemajuan dalam industri bubut.

Mesin bubut merek Annn Yang ini umumnya digunakan oleh pengusaha dan pengguna cnc dengan tingkat presisi medium untuk mengerjakan benda yang berukuran besar. Menurut kami mesin ini lebih baik digunakan pada bengkel Bubut yang mengerjakan proyek komponen barang perkakas tambang. Tapi semuanya kami kembalikan kepada anda.

6. Bridgeport – Hardinge, merek asal USA diproduksi di PRC Tiongkok

Bagi kalangan teknisi maupun masinis senior mesin bubut merek BRIDGEPORT ini mungkin cinta pertama. Mesin bubut manual Bridgeport tipe rigid klasik buatan amerika serikat memang sudah langka, namun bversi moderen telah tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran selama bertahun-tahun, Merek Bridgeport memang sekarang sudah dimiliki Hardinge Brothers dengan pusat manufaktur di Shanghai Cina dan Taiwan.

Hardinge Inc. dikenal sebagai penyedia internasional terkemuka untuk solusi pemotongan logam canggih. Menyediakan spektrum lengkap mesin bubut, penggilingan, dan penggilingan CNC yang sangat andal. Setiap unit mesin juga tersedia aksesori perkakas dan perkakas mesin berteknologi canggih. Mesin bubut CNC multi-tugas Hardinge® Talent® Series dirancang untuk bekerja dengan sejumlah jenis sistem workholding yang berbeda yang menyediakan fungsionalitas dan akurasi tingkat tinggi untuk secara dramatis meningkatkan kemampuan manufaktur Anda. Mesin ini dibuat dengan kokoh dan menawarkan kombinasi yang luar biasa dari Desain utama dan sub-spindle collet-ready yang unik meningkatkan akurasi bagian dan meningkatkan permukaan akhir.Dengan spesifikasi dan fitur standar yang sering ditemukan hanya pada peralatan mesin dengan harga yang jauh lebih tinggi, mesin Hardinge Talent® Series adalah tambahan yang luar biasa untuk fasilitas permesinan mana pun yang mencari tingkat yang lebih tinggi produktivitas.

Kalau kita lihat dari spek sparepart, komponen aftermarket Bridgeport rata-ata bisa pakai dari merek OEM maupun KW yang banyak bertebaran. Merek ini masih kita anggap cukup sesuai untuk mesin milling manual daripada merek baru asal Cina yang bobotnya lebih ringan dan kurang solid dari sisi desain. Pelanggan kita di Metalextra juga banyak yang memodifikasi mesin bubut konvensional menjadi semi-CNC dengan bantuan komponen DRO, NC variasi, dengan motor listrik servo pada meja atau bahkan dengan bor tangan untuk mengatur ketinggian meja.

7. AMADA asal Jepang

AMADA, didirikan pada tahun 1946 di Jepang, adalah produsen alat mesin terkenal di dunia dan perusahaan multinasional besar yang mengkhususkan diri dalam mesin pengolah lembaran logam seperti mesin meninju CNC, mesin bending, mesin lathe, mesin pemotong laser, dll. Di Indonesia, merek mesin AMADA lebih dikenal sebagai mesin gergaji bandsaw dan circular saw maupun mesin EDM dan mesin plasma cutter. Mesin AMADA umumnya berbentuk kompak dengan motor listrik variable speed 3-fase.

Dalam hal skala pasar, struktur produk, kinerja teknis produk dan sistem manajemen yang komprehensif, Amada secara bertahap membentuk grup perusahaan terdaftar yang mengintegrasikan pengembangan produk, desain, manufaktur, pendidikan, pelatihan dan layanan purna jual dan memiliki jaringan pemasaran. Amada memiliki 83 cabang di semua benua di dunia dan produknya dijual ke lebih dari 100 negara dan wilayah di seluruh dunia. Mesin AMADA disukai oleh pengguna di seluruh dunia karena memiliki struktur mekanik yang rasional.

8. MAKINO asal Jepang

MAKINO merupakan mesin andalan yang bekasnya banyak sekali dipakai  di seluruh Indonesia. Mesin Bubut Makino dapat tersedia dalam pilihan desain 4 sumbu dan 5 sumbu. Dikenal karena struktur framenya yang kaku dan ruang dalam kap mesin yang luas seta mudah dibersihkan. Makino ini dihargai karena desain yang ergonomis untuk postur badan orang Indonesia dan kekuatan optimalnya. Sistem ini mempertahankan tingkat presisi tinggi dengan menggunakan unit pengontrol suhu aktif yang terintegrasi. Makino ini mayoritas bertenaga listrik 3-fase dengan desain jalur sekring fuse yang lumayan banyak.

Tsunezo Makino mendirikan perusahaan pada tahun 1937, mengkhususkan diri dalam produksi mesin penggilingan vertikal Tipe 1. Makino mengembangkan mesin penggilingan CNC pada tahun 1958 dan pusat permesinan Jepang pada tahun 1966. Pada tahun 1978, perusahaan mengakuisisi kepentingan timbal balik di Heidenreich & Harbeck Werkzeugmaschinefabrik, Jerman, dan memperkenalkan peralatan mesin Makino yang diproduksi secara lokal ke pasar Eropa.

