High Speed Steel HSS itu Baja tipe apa sih?

Baja Berkecepatan Tinggi (HSS) dinamakan demikian karena kemampuannya mengolah bahan logam lain pada suhu tinggi dan kecepatan pemotongan tinggi. Baja High speed Steel ini merupakan campuran besi-basa kompleks dari karbon, kromium, vanadium, molibdenum, atau tungsten, atau kombinasinya, dan dalam beberapa kasus sejumlah besar kobalt.

KENAPA PISAU INDUSTRI WAJIB MINIMAL HIGH SPEED STEEL?

Baja kecepatan tinggi (HSS atau HS) sudah menjadi bagian dari bahan baku utama industri baja perkakas, biasanya digunakan sebagai material perkakas pemotong. Baja HSS Ini sering digunakan pada mata gergaji listrik dan mata bor. Ini lebih unggul dari perkakas baja karbon tinggi tua yang digunakan secara ekstensif sampai tahun 1940-an karena dapat menahan suhu yang lebih tinggi tanpa kehilangan kekerasan materialnya. Kandungan karbon dan paduan seimbang pada level untuk memberikan respon pengerasan yang dapat dicapai, ketahanan aus yang tinggi, ketahanan yang tinggi terhadap efek pelunakan panas, dan ketangguhan yang baik untuk penggunaan yang efektif dalam operasi pemotongan industri.

Baja Kecepatan Tinggi Konvensional (HSS) diproduksi dengan proses peleburan baja konvensional yang mencakup pemadatan bijian ingot, penempaan atau penggulungan, perawatan panas dan inspeksi kualitas akhir.

Material logam lunak speerti alumunium, galvanis dan seng bisa dengan mudah dipotong oleh baja HSS.

KEGUNAAN BAJA HSS APA SAJA?

Di pasar material, logam HSS in banyak sekali kegunaannya untuk industri. HSS memang memiliki reputasi kualitas berkat kinerja tinggi dibandingkan baja konvensional selama abad terakhir. Nilai kode baja HSS yang terkenal digunakan seperti E M2, E M35 dan E M42. Kelas HSS ini juga digunakan dalam manufaktur komponen berbagai industri: otomotif, teknik mesin, kedirgantaraan, baja perkakas, cetakan dies dan cetakan mould. Semua proses pembuatan HSS konvensional dari bahan baku hingga produk pengguna akhir biasanya diolah oleh industri metalworking spesialis yang disuplai dari Jerman hingga indonesia.

Akhir-akhir ini, Baja HSS bekas gergaji dan pisau industri juga cukup populer digunakan sebagai bahan utam pembuatan pisau dapur, mata kikir dan pisau pahat untuk kayu. Baja HSS yang betul-betulan asli buatan Jerman maupun Jepang yang tulen bahkan bisa mencapai nilai kekerasan material hingga RC 66-67!. Baja HSS dalam wujud aslinya tidak berpenampilan Chrome mengkilat dan cenderung berwarna abu kusam walaupun sudah diasah dan dipoles. Memang baja HSS sangat diminati karena kemampuan asahnya untuk mempertahankan ketajaman pisau dan ketahanan aus pada suhu pengoperasian yang tinggi.

Material Baja dengan kandungan HSS-Cobalt justru berwarna kehitaman seperti arang karena kandungan material karbon dan logam berat Cobalt yang tinggi.

KELEMAHAN BAJA HSS APA SAJA?

Baja Kecepatan Tinggi (HSS) sangat cocok untuk dipakai sebagai pisau berkat kandungan material karbida pada baja tersebut. Stabilitas struktural hingga 560 ° C memberikan HSS ketahanan yang besar terhadap pelunakan. HSS menunjukkan ketahanan yang tinggi terhadap deformasi sebagai hasil dari kekerasan yang tinggi. Karena HSS memiliki kekuatan yang tinggi, mereka menolak untuk pecah. Untuk semua alasan ini, Baja Kecepatan Tinggi (HSS) cocok untuk perkakas dan komponen khusus, namun sangat rigid dan tidak cocok untuk material yang lebih keras lagi seperti Inconel dan material bersifat sangat abrasif seperti keramik, kalsit, berlian, batu alam dan lainnya.

Proses perlakuan panas sama pentingnya dengan keberhasilan alat pemotong seperti pemilihan bahan itu sendiri. Seringkali baja berkualitas tinggi yang dibuat menjadi alat paling presisi tidak berfungsi karena perlakuan panas yang tidak tepat. Tujuan dari operasi perlakuan panas atau pengerasan adalah untuk mengubah baja perkakas berkecepatan tinggi yang dianil sepenuhnya yang sebagian besar terdiri dari ferit (besi) dan paduan karbida menjadi struktur martensitik yang dikeraskan dan dikeraskan memiliki karbida yang menyediakan sifat-sifat pahat. Perlakuan panas baja berkecepatan tinggi dilakukan dalam rendaman garam atau dalam tungku vakum. Baja HSS berkualitas tinggi juga berasal dari kualitasmya yang tahan dari bengkok dan tekukan pemuaian karena perlakuan panas.

Baja HSS bekas yang digunakan oleh mata gergaji pita sangat diminati oleh pengrajin pisau karena kemampuannya sekaligus karena campuran bi-metal HSS dan Besi sehingga agak elastis jika dijadikan sebagai pisau daging.

KUALITAS DAN GRADE UMUM BAJA HSS APA SAJA?

Baja Kecepatan Tinggi konvensional (HSS) juga ditawarkan dalam berbagai kelas dan kualitas dan juga dikenal sebagai: E M2 grade untuk aplikasi umum termasuk gulungan. E M35 grade untuk aplikasi umum. E M42 kobalt-grade untuk alat pemotong dan bandsaw bi-metal. C8 grade 8% cobalt-grade dengan kekerasan tinggi yang ditingkatkan dan E945 paduan rendah dengan kekerasan panas yang baik untuk alat pemotong.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat machine tools, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]
Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 24, 2019 @ 6:57 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!