Bandsaw Blades: cara membuat penggergajian yang rapih dan presisi.

Mesin gergaji Bandsaw memungkinkan proses penggergajian untuk proses pemotongan lebih efektif sedangakan kualitas pemotongan yang presisi dan ekonomis lebih tergantung pada kualitas pisau gergaji bandsaw blade maupun paramater teknis penggergajian. Artikel ini ditujukan bagi anda yang ingin mendapatkan workability terbaik dari bandsaw Anda.

BAGAIMANA TIPSNYA AGAR PENGGERGAJIAN BISA DILAKUKAN DENGAN RAPI?

Di bawah ini merupakan beberapa tip dan trik tentang pemilihan blade, penyiapan, dan perawatan yang memungkinkan Anda mendapatkan potongan yang mulus setiap saat;

1. Gunakan bilah gergaji pita seluas mungkin untuk tugas yang sedang dikerjakan.

Bilah yang lebih lebar memungkinkan Anda membuat potongan yang lebih lurus dan mengumpan benda kerja lebih cepat tanpa merusak bilah. Jika Anda melakukan penggergajian kontur (seperti membuat mangkuk kosong), Anda sebaiknya menggunakan mata pisau yang cukup sempit untuk memotong radius yang diinginkan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, dengan mata pisau 5/8” (16 mm), blanko mangkuk terkecil yang dapat Anda potong akan berdiameter 8” (204 mm).

2. Gunakan mata pisau dengan gigi lebih banyak untuk menghasilkan potongan yang lebih bersih.

Gunakan bilah dengan gigi lebih banyak untuk menghasilkan potongan yang lebih bersih dan bilah dengan gigi lebih sedikit untuk pemotongan yang lebih cepat.

3. Pastikan bilah gergaji pita diregangkan dengan kencang sebelum digunakan.

Mata pisau yang rapat memungkinkan Anda membuat potongan lurus dan seragam secara konsisten.

4. Lepas ketegangan pada bandsaw blade saat tidak digunakan.

Sebagian besar panduan pengoperasian gergaji pita merekomendasikan untuk mengendurkan ketegangan mata pisau di penghujung hari. Ini membantu memperpanjang umur roda gergaji, ban, dan bantalan. Untuk alasan ini, banyak bandsaw dilengkapi dengan tuas penegang mata pisau “lepas cepat”. Secara pribadi, setelah melepaskan ketegangan, saya menempatkan klip Carabiner di sekitar mata gergaji. Ini merupakan pengingat saya bahwa saya perlu mengencangkan mata pisau sebelum menyalakan gergaji.  

5. Memiliki jarak bebas minimal antara benda kerja dan bantalan pemandu.

Turunkan “Pos Pemandu” sehingga rakitan mata pisau tidak lebih dari 3/16” (5 mm) di atas benda kerja. Selain keselamatan operator, jarak bebas yang minimal ini juga menghasilkan pemotongan yang lebih lurus karena blade lebih sedikit membelok.

6. Jangan khawatir membeli mata pisau untuk mesin gergaji pita yang lebih tua.

Saat ini ada banyak perusahaan yang membuat dan merekondisi mesin gergaji pita khusus. Mereka memungkinkan Anda untuk menentukan panjang yang tepat (hingga sepersekian inci), lebar bilah, ketebalan, dan gigi per inci. Jadi jika membeli mesin gergaji pita bekas, ketahuilah bahwa Anda bisa saja memesan mata pisau untuk gergaji pita bekas asalakan anda mengetaui ukuran yang sesuai dengan galur lebar dari bilah roda dan unit galur penekan pisau gergajinya.

7. Pelajari Cara Melipat atau Menggulung Pisau Bandsaw

Pelajari cara melipat atau menggulung pisau bandsaw menjadi 3 atau 5 loop (cincin).

8. Ketahui keunggulan berbagai mata gergaji pita.

Beberapa gaya yang lebih umum dari bilah gergaji pita merupakan bilah “gigi biasa”, “gigi lompat”, dan “gigi pengait”. Sudut penggaruk yang ditunjukkan di bawah ini merupakan sudut permukaan pemotongan relatif terhadap benda kerja. Bilah gigi biasa biasanya memiliki gigi dengan jarak yang sama dan sudut rake 0 derajat. Bilah gigi lewati juga biasanya memiliki sudut rake 0 derajat; namun, gigi lainnya hilang. Kerongkongan yang lebih besar di antara gigi ini membuat bilah ini lebih agresif daripada bilah gigi biasa – menghasilkan hasil akhir yang sedikit lebih kasar. Bilah gigi pengait seringkali memiliki sudut rake positif 10 derajat yang menghasilkan aksi pemotongan yang sangat agresif.

KESIMPULAN

Banyak orang menganggap mesin gergaji bandsaw merupakan sebagai salah satu mesin yang paling diandalkan dalam rutinitas kerja. Pedagang material biasanya menggunakan gergaji pita untuk memotong bentuk melengkung atau tidak beraturan atau untuk menggergaji ulang material logam seperti solid bar, nbeam maupun pipa sesuai kebutuhan pelanggan. Mengetahui cara mengatur gergaji pita Anda dan memilih mata pisau terbaik akan membantu memastikan Anda membuat potongan yang mulus dan bersih.

Tim kami yang membantu dapat membantu Anda menemukan mata pisau gergaji bandsaw dan mesin bandsaw terbaik untuk anggaran Anda dan bahan yang Anda potong, termasuk logam seperti baja dan aluminium, atau plastik dan kayu. Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya silahkan hubungi kami melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada9 Januari 2020 @ 11:09 PM

Tinggalkan Balasan