Mengapa jurusan teknik dan Engineering itu penting?

Banyak orang menggantungkan cita-cita yang tinggi dan berjuang untuk memperoleh pendidikan yang sesuai kemampuan. Namun tentunya hanya sedikit saja tenaga ahli yang mampu melalui proses, dididik dalam keterampilan teknik dan menggunakannya dalam pekerjaan mereka, dan layak disebut “insinyur”.

ILMU TEKNIK ATAU ENGINEERING SECARA UMUM

Pentingnya tenaga pertukangan atau ilmu rekayasa kadang-kadang sulit untuk dilihat secara detail dan terpisah. Sebuah mobil dan kendaraan sendiri tercipta karena hasil ide dan pemikiran dari berbagai bidang ilmu dan teknik yang berkolaborasi. Misalnya; Teknik pertambangan dan geologi yang mengeksplorasi minyak bumi, teknik migas yang menyuling bahan bakar, teknik mesin yang menciptakan komponen gardan dan ilmu mekanis dan komponen fastener, teknik kelistrikan yang menyumbangkan ilmu pengapian dan perkabelan, teknik fisika yang merancang mekanisme pergerakan, arsitektur dan seni grafis yang merancang CAD mobil, ilmu teknik material dan metalurgi yang memastikan kualitas material, hingga teknik pengecatan dan kimia yang menyumbang ilmu produksi. Bahkan lebih jauh lagi hingga bidang ilmu lain seperti ilmu tata kota bahkan sales dan marketing yang memperhatikan selera konsumen juga bisa mempengaruhi angka produksi dan jenis mobil tersebut.

Lingkup ilmu “Rekayasa” dan keterkaitannya dengan ilmu lain tentu sangat luas. Karier di bidang teknik juga memang luas, menarik dan menyenangkan. Ilmu teknik ini melibatkan pembelajaran berkelanjutan seumur hidup untuk beradaptasi dengan perubahan dalam masyarakat dan dunia alami. Ini sering melibatkan bekerja dalam tim multi-disiplin, multi-budaya, multi-situs. Tenaga ahli di bidang teknik memang profesi yang sangat berharga, dan hasilnya, ketika Anda berhasil, bisa sangat memuaskan.

REKAYASA TEKNIK SECARA KHUSUS

Albert Einstein berkata, “Para ilmuwan menyelidiki apa yang sudah ada; Insinyur menciptakan apa yang belum pernah ada ”. Ini adalah “Sains” untuk menggambarkan radiasi elektromagnetik, tetapi “Rekayasa” untuk membangun radio atau TV. Banyak dari apa yang disebut “keajaiban Ilmu Pengetahuan modern” benar-benar keajaiban Teknik modern. Misalnya, ini melibatkan rekayasa untuk:

  1. melindungi sumber daya alam dunia dan memungkinkannya untuk digunakan secara lebih efisien,

  2. Temukan jenis baru pemindai medis diagnostik, desain dan bangun pesawat yang lebih aman, lebih cepat, lebih tenang, dan lebih hemat bahan bakar,

  3. Membuat smartphone yang lebih kecil yang lebih mudah digunakan, memanfaatkan teknologi informasi dan fitur komunikasi yang lebih baik cepat dan murah.

  4. Mensintesis bahan yang kompatibel secara biologis untuk anggota badan buatan yang bisa membuat orang lain dan penderita cacat memiliki hidup yang lebih baik.

Ilmu teknik atau Engineering Ini juga menantang dan menyenangkan. Insinyur menggunakan model yang disediakan oleh sains dikombinasikan dengan pemikiran inovatif untuk memecahkan masalah dan membuat desain baru yang bermanfaat bagi umat manusia.

KESIMPULAN

Kehidupan manusia modern itu tidak bisa terlepas dari rekayasa engineering, oleh karena itu lowongan pekerjaan bagi kalangan teknik dan industri engineering itu penting dan selalu ada.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected].

Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!