Mesin gergaji Bandsaw aplikasinya apa saja?

Mesin gergaji Bandsaw merupakan alat kerja potong yang sangat serbaguna dan penting dalam berbagai industri. Anda mungkin membutuhkan gergaji Mesin Bandsaw serbaguna dan penting dalam berbagai industri. Di artikel kali ini kita membahas secara lengkap aplikasi penggunaan mesin gergaji band saw di industri manufaktur maupun industri terkait.

MESIN GERGAJI PITA BANDSAW ITU APA?

Mesin gergaji Band saw merupakan pilihan yang sangat baik dalam banyak aplikasi karena memberikan pemotongan yang lebih presisi, kapasitas pemotongan yang lebih besar, dan keamanan yang lebih baik. Secara umum, dipasaran ada 2 tipe bandsaw yang bisa dibeli berdasarkan fungsi, yaitu; mesin gergaji bandsaw stasioner dan mesin gergaji bandsaw portable. Dari dua kategori ini tentu desain, jenis material yang digunakan  dan harganya tentu berbeda. Mesin gergaji Bandsaw (juga tertulis gergaji pita atau bensaw) menggunakan motor listrik dengan bilah pisau yang panjang mirip seperti sabuk belt. Mata gergaji bandsaw tajam itu memiliki gigi pita tersambung yang dilas mirip seperti belting mesin dari logam.

MESIN GERGAJI BANDSAW APLIKASINYA APA SAJA?

Mesin Bandsaw memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai industri yang bergantung pada pemotongan bahan dengan presisi tinggi. Industri-industri berikut ini adalah beberapa contoh di mana mesin Bandsaw sangat dibutuhkan dan digunakan:

  1. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Logam:
    Dalam industri logam, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong profil logam, pipa, atau balok dengan presisi yang tinggi. Ini membantu dalam pembuatan produk logam seperti rangka, struktur bangunan, atau komponen mesin. 

  2. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri pengolahan Kayu:
    Dalam industri kayu, mesin Bandsaw menjadi alat utama untuk memotong papan kayu, balok, atau bahan kayu lainnya. Mesin ini membantu dalam pembuatan perabot, konstruksi kayu, atau produk furnitur yang presisi.

  3. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Pembuatan Peralatan:
    Dalam industri pembuatan peralatan atau toolmaking, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong komponen yang diperlukan untuk alat-alat seperti pisau, gigi, atau benda-benda logam lainnya. Presisi pemotongan yang diberikan oleh mesin ini penting untuk memastikan keandalan dan kinerja peralatan.

  4. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Otomotif:
    Dalam industri otomotif, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong berbagai komponen otomotif seperti balok logam, pipa, atau plat yang digunakan dalam pembuatan mobil, truk, atau motor. Kemampuan mesin ini dalam memberikan pemotongan yang akurat dan presisi memainkan peran penting dalam kualitas dan keamanan kendaraan.

  5. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Manufaktur Umum:
    Dalam berbagai industri manufaktur umum, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan seperti logam, plastik, atau bahan komposit. Ini membantu dalam pembuatan berbagai produk seperti komponen elektronik, peralatan rumah tangga, atau komponen industri lainnya.

  6. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Pengolahan Makanan:
    Dalam industri pengolahan makanan, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong daging, ikan, atau produk makanan lainnya dengan presisi tinggi. Mesin Bandsaw tipe Food Grade membantu dalam proses pemotongan dan pengolahan produk makanan dengan efisiensi dan konsistensi untuk produksi massal dalam memotong daging ternak dan bahan makanan yang keras dan berdimensi besar seperti Kayu sagu, Keju, batu es dan lainnya. Dari segi rangka tentu saja bandsaw Food Grade terbuat dari material Stainless Steel dan tidak memiliki fitur cairan pendingin berupa ember/kotak tempat air coolant. Gergaji untuk memotong daging juga tahan karat dengan fitur yang mudah dibersihkan. Mata pisau memiliki gigi halus dengan ujung yang diberi perlakuan panas, atau memiliki tepi pisau yang polos atau bergigi.

  7. Mesin gergaji pita yang digunakan dalam Industri Penerbangan dan Dirgantara:
    Dalam industri penerbangan dan dirgantara, mesin Bandsaw digunakan untuk memotong komponen logam yang digunakan dalam pembuatan pesawat terbang, roket, atau sistem luar angkasa. Presisi dan keandalan pemotongan yang diberikan oleh mesin ini krusial dalam mencapai standar keselamatan dan kualitas yang tinggi.

KESIMPULAN

Keunggulan mesin gergaji Bandsaw ini terletak dari mekanisme pemotongan yang akurat dan presisi. Umumnya fabrikasi di Indonesia membeli mesin gergaji pita semi otomatis yang sangat diminati karena mesin ini dirancang untuk memotong tanpa sudut berkat klem hidrolik namun pengendalian material dilakukan secara manual.

Tim kami yang membantu dapat membantu Anda menemukan mesin bandsaw terbaik untuk anggaran Anda dan bahan yang Anda potong, termasuk logam seperti baja dan aluminium, atau plastik dan kayu. Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya silahkan hubungi kami melalui email : sales@metalextra.com

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada9 Januari 2020 @ 11:09 PM

Tinggalkan Balasan