Mercedes Benz menjual unit perakitan dan distribusi Indonesia

Bisnis Mercedes-Benz di Indonesia telah beroperasi sejak tahun 1970, dan mencakup operasi distribusi dan perakitan. Pada tahun-tahun awal, perusahaan bekerja sama dengan Volkswagen selama kurang dari satu dekade sebelum berpisah. dan kendaraan penumpang di Tanjung Priok dan kemudian Wanaherang untuk memiliki pabrik terakreditasi ISO 9001 pertama di negara tersebut Presiden dan CEO Mercedes-Benz Malaysia sebelumnya, Dr Claus Weidner ditempatkan sebagai CEO Mercedes-Benz Indonesia sebelum waktunya di negara kita.

Pada 2023 Mercedes-Benz diakuisisi oleh Inchcape, distributor otomotif global yang berkantor pusat di Singapura untuk memperluas jejak distribusinya di Indonesia. Kesepakatan tersebut diumumkan di London Stock Exchange dan melibatkan mitra lokal Inchcape, Indomobil. Bisnis Grup Indomobil meliputi manufaktur hingga retail untuk berbagai merek otomotif dari kelas menengah hingga premium.

Akuisisi PT. Mercedes-Benz Indonesia ini akan membuat Inchcape mengakuisisi 70% dari ekuitas anak perusahaan Mercedes-Benz yang ada di Indonesia, dengan Indomobil mendapatkan sisanya dan diperkirakan akan meraup pendapatan tambahan £200 juta bagi Inchcape setiap tahun, dan ini menandai tonggak penting bagi perusahaan karena terus memperkuat posisinya di kawasan Asia-Pasifik (Apac).

Grup Indomobil yang juga merupakan perusahaan otomotif terbesar kedua di dalam negeri setelah Astra International, pada tahun 2021 juga telah mengambil alih bisnis Jaguar Land Rover di Indonesia. Kemudian pada tahun 2022 menjalankan operasi Citroen dan pada tahun 2023 mulai mendistribusikan Harley-Davidson di Indonesia.

Ruslan Kinebas, CEO Inchcape untuk wilayah APAC, menyatakan kegembiraannya atas akuisisi tersebut, dengan menyatakan bahwa perusahaan berharap dapat menggabungkan keahlian lokalnya dengan kemampuan digital dan data terdepannya untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut. contoh peran Inchcape sebagai mitra pilihan OEM saat mereka bekerja untuk mengoptimalkan operasi global mereka.

Akuisisi ini juga bertujuan untuk semakin mempererat hubungan yang kuat Inchcape di wilayah tersebut. Ekspansi Inchcape di wilayah APAC mengikuti penandatanganan perjanjian dengan CAT Motors yang berbasis di Filipina awal tahun ini, yang membuatnya mengambil saham mayoritas di perusahaan dan memperkuat hubungan dengan produsen termasuk Mercedes-Benz Di kawasan APAC, Inchcape hadir di Hong Kong, Thailand, Brunei, Makau, Singapura, Guam, Saipan, dan Australia.

TENTANG INCHCAPE PLC

Inchcape plc merupakan perusahaan dangan dan distribusi, ritel, dan layanan otomotif multinasional Inggris yang berkantor pusat di London. Sebagai hasil dari Mackinnon Mackenzie Company yang berbasis di Calcutta, Inchcape beroperasi di 32 negara di seluruh Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan. Inchcape terdaftar di London Stock Exchange dan merupakan konstituen dari Indeks FTSE 250.

Pada bulan Maret 1998 didorong oleh krisis ekonomi Asia, Inchcape mengumumkan, bahwa mereka akan berfokus secara eksklusif pada distribusi mobil di seluruh dunia, bagian grup yang paling sukses. Salah satu sektor utama pertama yang akan dijalankan adalah bisnis pembotolan minuman ringan perusahaan Rusia. Inchcape menjual bagian dari operasi mereka ke The Coca-Cola Company seharga US$87 juta Penjualan bisnis pembotolan di Amerika Selatan, layanan pemasaran di Asia dan Timur Tengah, bisnis pengiriman global – Inchcape Shipping Services (ISS) – dan Asia -Bisnis Otomasi Kantor Pasifik adalah beberapa dari berbagai divestasi yang segera menyusul.Pada bulan Juli 1999, Inchcape khusus motor baru secara resmi lahir.

Pada bulan Juni 2000 Peter Johnson menjadi chief executive officer.Pemulihan ekonomi di Timur Jauh membantu memulihkan keuntungan seperti halnya penjualan empat puluh sembilan persen saham Inchcape di Toyota GB ke Toyota pada tahun 2000.Pada tahun 2006 André Lacroix mengambil alih sebagai CEO dan pada tahun 2007 Inchcape mengakuisisi European Motor Holdings, retailer motor terkemuka di Eropa, kemudian Stefan Bomhard mengambil alih sebagai CEO pada Januari 2015. Pada bulan Desember 2022, Inchcape mengumumkan akuisisi senilai £1,3 miliar GBP atas distributor otomotif independen terbesar di Amerika Latin, Derco, telah disetujui oleh otoritas Peru dan 2023 mengakuisisi 70% dari Mercedes Benz Indonesia .

