FLUKE kenapa harganya lebih mahal?

Selain keahlian dari teknisi dalam mengecek, faktor kehandalan merek alat kerjanya juga mempengaruhi tingkat keyakinan dari setiap pengecekan. Artikel ini akan membahas secara ringkas mengapa harga dari alat uji dan alat ukur bermerek Fluke lebih mahal dipasaran.

TENTANG FLUKE CORPORATION

Fluke Corporation memproduksi peralatan pengujian, pengukuran, dan diagnostik industri, termasuk peralatan pengujian elektronik. Fluke dimulai pada tahun 1948 oleh John Fluke ketika dia masih menjadi karyawan biasa di General Electric. Pada tahun 1987, Fluke bermitra dengan produsen elektronik asal Belanda yaitu Philips. Bersama Philips, perusahaan Fluke juga turut mengembangkan scopemeter, instrumen yang menggabungkan fitur osiloskop dan multimeter. Fluke kemudian membeli divisi pengujian dan pengukuran Philips pada tahun 1993 seharga $41,8 juta. Seri instrumen pengukuran Philips PM lalu diganti namanya menjadi Fluke. Saat ini Fluke merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Fortive Corporation (NYSE: FTV) dan berkantor pusat di Everett, Washington, USA.

KENAPA MULTIMETER FLUKE HARGANYA MAHAL?

Multimeter Fluke dianggap sebagai multimeter kelas atas yang dirancang untuk penggunaan profesional. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap tingginya biaya:

  1. Kualitas dari alat uji dan alat ukur dari Fluke:
    Multimeter Fluke terkenal dengan kualitas dan akurasinya. Fluke memang untuk pengguna dan teknisi profesional, jika Anda melihat spesifikasinya lebih akurat dan pada suhu yang lebih luas. Peralatan ukur dan pengecekan dari Fluke dibuat menggunakan komponen berkualitas tinggi dan dibuat agar tahan lama, yang tercermin dari harganya. Fluke menggunakan sekering yang tepat, badan keramik dengan pengisi untuk mencegah busur api karena memiliki kawat yang cukup tebal untuk menahan pembacaan arus maksimum untuk waktu pengenal. Isolasi jenis dan ketebalan untuk menahan tegangan pengenal penuh. Casing dengan ujung yang saling mengunci sehingga Fluke sangat cocok untuk arus tegangan tinggi, sirkuit kelistrikan AC yang berenergi tinggi.

  2. Fitur dari alat uji dan alat ukur dari Fluke:
    Multimeter Fluke hadir dengan serangkaian fitur yang menjadikannya serbaguna dan cocok untuk berbagai aplikasi. Fluke umumnya ditawarkan dengan set unit dilengkapi dengan fungsi lanjutan seperti pengukuran frekuensi, pengukuran kapasitansi, dan pengukuran suhu, yang menambah biayanya. Jika Anda membandingkan dengan merek lain maka ada kemungkinan 70% merek lain tersebut di-kalibrasi dengan kalibrator dari Fluke.

  3. Daya ketahanan dari alat uji dan alat ukur dari Fluke:
    Multimeter Fluke dirancang untuk bertahan di lingkungan yang keras dan dibuat agar kokoh dan tahan lama. Jika Anda melihat ke dalam, Fluke akan dibuat dengan komponen yang lebih stabil yang menjaga akurasi lebih tinggi lebih lama. Itu sebabnya harganya bisa 10 kali lebih mahal dari merek yang ada di toko listrik retail. Fluke menawarkan alat ukur seperti multimeter dengan sertifikasi yang memastikan tingkat ketahanan dan parameter yang presisi. Fluke sering digunakan oleh teknisi industri karena merek peralatan Fluke akan terkena debu, kelembaban, dan suhu ekstrim, dan dibangun untuk menahan kondisi tersebut. Selalu ada resiko jika anda menggunakan alat ukur kelistrikan yang murah. Dari resiko meteran yang bisa meledak ditangan atau terlepas casingnya, alat ukur kelistrikan tanpa rating dan sertifikasi parameter yang jujur bisa saja beresiko kecelakaan kerja.

  4. Reputasi dan kehandalan dari merek Fluke:
    Fluke memang merek terkenal di industri multimeter, dan produk mereka dikaitkan dengan kualitas dan keandalan. Pengukur murah sangat cocok untuk digunakan di 90% aplikasi penggunaan rumah. Fluke kelas atas mungkin diperlukan jika Anda bekerja di lab atau lingkungan lain yang mengutamakan akurasi. Reputasi ini menambah nilai mereka dan berkontribusi pada biaya yang lebih tinggi. Bukannya tidak ada merek lain yang setara atau lebih bagus, tetapi Fluke benar-benar membuat meteran yang baik, diuji oleh para profesional setiap unitnya. Jika Anda menjalankan bisnis, dalam jangka panjang lebih aman dan lebih murah untuk membeli apa yang Anda tahu akan aman dan berhasil.

  5. Jaminan kualitas kerja didepan pelanggan anda:
    Jika Anda dalam bisnis teknis sebagai teknisi listrik atau teknisi, menurut pendapat kami merek Fluke merupakan alat uji dan peralatan ukur kelistrikan yang tepat. Alat uji Fluke sangat tahan lama, akurat, andal, dan akan bertahan lama. Alat ukur Fluke yang populer seperti Fluke cable tester dan multimeter menawarkan akurasi yang penting jika Anda membutuhkan peralatan berkualitas. Pelanggan bisa dengan mudah melihat dan menebak jika perusahaan atau bisnis anda menggunakan alat uji yang mereknya belum dikenal maka prestise usaha anda mungkin bisa terpengaruh.

KESIMPULAN

Meskipun multimeter Fluke lebih mahal daripada merek lain, merek FLUKE menawarkan beberapa keunggulan, seperti akurasi yang lebih tinggi, fitur lebih lengkap, dan daya tahan. Untuk profesional yang membutuhkan pengukuran yang akurat dan andal, berinvestasi pada multimeter berkualitas tinggi seperti Fluke mungkin sebanding dengan biayanya. Namun perlu diingat bahwa sebaik dan semahal apapun merek alat kerjanya, kualitas pengerjaan tentu juga ditentukan oleh penerapan teknik pengujian kelistrikan yang baik. Rutinitas ukur yang konsisten juga sangat bergantung pada pelatihan, pengalaman, dan integritas personel pengujinya.

Jika Anda berminat untuk membeli alat uji inspeksi NDT ataupun beragam alat ukur kelistrikan ringan lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Tinggalkan Balasan