Hyundai Motor Group Menandatangani MoU Otoritas Ibu Kota Nusantara untuk bangun Ekosistem Mobilitas Udara Tingkat Lanjut

Hyundai Motor Group (Grup) pada 14 November 2022 – menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (Indonesia: Otorita Ibu Kota Nusantara, OIKN) untuk bekerja sama membangun mobilitas udara yang maju (AAM) ekosistem di Indonesia. MoU tersebut dilakukan pada saat KTT B20 di Bali Nusa Dua Convention Center, Indonesia.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh Jaiwon Shin, President and Head of Advanced Air Mobility Division Hyundai Motor Group, dengan pejabat pemerintah Indonesia, termasuk Bambang Susantono, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara.

MoU tersebut bertujuan untuk memperkenalkan AAM sebagai bagian dari ekosistem mobilitas cerdas di ibu kota baru yang sedang dibangun oleh Indonesia. Grup berencana untuk mengembangkan peta jalan dan meninjau konsep mobilitas terkonsolidasi untuk darat dan udara sambil melaksanakan proyek percontohan AAM dan uji terbang.

Menerapkan mobilitas udara canggih di Nusantara sejalan dengan semangat OIKN untuk menjadi ‘laboratorium hidup’ di Indonesia, terbuka untuk menciptakan budaya belajar, bekerja, dan gaya hidup baru,” ujar Bambang Susantono, Kepala Otoritas Nusantara Ibu Kota. “Kami menghargai kerja sama Hyundai Motor Group dalam mengembangkan Nusantara sebagai kota yang cerdas dan berkelanjutan.”

Indonesia yang merupakan pasar penerbangan terbesar di Asia Tenggara terdiri dari lebih dari 18.000 pulau sehingga sulit untuk mengembangkan transportasi darat. Selain itu, ada gerakan untuk secara aktif memperkenalkan ekosistem mobilitas cerdas dalam proses pemindahan ibu kota.

Hyundai Motor Group berharap dapat membantu meningkatkan mobilitas penduduk pulau dengan membangun ekosistem AAM secara efisien yang memanfaatkan infrastruktur penerbangan tingkat tinggi dan kemampuan teknologi Indonesia.

Hyundai Motor Group juga berencana membangun ekosistem AAM global di luar kawasan Asia Tenggara berdasarkan pencapaiannya di Indonesia.

Visi penerapan AAM adalah menciptakan sistem transportasi udara yang aman, mudah diakses, otomatis, dan terjangkau. Ini untuk masa depan yang lebih baik, agar generasi mendatang dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik,” kata Presiden Shin. “Kerja sama kami dengan pemerintah Indonesia merupakan perwujudan komitmen Hyundai Motor Group untuk mewujudkan visi tersebut, untuk berkontribusi demi masa depan Indonesia yang lebih baik.”

Hyundai Motor Group mengumumkan roadmap pengembangan AAM, yang mencakup segmen Urban Air Mobility (UAM) dan Regional Air Mobility (RAM), awal tahun ini dan sedang berupaya mengembangkan solusi mobilitas udara yang ramah lingkungan.

Unit Supernal dari Hyundai Motor Group yang berbasis di A.S. bertujuan untuk memulai layanan UAM di A.S. pada tahun 2028, sementara Grup berencana untuk meluncurkan layanan RAM pada tahun 2030-an.

TENTANG HYUNDAI GROUP

Hyundai Group merupakan perusahaan konglomerat asal Korea Selatan yang didirikan oleh Chung Ju-yung. Perusahaan pertama di grup ini didirikan pada tahun 1947 sebagai sebuah perusahaan konstruksi. Dengan bantuan pemerintah, Chung dan keluarganya kemudian berekspansi ke berbagai macam industri, sehingga saat ini dapat menjadi grup terbesar kedua di Korea Selatan. Grup ini lalu memisahkan sejumlah bisnisnya setelah krisis keuangan Asia 1997, seperti Hyundai Motor GroupHyundai Department Store Group, dan Hyundai Heavy Industries Group. Chung Ju-yung memimpin grup ini hingga ia meninggal pada tahun 2001. Hyundai Group kini fokus pada bisnis elevator, jasa peti kemas, dan pariwisata ke Gunung Kumgang. Hingga bulan Maret 2007, Hyundai Engineering and Construction, yang kemudian diakuisisi oleh Hyundai Motor Company, adalah pemegang saham utama Hyundai Merchant Marine yang merupakan perusahaan induk dari Hyundai Group. Sebagian besar perusahaan yang menyandang nama Hyundai tidak terikat secara hukum dengan Hyundai Group, antara lain Hyundai Motor GroupHyundai Department Store GroupHyundai Heavy Industries Group, dan Hyundai Development Company. Walaupun begitu, sebagian besar bekas anak usaha Hyundai Group tetap dipimpin oleh kerabat Chung.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Hyundai Motor Group November 2022

HMG Newsroom

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Leave a Reply