TENTANG PT INDOMOBIL SUKSES INTERNASIONAL TBK

PT lndomobil Sukses lnternasional Tbk. (Perseroan) merupakan induk dari suatu kelompok usaha otomotif terpadu yang memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang terkemuka di Indonesia.

Perseroan didirikan pada tahun 1976 dengan nama PT lndomobil Investment Corporation dan pada tahun 1997 dilakukan penggabungan usaha (merger) dengan PT lndomulti Inti lndustri Tbk. dan berubah namanya menjadi PT lndomobil Sukses lnternasional Tbk.

Perseroan PT lndomobil Sukses lnternasional Tbk melalui anak-anak perusahaannya memegang merk-merk terkenal dengan reputasi internasional yang meliputi Audi, Datsun, Foton, Hino, lnfiniti, John Deere, Kalmar, Manitou, Nissan, Renault, Renault Trucks, SDLG, Suzuki, Volkswagen, Volvo Bus, Volvo Construction Equipment, Volvo Trucks dan Zoomlion.

TENTANG PT MERCEDES-BENZ INDONESIA

Mercedes-Benz merupakan mobil pertama di Indonesia. Keberadaan Mercedes-Benz di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1894, saat Susuhunan Surakarta membeli sebuah mobil Benz Phaeton (2000cc, 1 silinder, 5 hp, berkapasitas delapan orang). Secara global, pemegang saham terbesar perusahaan secara langsung merupakan BAIC Motor Corporation Limited asal Beijing Republik Rakyat China dengan kepemilikan 10,0%.

Pada tahun 1970, Mercedes-Benz berkolaborasi dengan Volkswagen untuk membangun sebuah pabrik di Tanjung Priok, Jakarta, guna memproduksi kendaraan untuk dijual di Indonesia. Pengelola pabrik ini kemudian dinamai PT German Motor Manufacturing, dan PT Star Motor bertindak sebagai agen tunggal kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia. Pabrik ini kemudian mulai memproduksi kendaraan niaga Mercedes-Benz, termasuk truk legendaris Mercedes-Benz 911.

Pada tahun 1973, pabrik Tanjung Priok mulai memproduksi kendaraan penumpang Mercedes-Benz.

Pada tahun 1978, pabrik baru mulai dibangun di Wanaherang, bersama dengan Pusat Pelatihan dan Layanan Purnajual di Ciputat. Mercedes-Benz kemudian mengakhiri kolaborasinya dengan Volkswagen pada tahun 1979.

Pada tahun 1981, pabrik Wanaherang mulai memproduksi truk. Setahun kemudian, pada tahun 1982, pabrik Wanaherang resmi dibuka. Pada tahun 1985, PT Star Engines Indonesia didirikan di Wanaherang. PT German Motor Manufacturing juga menjadi produsen otomotif pertama di Indonesia yang menerima akreditasi ISO 9001 pada tahun 1996. Perusahaan ini kemudian mengakuisisi PT Star Engines Indonesia pada tahun 2000.

Mengikuti perubahan nama perusahaan induknya dari Daimler-Benz AG menjadi DaimlerChrysler AG, PT German Motor Manufacturing juga mengubah namanya menjadi PT DaimlerChrysler Indonesia pada tahun 2000, dan PT Star Motors Indonesia juga mengubah namanya menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia.

Pasca Daimler AG berpisah dengan Chrysler, PT DaimlerChrysler Indonesia kembali mengubah namanya menjadi PT Mercedes-Benz Indonesia, dan PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia juga mengubah namanya menjadi PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Pada tanggal 31 Maret 2023, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia resmi diambil alih oleh Indomobil Group yang juga mengendalikan merek otomotif ternama seperti Renault, Suzuki dan Nissan, bersama dengan rekan usahanya Inchcape Motors Private Limited Singapura.

Mercedes-Benz AG masih memiliki kantor pusat di Stuttgart, Jerman, dan fasilitas produksi utamanya juga ada di sana. Namun, seiring berkembangnya merek mewah, Mercedes-Benz telah menyebar secara internasional, dengan fasilitas produksi di sekitar 22 negara.


Sumber:

Corporate communications Indomobil Group

indomobil.com/themes/alphasquad/storage/img/investorrelation/announcements/20230331%20-%20IN%20-%20Press%20Release%20MBAG%20x%20Inchcape%20x%20Indomobil.pdf

Awalnya dipublikasikan pada27 Desember 2019 @ 9:59 AM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!