Pada tahun 1981, perusahaan mengakuisisi LeBLond Machine Tools, Inc. dari AS dan mengubah namanya menjadi LeBLond Makino Machine Tools, Inc. dan dengan cepat meluncurkan peralatan mesin yang diproduksi secara lokal ke pasar, mewujudkan lokalisasi produksi dan penjualan. Pada tahun 1980, Makino mengembangkan mesin CNC EDM dan sistem mesin die dan cetakan otomatis komersial DMS, dan meluncurkannya ke pasar.

9. Mitsubishi Electric asal Jepang

Dalam hal membubut, memotong, dan menggiling logam, CNC Mitsubishi Electric memiliki kemampuan canggih untuk memutar benda kerja dari semua ukuran. Mitsubishi juga menawarkan teknologi bubut CNC dengan mesin Seri M80 sangat ideal untuk sistem bubut. Ukurannya yang ringkas membutuhkan lebih sedikit kabel namun memberikan keserbagunaan yang lebih besar. Mendukung kontrol alat mesin multi-sumbu, dan jumlah sumbu kontrol telah ditingkatkan: hingga 9 sumbu NC, 4 sumbu spindel, dan 6 sumbu PLC. Seri M80 hadir dengan NAVI LATHE. Sistem pemrograman sederhana ini memungkinkan Anda membuat program dengan mudah untuk setiap proses. Cukup pilih proses pemesinan dan input data pada layar NAVI BATHE. Baik Anda perlu memutar, menyalin, membuat alur, atau utas, yang mudah- antarmuka to-read dengan jelas menampilkan jalur pahat atau bentuk pemesinan yang Anda inginkan.

Mitsubishi Electric memberikan solusi lengkap untuk sistem permesinan Anda. Sebagai inovator CNC, PLC, unit penggerak, dan motor, melalui Metalextra, kami menangani aplikasi yang paling menuntut sambil menurunkan biaya pengoperasian. Teknologi canggih kami ditambah dengan dukungan industri terkemuka menjadikan kami satu-satunya mitra yang dapat memenuhi semua kebutuhan alat mesin Anda.

10. Krisbow, merek asal Indonesia dengan produksi asal PRC Tiongkok

Mesin bubut ini dari sisi harga tentu yang paling terbaik apalagi dari sisi harga beli baru. Mesin yang dilabel ulang oleh krisbow ini luar biasa berani menawarkan produk mesin Bubut atau mesin Lathe. Sering sekali kami saksikan digunakan oleh pengusaha dan pengguna cnc pemula. Menurut kami mesin ini lebih baik digunakan sebagai bahan percontohan di lab teknik kampus yang jarang digunakan daripada di bengkel workshop yang sibuk rutinitas proyek maraton dan ruangan terbatas. Tapi semuanya kami kembalikan kepada anda. Menurut kami, Anda tidak akan bisa menemukan mesin Bubut atau mesin Lathe baru di Indonesia dengan spesifikasi yang sama dan seharga dengan krisbow.

SESUAIKAN MESIN BUBUT DENGAN KETERAMPILAN OPERATOR, BIDANG KERJA DAN BUDGET!

Proses memilih mesin bubut memang tidaklah mudah. Anda harus mengenali masalah apa yang akan diselsesaikan oleh mesin tersebut. Sebagai pengusaha bubut ataupun purchasing, anda juga perlu mengidentifikasi masalah kebutuhan teknis produksi, besarnya pendanaan dan melihat kenyataan kebutuhan operator bubut saat ini, apakah cukup ekonomis? atau berbeda dari yang mereka inginkan. Apakah masalah ini bisa diselesaikan denga mesin bubut baru atau bekas?, Selain itu, mesin bubut juga memiliki beberapa fungsi lain yaitu untuk membuat lubang (drilling), membuat profil berbentuk kotak  pada permukaan benda kerja (knurling), pengurangan panjang (facing), pengurangan diameter (turning), penirusan (tapering), penguliran (threading), memperbesar lubang (boring), dan lain-lain.

Potensi usaha bengkel Milling Indonesia masih sangat luas. Mulai dari proyek infrastruktur pemerintah hingga kalangan industri lokal dan internasional membutuhkan subkontraktor handal berkualitas pengrajin Takumi. Namun, setiap unit mesin milling belum tentu memilki komponen dan penamaan part yang sama, terkadang yang bermerek sama pun belum tentu cocok. Teknologi mesin milling sedunia amat berbeda dari mesin bubut yang sudah sangat teratur standardnya. Mesin bubut sedunia sudah diwajibkan untuk tunduk pada standar ISO, sehingga mata pisau maupun part yang mirip walaupun berbeda merek tetap bisa cocok berdimensi yang nyaris sama.

KESIMPULAN

Selain merek diatas, masih banyak merek ternama lain seperti FANUC dari Jepang, DOOSAN dari Korea Selatan, TAKISAWA Jepang, HAAS dari Amerika Serikat dan lainnya. Namun, bagi orang Indonesia kalau mau beli mesin biasanya mikirin harga jual kembalinya. Ada banyak sekali ragam merek mesin industri dipasaran Indonesia. Pasti ada mesin Bubut atau mesin Lathe dan mesin kerja lain yang cocok dengan usaha anda, entah dalam pengolahan material kayu maupun material logam dan plastik. Jika Anda berminat untuk membeli perkakas bubut ataupun beragam cutting tool dan aksesoris mesin lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 13, 2020 @ 12:10 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: