Pisau Gergaji Band Saw cepat aus dan tumpul? Kenali penyebabnya!

Apakah Anda memperhatikan bahwa bilah gergaji pita Anda kehilangan giginya terlalu cepat? Meskipun hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, dan secara alami akan terjadi sampai batas tertentu selama masa pakai mata gergaji yang normal, kehilangan gigi yang berlebihan dapat mengganggu dan juga mahal. Memang mata gergaji bensaw pada saat barunya sudah dirancang untuk memotong material tertentu secara efisien, jadi apa alasan utama pisau mulai kehilangan gigi?

SESUAIKAN TIPE MESIN GEGAJI PITA BANDSAW DENGAN MATA PISAUNYA

Penggergajian denga mesin Bensaw memang diakui paling multifungsi dipasaran. Kemampuan penggergajiannya lebih ditentukan oleh pilihan mata pisau gergaji maupun proses perawatan dan operasi mesin. Namun, mesin Bandsaw sangatlah berbeda dengan Circular saw yang memilki sedikit sekali komponen yang bergerak dengan kualitas bervariasi. Pemasangan pisau gergaji bandsaw blade yang tak cocok juga sangat mempengaruhi umur ekonomisnya juga.  

Kategori mesin gergaji berdasarkan konstruksi desainnya ini juga terbagi lagi menjadi beberapa desain mesin bandsaw yaitu tipe; Gergaji Pita Vertikal (General Purpose Pivot Style), Gergaji Horizontal Gaya Pivot Serbaguna, Sistem Gergaji Kolom Ganda, Gergaji Struktur Horizontal, Gergaji Kolom Ganda Produksi, Gergaji Tipe Meja dan Portal, dan Gergaji Tabung (Tube Saws.).

Efisiensi dan baliknya modal investasi pada dasarnya bermuara pada cara Anda menggunakan mesin gergaji tersebut. Mesin gergaji pita band saw lebih baik untuk membuat potongan tidak teratur dan melengkung di mana gergaji bundar lebih baik dengan potongan garis lurus. Persyaratan mobilitas pekerjaan juga memainkan peran besar dalam memilih jenis tipe mesin gergaji yang Anda gunakan.

PEMILIHAN PITCH GIGI DENGAN TPI YANG SALAH

Ketika pisau terus menerus memotong hamparan bahan padat, tekanan pada gigi paling tinggi pada dampak awal ujung gigi dan kemudian cenderung seragam dalam hal intensitas dan arah melalui pemotongan. Tegangan tersebut bergantung pada kedalaman pemotongan dan secara efektif ditentukan oleh jumlah gigi yang bekerja pada permukaan kerja pada satu waktu. Semakin sedikit gigi yang bekerja pada permukaan, semakin dalam pemotongan yang akan dilakukan dan semakin banyak gaya yang diterapkan pada setiap gigi pemotong.

Terlepas dari ukuran pekerjaan, setidaknya tiga gigi harus berada di permukaan pemotongan pada satu waktu sehingga mungkin berarti mengganti bilah saat Anda mempertimbangkan bahan dan bagian yang berbeda. Kurang dari aturan tiga gigi akan menyebabkan kekuatan yang tidak seimbang pada gigi dan selanjutnya, kerusakan permanen.

CACAT BAHAN MATERIAL YANG AKAN DIPOTONG

Memotong bahan yang murah dapat merugikan mata pisau Anda. Bahan logam – dan baja khususnya – dirancang untuk kemampuan mesin maksimum, dan dilengkapi dengan tambahan timbal, bismut, selenium, telurium, atau fosfor dalam jumlah yang tepat untuk memastikan chipping selama proses pemotongan. Baja yang lebih murah mungkin kehilangan beberapa elemen penting ini dan alih-alih menghasilkan keripik, material tersebut dapat menyeret atau merobek potongan, memberi kekuatan berlebih pada gigi mata gergaji dan menyebabkan kerusakan.

Bahan materia logam yang kualitas kekerasannya sangat bervariatif dan tidak padat secara merata tentu memiliki kesulitan yang berbeda disetiap sebaran logam tersebut. Kalau nilai kekerasan material tak beragam, mata pisau gergaji bandsaw yang paling terawat pun akhirnya akan mengalami kegagalan karena bilahnya aus menumpul dan sudah tidak elastis lagi memuai. Pisau gergaji yang sudah tumpul pasti mengalami peningkatan kebisingan dan penurunan kemampuan pemakanan. Proses ini terjadi tanpa anda sadari. Lebih baik mengantisipasi dan ganti pisau gergaji itu sebelum benar-benar gagal dan patah saat pekerjaan anda padat.

KECEPATAN GERGAJI & PEMAKANAN PISAU GERGAJI TAK SESUAI

Kecepatan potong selalu menjadi masalah utama saat memotong bahan dan bahan yang lebih keras – seperti baja tahan karat atau tarik tinggi – pemotongan gergaji harus lebih terkontrol dan lebih lambat. Jika terlalu cepat dan suhu akan naik dengan cepat, dan itu akan mempengaruhi kekuatan dan itu akan berdampak pada gigi pisau Anda. Kurangi kecepatan ke tingkat yang disarankan dan Anda akan mendapatkan masa pakai yang diharapkan dari blade Anda.

KECEPATAN GERAK PEMAKANAN (BOW DOWN SPEED)

Busur gergaji pita adalah bagian atas bergerigi yang berlawanan dengan ujung tombak pada gergaji horizontal, dan biasanya merupakan massa yang membantu gigi menahan logam yang sedang dipotong. Oleh karena itu, penerapan gaya ini bergantung pada kecepatan turun ini; terlalu rendah dan tidak akan memotong, tetapi terlalu tinggi dan Anda berisiko merusak gigi. Logam yang berbeda akan memiliki kecepatan membungkuk yang berbeda dan ini harus dipatuhi demi pisau Anda.

KEAHLIAN & PELATIHAN OPERATOR YANG BAIK

Meskipun bandsaw Anda buatan terbaik dan batas yang ditentukan dengan baik, penggunaan operator Anda bergantung pada pelatihan yang mereka terima. Sangat mudah untuk memperlakukan bandsaw sebagai peralatan sederhana, tetapi sama teknisnya dengan mesin bubut dan Penggilingan CNC Anda, dan harus diperlakukan seperti itu. Itu tidak boleh digunakan oleh siapa pun yang tidak terlatih – ingatlah bahwa itu sama berbahayanya dengan rentan terhadap kerusakan – dan pelatihan harus mencakup semua aspek pemeliharaan serta penggunaan yang aman.

TEKNIK PENDINGINAN & RASIO CAMPURAN CAIRAN COOLANT

Cairan pemotong adalah aspek penting dari gergaji pita Anda dan meskipun ada beberapa bahan, seperti plastik dan kayu, yang tidak memerlukan cairan pemotong, yang terbaik adalah menggunakannya pada semua logam. Beberapa orang percaya bahwa air cukup baik untuk mengeluarkan panas dari mata pisau tetapi umumnya cairan pemotongan yang baik dari campuran yang tepat tidak hanya akan menjaga area pemotongan tetap dingin, tetapi juga akan membantu menghilangkan serpihan logam. Cairan dapat berbahan dasar oli atau sintetis tetapi selalu dikembangkan dengan mempertimbangkan umur panjang blade, jadi pastikan Anda menggunakannya dan campuran oli/air sudah benar.

MEMANG SUDAH AKHIR MASA PAKAI PISAU

Pisau pasti akan gagal, dan itu biasanya akan berada di permukaan pemotongan saat gigi patah dan patah. Anda tidak dapat menghentikannya, tetapi Anda dapat memperpanjang umur blade Anda dengan mengikuti semua poin di atas dan memperlakukan blade bandsaw Anda sebagai peralatan teknis yang sebenarnya.

KESIMPULAN

Pisau bandsaw – terutama yang berkualitas tinggi – tidak murah untuk dibeli, dan jika Anda tidak mendapatkan kehidupan penuh darinya, Anda secara efektif kehilangan uang perusahaan Anda dan juga mungkin merusak bahan yang Anda coba potong.

Mirip seperti cutting tools untuk mesin milling maupun bubut lathe, berikut jenis mata gergaji yang kami tawarkan:

    • Gigi standard dari Baja Padat dari material HSS (High Speed Steel)

    • Gigi Segmental dan bercoating cemented carbide maupun ceramic

    • Gigi gergaji yang dibracing/dilas dari material Tungsten Carbide Tipped

    • PCD Polycristaline Diamond, atau Polycrystalline Diamond Tipped Teeth memberikan masa pakai yang lebih lama 15X lebih lama dibandingkan dengan pisau carbide standar. Lebih sedikit aus dan debu gergaji dibandingkan dengan bilah gergaji ber-coating karbida standar.

Gergaji bandsaw yang sudah dibracing dengan material Solid Carbide TCT

Jika Anda berminat untuk membeli mesin gergaji pita band saw maupun mata pisau gergajinya saja ataupun cut-off wheel, silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Januari 9, 2020 @ 11:09 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: