High Speed Steel HSS itu Baja tipe apa sih?

Baja Berkecepatan Tinggi (HSS) dinamakan demikian karena kemampuannya mengolah bahan logam lain pada suhu tinggi dan kecepatan pemotongan tinggi. Baja High speed Steel ini merupakan campuran besi-basa kompleks dari karbon, kromium, vanadium, molibdenum, atau tungsten, atau kombinasinya, dan dalam beberapa kasus sejumlah besar kobalt.

Kandungan karbon dan paduan seimbang pada level untuk memberikan respon pengerasan yang dapat dicapai, ketahanan aus yang tinggi, ketahanan yang tinggi terhadap efek pelunakan panas, dan ketangguhan yang baik untuk penggunaan yang efektif dalam operasi pemotongan industri.

Baja Kecepatan Tinggi Konvensional (HSS) diproduksi dengan proses peleburan baja konvensional yang mencakup pemadatan ingot, penempaan atau penggulungan, perawatan panas dan inspeksi kualitas akhir.

Di pasar material, logam HSS in banyak sekali kegunaannya untuk industri. HSS memang memiliki reputasi kualitas tinggi berkat kinerja tinggi dibandingkan baja konvensional selama abad terakhir. Nilai kode baja HSS yang terkenal digunakan seperti E M2, E M35 dan E M42. Kelas HSS ini juga digunakan dalam manufaktur komponen berbagai industri: otomotif, teknik mesin, kedirgantaraan, baja perkakas, cetakan dies dan cetakan mould. Semua proses pembuatan HSS konvensional dari bahan baku hingga produk pengguna akhir biasanya diolah oleh industri metalworking spesialis yang disuplai dari Jerman hingga indonesia.

Baja Kecepatan Tinggi (HSS) menolak untuk dipakai berkat karbida pada baja. Stabilitas struktural hingga 560 ° C memberikan HSS ketahanan yang besar terhadap pelunakan. HSS menunjukkan ketahanan yang tinggi terhadap deformasi sebagai hasil dari kekerasan yang tinggi. Karena HSS memiliki kekuatan yang tinggi, mereka menolak untuk pecah. Untuk semua alasan ini, Baja Kecepatan Tinggi (HSS) cocok untuk perkakas dan komponen khusus.

Proses perlakuan panas sama pentingnya dengan keberhasilan alat pemotong seperti pemilihan bahan itu sendiri. Seringkali baja berkualitas tinggi yang dibuat menjadi alat paling presisi tidak berfungsi karena perlakuan panas yang tidak tepat. Tujuan dari operasi perlakuan panas atau pengerasan adalah untuk mengubah baja perkakas berkecepatan tinggi yang dianil sepenuhnya yang sebagian besar terdiri dari ferit (besi) dan paduan karbida menjadi struktur martensitik yang dikeraskan dan dikeraskan memiliki karbida yang menyediakan sifat-sifat pahat. Perlakuan panas baja berkecepatan tinggi dilakukan dalam rendaman garam atau dalam tungku vakum. Baja HSS berkualitas tinggi juga berasal dari kualitas perlakuan panas.

Baja Kecepatan Tinggi konvensional (HSS) juga ditawarkan dalam berbagai kelas dan kualitas dan juga dikenal sebagai: E M2 grade untuk aplikasi umum termasuk gulungan. E M35 grade untuk aplikasi umum. E M42 kobalt-grade untuk alat pemotong dan bandsaw bi-metal. C8 grade 8% cobalt-grade dengan kekerasan tinggi yang ditingkatkan dan E945 paduan rendah dengan kekerasan panas yang baik untuk alat pemotong.

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan alat machine tools, cutting tool maupun hand tooling silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]
Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

"Thieves may be able to copy but do not have the expertise to produce the original!". + Kiichiro Toyoda
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!