Mata Gergaji Pita awet sampai kapan? Kenali tandanya!

Mengantisipasi dan menentukan jumlah pesanan mata gergaji bandsaw memang perlu dipersiapkan dari jauh hari. Kehandalan penggergajian mesin gergaji pita memang ditentukan oleh pilihan dan lead time pemasangan mata pisau gergaji maupun proses perawatan dan prosedur operasi mesin gergaji itu sendiri. Jadi bagaimana cara mengetahui kapan pisau gergaji pita Anda mendekati akhir masa pakainya?

GIGI GERGAJI MULAI MENGELUPAS SETELAH LAMA DIGUNAKAN

Usia penggunaan, ketegangan rentang gergaji, maupun pemasangan pisau gergaji bandsaw blade yang tak cocok juga sangat mempengaruhi umur ekonomisnya juga. Mata gergaji general purpose seperti tipe Bi-metal misalnya, haruslah digunakan untuk memotong material yang konsisten sama jenisnya agar lebih mudah dicatat turnover penggunaan dan dihitung siklus perkiraan penggantiannya.

Pemotongan yang lebih lambat, kebutuhan akan tekanan umpan yang meningkat, atau penurunan laju umpan yang nyata, semuanya dapat berarti bahwa gigi mata gergaji pita Anda mulai terlepas. Masalah ini juga umumnya menyebabkan bilah menjadi lebih panas secara signifikan daripada jika giginya dalam kondisi baik, dan itu menunjukkan satu hal; sudah pasti saatnya untuk mengganti pisau sebelum panas berlebih dan tekanan tambahan menyebabkan masalah lain.

BILAHNYA MENJADI BERISIK DAN MELENGKING

Jika Anda telah menggunakan gergaji pita untuk waktu yang lama, Anda akan terbiasa dengan suaranya, rasanya, dan kecepatannya dalam melakukan pekerjaan yang Anda butuhkan.

Siklus perawatan rutin memang dibutuhkan untuk mengecek kondisi mata gergaji dan kemampuan mesin. Jika Anda mulai merasa bunyinya semakin keras atau mencicit, atau memotong lebih lambat dari biasanya, itu pertanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk berpikir untuk mengganti pisau Anda sebelum membuat Anda jatuh.

BILAHNYA TIDAK BERGERAK SECARA KONSISTEN SAAT MEMOTONG

Kemampuan penggergajian mesin gergaji pita memang ditentukan oleh pilihan mata pisau gergaji maupun proses perawatan dan prosedur operasi mesin. Pemasangan pisau gergaji bandsaw blade yang tak cocok juga sangat mempengaruhi umur ekonomisnya juga. Jadi bagaimana cara merawat pisau gergaji Blade Bandsaw dengan benar?

Masalah ini dapat digabungkan dengan hal-hal tidak biasa lainnya yang mungkin Anda perhatikan saat menggunakan gergaji pita Anda, seperti bau terbakar yang aneh, atau tingkat bekas bakar yang lebih besar pada material kayu dan kayu yang tidak terbakar sebelumnya. Mungkin bilah yang lelah tidak berputar pada rodanya sebaik dulu, dan bilah yang sudah tua dan lelah tidak akan berterima kasih karena lebih banyak ketegangan, mungkin sudah waktunya.

RETAKAN GARIS RAMBUT MUNCUL MENUNJUKKAN TANDA-TANDA STRES DAN PENGGUNAAN BERLEBIHAN

Pisau tumpul akan memanas lebih dari pisau dalam kondisi baik, dan biasanya dengan pisau yang lebih tua dan digunakan dengan baik, satu masalah dapat dengan cepat menyebabkan beberapa masalah lagi dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu masalah tersebut adalah retakan tipis berupa garis rambut ditepian gerigi gergaji.

Jika Anda melihat retakan garis rambut di mata gergaji band Anda saat memeriksanya secara visual, ingatlah bahwa ada orang yang bahkan tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakannya, dan dengan alasan yang bagus! Saatnya untuk serius mempertimbangkan mengubahnya ASAP.

KESIMPULAN

Dengan melakukan perawatan yang sederhana namun efektif ini, Anda dapat menambahkan umur ekonomis mesin gergaji dan memaksimalkan masa pakai dan kinerja mata gergaji pita bandsaw blade Anda. Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: