Gergaji Band Saw mana yang cocok dengan pekerjaan anda? 8 Tips memilih mesin bandsaw yang benar!

Mesin gergaji Bandsaw (juga tertulis gergaji pita atau bensaw) merupakan gergaji listrik dengan bilah pisau yang panjang mirip seperti sabuk belt. Mata gergaji bandsaw tajam itu memiliki gigi pita tersambung yang dilas mirip seperti belting mesin dari logam. Di artikel kali ini kita membahas secara ringkas tips sederhana dalam memilih mesin Bandsaw yang sesuai dengan keperluan kerja.

KARAKTER UMUM MESIN BANDSAW

Secara umum, dipasaran ada 2 tipe bandsaw yang bisa dibeli berdasarkan fungsi, yaitu; bandsaw material dan bandsaw Food grade. Dari kategori ini tentu desain, jenis material yang digunakan  dan harganya tentu berbeda. Mesin Bandsaw tipe Food Grade ditujukan untuk produksi massal dalam memotong daging ternak dan bahan makanan yang keras dan berdimensi besar seperti Kayu sagu, Keju, batu es dan lainnya. Dari segi rangka tentu saja bandsaw Food Grade terbuat dari material Stainless Steel dan tidak memiliki fitur cairan pendingin berupa ember/kotak tempat air coolant. Gergaji untuk memotong daging juga tahan karat dengan fitur yang mudah dibersihkan. Mata pisau memiliki gigi halus dengan ujung yang diberi perlakuan panas, atau memiliki tepi pisau yang polos atau bergigi.Jadi di artikel ini kita bahas bandsaw tipe industri manufaktur saja.

Dengan mata gergaji bergigi yang terbentang di antara dua roda atau lebih, mesin bandsaw industri memotong bahan material lebih presisi dan beragam. Di Indonesia, pada umumnya satuan yang digunakan dalam mengukur mata bandsaw blade maupun dimensi kapasitas potong mesin bandsaw adalah satuan imperial atau Inch.

Mesin Bandsaw vertikal disukai untuk memotong material tipis seperti pelat dan besi hollow atau tubes berukuran kecil dan presisi secara manual.

8 TIPS MEMILIH MESIN BANDSAW YANG BENAR!

Mesin Bandsaw sangatlah berbeda dengan Circular saw yang memilki sedikit sekali komponen yang bergerak. Mesin bandsaw horizontal maupun vertical kualitasnya sangatlah bervariasi. Tiap merek memiliki keunikan tersendiri. Gergaji bensaw jenis ini terutama digunakan dalam pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan berbagai bahan lain tergantung dari spesifikasi maupun jenis blade pisau gergajinya. Berikut tips yang bisa kami rangkum agar anda bisa membeli bandsaw yang sesuai:

  1. Material apa yang anda sering gergaji?

    Keuntungannya penggunaan bandsaw karena fungsinya yang memiliki aksi pemotongan yang seragam sebagai hasil dari beban gigi yang terdistribusi secara merata, dan kemampuan untuk memotong bentuk yang tidak beraturan atau melengkung seperti gergaji ukir. Jari-jari minimum kurva ditentukan oleh lebar pita dan garitannya. 

    Bandsaw blade sangat cocok untuk beragam material konstruksi

    Mesin Bandsaw jenis vertikal maupun horizontal dan tipe benchtop maupun column sangatlah baik untuk memotong pelat maupun besi baja konstruksi seperti besi T, H, L dan beragam profil pipa maupun tubes yang berongga. Tapi lagi-lagi itu semua juga tergantung dari jenis materialnya dan merek mesin motor bandsaw nya.

    Berdasarkan pengalaman kami, merek mesin bandsaw Made in China pada umumnya melebih-lebihkan spesifikasi, sedangkan merek made in Germany akan mengurang-ngurangi spesifikasi, dan biasanya merek Made in Japan lebih pas sesuai spesifikasi tertulis. Menarik bukan?

    Seiring dengan jenis dan ukuran bahan, end user fabrikasi juga harus mempertimbangkan pemotongan miring atau mitter cutting. Jika bahannya cukup kecil, gergaji yang ideal untuk memotong mitra adalah bundar karena ia dipasang dengan cepat dan mudah dan memberikan potongan yang jauh lebih bersih. Misalnya, pengaturan KKS 400 E untuk Mitter sudut kemiringan 0° hingga 45 ° memerlukan waktu sekian detik. Operator membuka kunci meja, memutarnya, dan mengunci kembali. Bahan dan mesin tetap sejalan sementara meja berputar.

    Beda material yang dipotong tentu saja berbeda jenis mata gergaji dan mesin bandsaw yang digunakan. Gergaji bandsaw horisontal lebih cocok untuk hampir 70% operasional pemotongan material logam, kayu maupun fiber dalam jumlah banyak.
  2. Pahami cara kerja & fungsi Gergaji Band Saw Logam VS Scroll Saw!

    Kesalahan terbesar yang dilakukan pelaku fabrikasi ketika memilih gergaji umumnya pasrah saja pada bagian keuangan/budgetting yang memilih mesin yang paling murah dengan kapasitas spesifikasi power yang nampaknya terbesar di kertas. Hal ini lumrah terjadi karena mempertimbangkan jenis material disetiap proyek yang pernah mereka potong dan kemudian membeli gergaji yang serbabisa untuk menangani semua jenis material kerjanya.

    Pisau band saw blade Bi-Metal HSS umumnya dipakai sebagai mata gergaji general purpose.

    Pada kenyataannya, seorang pengusaha maupun fabrikasi yang membutuhkan gergaji tersebut, harus fokus pada sebagian besar bagian material yang mereka paling sering potong 90%. Sisanya 10% merupakan budget untuk membeli mata gergaji blade bandsaw yang berkualitas tinggi maupun cairan coolant dengan kapasitas yang cukup. Biasanya untuk meyakinkan bagian keuangan, hal yang paling bisa dipelajari orang teknik adalah menentukan standar Cost per cut dan ratio break even investasi dari modal pembelian bandsaw.

    Bandsaw Blade bisa memotong semua materia, namun itu semua tergantung kapasitas mesin dan jenis pisau bladenya.

    Tergantung pada setiap pekerjaan penggergajian ini, umumnya yang dipilih adalah gergaji bandsaw atau gergaji pita dan gergaji scroll saw. Bagi banyak bengkel, pengaturan ideal adalah kombinasi mesin gergaji scroll saw kecil ukuran 16 inch dengan gergaji pita yang lebih besar.

    Gergaji scroll bisa memotong ukuran stok hingga 6 inci dan sudut potong yang rumit, sedangkan gergaji pita menangani hal-hal yang lebih besar. Sayangnya, tidak semua bengkel berpikir untuk membeli kedua jenis gergaji dan, oleh karena itu, menjadi bingung dalam membeli gergaji scroll saw atau gergaji bandsaw.

  3. Pilih yang solid dan rigid!

    Mesin Bandsaw yang solid akan memberikan lebih banyak fleksibilitas, memotong hampir semua material – aluminium satu menit dan selanjutnya Inconel. Gergaji bundar, di sisi lain, tidak dapat beralih antar bahan berbeda tipe karena spesifikasi mesin circular saw memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari bandsaw, sehingga dibutuhkan penyetelan tambahan.

    Anda juga perlu memahami kelemahan dan kewajiban dasar dalam merawat mesin bandsaw tersebut, misalnya: perlakuan membersihkan brush pisau gigi gergaji setiap hari, siklus pergantian coolant atau penambahan pompa dan selang coolant maupun modifikasi tambahan yang bisa dilakukan untuk menambah fungsi operasional mesin gergaji bansaw tersebut. 

    Berdasakan pengalaman kami, Bandsaw lebih banyak aksesoris yang bisa ditambah sendiri kemudian. Misalnya: ragumnya, meja conveyor untuk membantu feeder material, lampu dan killswitch mesin, penggarisnya atau laser ukuran garis, meteran sawing gauge dan multifungsi karena bisa memotong material berdimensi luas, dengan pemasangan nozel cairan oli coolant maupun dengan sistem air biasa. Namun dibutuhkan kecermatan dalam memilih mata pisau bladenya.

  4. Perhatikan kecocokan nilai ekonomis bandsaw vs circular saw

    Seringkali material tertentu lebih cocok untuk dipotong dengan circular saw karena hasil permukaan potong yang lebih mulus. Secara prinsip, tidak mungkin gergaji pita bandsaw dapat mencapai hasil finishing permukaan yang sama atau menyamai kecepatan gergaji circular saw bundar. Pisau bandsaw blade bisa beroperasi 12.000 hingga 20.000 sfm dan menghasilkan hasil akhir yang, dalam beberapa aplikasi, tidak memerlukan operasi sekunder.

    Pisau Bandsaw blade Material standar HSS juga sudah lebih dari cukup untuk memotong kayu solid maupun besi umumnya. Namun untuk material alumunium, maupun Fiber Reinforced Plastic atau fiberglass, anda membutuhkan pisau gergaji Cemented Carbide.

    Perhatikan pula spek dan tipe motor listrik serta rasio unit reduksi gigi yang kuat dirancang untuk mengurangi kecepatan blade tanpa mengurangi torsi. Mesin bandsaw Ini menciptakan beban chip yang tinggi per gigi dengan hasil potong konsistensi yang tinggi. Jika anda melihat perbandingan harga yang setaraf, mesin bandsaw sampai kapanpun tidak akan mampu bersaing dari sisi torsi dengan mesin gergaji serkel circular saw. Hal ini terjadi karena komponen gergaji serkel yang lebih sedikit dan lebih cocok dengan material yang membutuhkan torsi potong dan feed pemakanan tinggi. Namun dari sisi daya guna, mesin bandsaw lebih ekonomis untuk memotong beragam material.

    Ukuran bahan maksimum yang akan dipotong juga biasanya menentukan apakah anda lebih cocok untuk membeli gergaji pita atau gergaji bundar. Jika sebuah fabrikasi ingin memotong hingga 6 inchi, sebenarnya tidak ada perbedaan antara kedua jenis gergaji. Tetapi begitu ukuran material naik menjadi 10 in. Dan di atasnya, ada perbedaan harga yang sangat besar – sedemikian rupa sehingga jika dinilai dari harga blade mata pisau gergaji band-saw perusahaan dengan mudah menangani ukuran itu dan biaya 25% lebih sedikit dari circular saw.

  5. Kemudahan operasional & penggantian pisau blade gergaji!

    Kebanyakan bandaw memiliki dua roda yang berputar di bidang yang sama, salah satunya ditenagai, meskipun beberapa mungkin memiliki tiga atau empat untuk mendistribusikan beban. Bilah itu sendiri dapat datang dalam berbagai ukuran dan pitch gigi (gigi per inci, atau TPI), yang memungkinkan mesin menjadi sangat fleksibel dan mampu memotong berbagai macam bahan termasuk kayu, logam dan plastik.

    Penyetelan maupun penggantian mata pisau bandsaw terutama yang berukuran besar juga harus bisa dilakukan dengan hati-hati. Walaupun terlihat lentur, kecelakaan kerja bisa terjadi jika proses penyetelan dan penguncian tidak dilakukan dengan benar.

  6. Gunakan jenis Blade mata pisau untuk Gergaji Logam band saw yang sesuai:

    Mirip seperti cutting tools untuk mesin milling maupun bubut lathe, berikut jenis mata gergaji yang kami tawarkan:

  • Gigi standard dari Baja Padat dari material HSS (High Speed Steel)

  • Gigi Segmental dan bercoating cemented carbide maupun ceramic

  • Gigi gergaji yang dibracing/dilas dari material Tungsten Carbide Tipped

  • PCD Polycristaline Diamond, atau Polycrystalline Diamond Tipped Teeth memberikan masa pakai yang lebih lama 15X lebih lama dibandingkan dengan pisau carbide standar. Lebih sedikit aus dan debu gergaji dibandingkan dengan bilah gergaji ber-coating karbida standar.

Mesin bandsaw gergaji kayu tua
Mesin gergaji bansaw tua model horisontal ini difungsikan untuk membuat papan yang lurus dan seragam. Material berupa kayu batangan tinggal didorong feed masuk ke mata gergaji melalui konveyor yang ada.
  1. Sesuaikan dengan budget, cari kredit/hutangan bila perlu!

    Membeli mesin gergaji pita band saw merupakan investasi sekali seumur hidup!. Oleh sebab itu mesin yang bagus pasti memiliki harga jual kembali yang bagus pula. Toh, kemungkinan terburuk bilapun bengkel anda sepi proyek, anda masih bisa menerima jasa pemotongan material atau jadi pedagang material jika memiliki mesin bandsaw yang bagus. 

    Setiap merek dan tipe mesin gergaji pita band saw pasti memiliki poin kuat dan poin lemah mereka. Seperti pepatah Jawa, “Ono rupo, Ono rego” atau “ada rupa ada harga”, lebih cocok untuk menggambarkan tips sederhana dalam memilih mesin band saw.

    Sebenarnya teknologi Bandsaw hampir tidak ada berubah selama 40 tahun terakhir, yang bertambah umumnya hanya aksesoris tambahan seperti laser pointer untuk mempermudah garis bantu laser pemotongan dan meja otomasi untuk mempercepat pemindahan material yang akan dipotong. Selebihnya, prinsip mekaniknya setiap merek hampir sama, yang membedakan justru bahan material dan build quality. Masing-masing tipe band saw dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pemotongan. Baik mesin bandsaw maupun mesin serkel, keduanya dapat memotong bahan yang relatif tebal berdasarkan ukuran gergaji, soliditas rangka gergaji, ketersediaan sparepart dan pisau yang Anda gunakan.

    Jika anda membandingkan harga tiap merek mesin gergaji pita band saw yang diincar ternyata mirip atau justru nanggung, ada baiknya anda menunda pembelian atau mencari sumber kredit untuk memaksimalkan hasil kerja tersebut nantinya. Seringkali manufaktur yang murahan tersebut memiliki komponen yang rentan rusak seperti dinamo armature terbakar, hidrolik maupun selang pneumatis yang bocor maupun aksesoris chuck yang sulit dan susah untuk diperbaiki. 

  2. Jauhi merek Abal-abal dan tiruan!

    Aplikasi pemasangan dan pengoperasian speed dan feed blade gergaji bandsaw yang tidak tepat dapat membuat mata gergaji tersebut patah maupun jamming lengket di material. Hal ini sangatlah wajar terjadi. Namun, beberapa merek bandsaw blade (terutama tiruan) justru berbahaya digunakan. Serpihan dari gigi gergaji maupun material backingnya sangat rapuh serta bersiko menciderai operator, terutama dalam proses penggergajian logam industri seperti material tool steel maupun rebar dan material plastik.

Gergaji bandsaw yang sudah dibracing dengan material Solid Carbide TCT

KESIMPULAN

Efisiensi dan baliknya modal investasi pada dasarnya bermuara pada cara Anda menggunakan mesin gergaji tersebut. Mesin gergaji pita band saw lebih baik untuk membuat potongan tidak teratur dan melengkung di mana gergaji bundar lebih baik dengan potongan garis lurus. Persyaratan mobilitas pekerjaan juga memainkan peran besar dalam jenis gergaji yang Anda gunakan. Jika Anda sering memotong blok logam solid maupun bundle gandeng seperti material besi cor rebar pada sudut kemiringan yang sulit, Anda mungkin membutuhkan gergaji bundar circular saw untuk kemampuan manuver yang ringan. Jadi yang mana Anda pilih?

Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: