Blister pack itu apa?

Packaging merupakan salah satu sektor industri terbesar di dunia senilai lebih dari $ 280 miliar lebih. Industri ini juga terus berkembang setiap tahunnya. Produk perawatan kesehatan konsumen saja mewakili 4% ($ 11,2 miliar) dari total industri pengemasan global. Manufaktur alat kesehatan medis dan obat abad ke-21, menghadapi sejumlah tantangan itu dan desain kemasan yang bagus tentu dapat membantu mereka untuk menyimpan, transportasi dan menjual produk tersebut keseluruh penjuru dunia..Dalam artikel kali ini kita bahas lebih sederhana tentang proses produksi dan penggunaan blister tersebut.

KEMASAN BLISTER ITU APA?

Dalam disiplin ilmu pengemasan dan packaging produk, tentu anda cukup akrab melihat kemasan obat berupa pill dan tablet yang disimpan dalam kemasan plastik tersegel yang berupa blister. Kemasan blister biasanya digunakan sebagai kemasan dosis unit untuk tablet, kapsul, atau sekedar permen pelega tenggorokan dan produk makanan lain. Paket kemasan blister dapat memberikan perlindungan penghalang untuk persyaratan umur simpan yang lebih lama, dan tingkat ketahanan terhadap kerusakan.

KEMASAN BLISTER FARMASI

Di negeri dengan konsumen obat farmasi tinggi seperti Amerika Serikat dan Eropa, konsumen obat banyak yang tinggal membawa kotak cartridge isi ulang pil/kapsul obat untuk diisi di apotek dan dispenser obat. Namun, hampir seluruh penjuru dunia, kemasan blister terutama digunakan untuk mengemas sampel produk obat dari dokter atau untuk produk yang dijual bebas (OTC) di apotek. Di belahan dunia lain, kemasan blister adalah jenis kemasan utama karena dispensing dan pengemasan ulang farmasi tidak umum. Serangkaian rongga blister kadang-kadang disebut blister card atau blister strip serta blister pack dan umumnya mengacu kepada kemasan obat pil dan tablet sekali pakai.

Kemasan blister untuk keperluan pengemasan obat memang berguna untuk melindungi produk dari faktor eksternal, seperti kelembapan dan kontaminasi untuk waktu yang lama. Blister yang bertipe buram juga melindungi produk yang sensitif terhadap cahaya dari sinar UV.

KEMASAN BLISTER ALAT MEDIS

Lembaran kemasan blister medis berbeda dari kemasan blister farmasi yang biasa digunakan untuk obat karena ini bukan tipe yang mudah robek segelnya dengan mendorong atau memencet bagian depan yang berupa plastik. Jaringan dasar thermoformed dibuat dari lembaran plastik yang lebih tebal, umumnya antara 500 dan 1000 µg dan tidak dapat diruntuhkan dengan mudah, sehingga membentuk nampan yang kokoh. Film penutup menyediakan fitur kulit terbuka dan umumnya berpori untuk memungkinkan sterilisasi (seperti bahan Tyvek medis Dupont). Paket blister medis semacam itu digunakan untuk perangkat medis steril seperti peralatan suntik, perkakas bedah sekali pakai dan alat medis lainnya yang digunakan di rumah sakit.

KEMASAN BLISTER NON-MEDIS

Jenis kemasan blister lainnya terdiri dari kemasan berbentuk kartu dimana barang-barang seperti mainan, perangkat keras, dan barang-barang elektronik ditampung di antara bungkus karton yang dibuat khusus agar bisa dirobek dan plastik bening yang sudah dibentuk sebelumnya seperti PVC. Konsumen dapat memeriksa produk secara visual melalui plastik transparan.

Variasi kemasan packaging blister untuk non-medis tidak terlalu membutuhkan sterilitas dan syarat yang tinggi. Cangkang plastik dibentuk secara vakum di sekitar cetakan sehingga dapat menampung barang dengan pas. Kartu tersebut diwarnai dan dirancang tergantung pada item di dalamnya, dan PVC ditempelkan pada kartu menggunakan panas dan tekanan untuk mengaktifkan perekat (lapisan segel panas) pada kartu blister. Perekatnya cukup kuat sehingga kemasan dapat menggantung di pasak, tetapi cukup lemah sehingga kemasan dapat dengan mudah dibuka (secara teori). Terkadang, dengan barang besar, kartu (kartu segel dingin) memiliki jendela berlubang untuk akses.

Perbedaan antara paket strip dan kemasan blister adalah bahwa paket strip tidak memiliki rongga yang dibentuk secara termo atau dingin; paket strip dibentuk di sekitar tablet pada saat itu dijatuhkan ke area penyegelan di antara cetakan penyegelan.

Hampir diseluruh dunia, kemasan blister farmasi dikenal sebagai kemasan push-through (PTP), deskripsi yang akurat tentang dua sifat utama (i) foil penutupnya rapuh, sehingga memungkinkan untuk menekan produk keluar saat memecahkan penutupnya. foil dan (ii) rongga berbentuk semi-kaku yang cukup dapat dilipat untuk dapat mengeluarkan tablet atau kapsul dengan cara menekannya dengan ibu jari. Memecahkan foil penutup dengan kuku untuk tablet yang sesuai akan mempermudah pengepresan.

Kemasan Blistering pada produk pena tulis. Beragam produk sehari-hari non-medis juga banyak yang menggunakan kemasan ini.

KEUNGGULAN KEMASAN BLISTER

Kemasan blister dibuat melalui proses tersegel dan isi di perusahaan farmasi atau pengemas kontrak yang ditunjuk. Proses form-fill-seal artinya kemasan blister dibuat dari gulungan lembaran datar atau film, diisi dengan produk farmasi dan ditutup (disegel) pada peralatan yang sama. Peralatan semacam itu disebut blisterline. Ada dua jenis desain mesin blister: pelat putar dan pelat datar, tergantung pada mekanisme penyegelan foil penutup. Secara umum keunggulan kemasan Blister bisa disimpulkan sebagai berikut;

1. Jaminan kualitas dan daya tahan produk

Keuntungan utama kemasan blister dosis unit dibandingkan metode pengemasan produk farmasi lainnya adalah jaminan integritas produk / kemasan (termasuk masa simpan) dari setiap dosis dan kemampuan untuk membuat paket kepatuhan atau paket kalender dengan mencetak hari seminggu di atas setiap dosis.

2. Penghematan biaya sekali pakai yang praktis

Kemasan blister adalah cara hemat biaya untuk menampilkan produk. Karena sifat bahan dan desainnya, ini membuatnya lebih hemat biaya daripada jenis paket lain yang ada di pasaran. Ada beberapa jenis kemasan blister – Face Seal, Trap, Mock, Slide, dan Interactive. Masing-masing memiliki kualitas dan poin harga yang unik, dari level awal hingga kelas atas.

3. Ruang iklan dan meletakkan merek

Ada berbagai macam warna dan hasil akhir yang dapat dibuat oleh kemasan blister. Produsen dapat menggunakannya untuk membantu membuat produk mereka menonjol di rak. Kemasan blister memungkinkan pabrikan atau pengecer untuk memasukkan materi promosi atau iklan untuk membantu membangun merek dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Tampilan produk transparan memudahkan pengawasan

Kemasan blister membantu pembeli melihat produk, yang selanjutnya membantu dalam keputusan pembelian mereka. Lebih dari separuh pembeli percaya bahwa penting untuk melihat produk melalui kemasannya. [Rujukan?]

5. Kemasan pencegah kerusakan dan pemalsuan atau pencurian

Untuk mencegah pemalsuan, manipulais dan pencurian eceran, kemasan dirancang secara khusus sehingga pelanggan tidak dapat “menyentuh dan merasakan” produk. Kemasan plastik thermoformed yang jelas, protektif, dan tahan lama memungkinkan pelanggan untuk melihat produk sepenuhnya sambil menjaga keamanan produk. Kemasan blister dapat dengan mudah disegel menggunakan mesin penyegel panas.

6. Persyaratan standar kualitas dan Bukti kerusakan

Industri farmasi dan alat kesehatan di Indonesia tentu menginginkan agar produknya bisa tembus kepasaran Amerika Serikat dan kompetitif. Paket bukti kerusakan, menurut peraturan lembaga pengawas pangan pemerintah Amerika Serikat Food and Drug Administration (21 CFR § 211.132), “adalah paket yang memiliki satu atau lebih indikator atau hambatan untuk masuk yang, jika dilanggar atau hilang, secara wajar dapat diharapkan untuk memberikan bukti yang terlihat kepada konsumen yang telah terjadi perusakan.

“Selain itu, indikator atau penghalang harus “berbeda menurut desain”, yang berarti fitur tahan kerusakan dirancang dari bahan yang tidak tersedia untuk umum. Oleh karena itu, tidak dapat dengan mudah diduplikasi. Pelabelan juga harus menyertakan deskripsi fitur keselamatan. Untuk kemasan blister, setiap tablet atau kapsul disegel satu per satu, sehingga segala bentuk gangguan langsung terlihat. Label produk perlu menyertakan pernyataan yang mirip dengan berikut ini: “Jangan gunakan jika lepuh terpotong atau pecah.”

KESIMPULAN

Satu dekade yang lalu kemasan sering kali merupakan dipandang hanya sebagai langkah terakhir di bidang manufaktur. Tetapi sekarang perusahaan harus pertimbangkan pengemasan lebih awal selama proses pengembangan. Kemasan farmasi dengan cepat menjadi penting bagian dari sistem pengiriman obat juga sebagai elemen inti dari bauran pemasaran, di mana produsen dapat membedakan produk mereka dari produk pesaing mereka.

Di Metalextra, tim kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop dan di laboratorium Anda. Rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

iopp.org/i4a/pages/Index.cfm?pageID=1

pharmanet.com.br/pdf/blister.pdf

nytimes.com/2008/11/15/technology/internet/15packaging

Tim Kreatif Metalextra.com, tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Maret 21, 2020 @ 9:00 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!