Mesin bubut itu apa sih?

Di Indonesia mesin lathe dikenal menjadi mesin bubut. Ada bervariasi jenis mesin bubut yang dibuat oleh beragam merek dan mekanismenya. Mesin bubut tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran.

Tidaklah mudah untuk mengklasifikasikan ragam mesin bubut ke dalam kategori khusus, karena hal ini bisa berbeda desain dan model dari setiap merek. Ada variasi yang cukup besar dalam desain, konstruksi, dan penggunaannya. Namun, menurut konstruksi dan desainnya, kami dapat mengklasifikasikan mesin bubut sebagai berikut:

1. Benchtop lathe Bubut:

Mesin bubut yang sangat kecil dan dipasang di bangku atau kabinet yang disiapkan secara terpisah. Ini digunakan untuk pekerjaan kecil dan presisi karena sangat akurat. Biasanya dilengkapi dengan semua attachment, yang dibawakan oleh mesin bubut yang lebih besar, dan mampu melakukan hampir semua operasi yang dapat dilakukan mesin bubut yang lebih besar.

2. Mesin Bubut Kecepatan horizontal:

Mesin bubut ini mungkin dari jenis meja atau memiliki kaki pendukung dan material dipasang atau dibaringkan secara horizontal. Mesin bubut ini jenis bubut umum tetapi tidak memiliki ketentuan untuk umpan daya. Awalnya mesin ini langsung mendapatkan daya dari motor listrik atau jaman dulu dari kincir air atau mekanis secara engkol tangan layaknya mesin jahit. 

Mesin bubut ini tidak memiliki gear box, carriage, dan sekrup utama. Dengan hasilnya, alat ini diumpankan dan digerakkan dengan tangan. Biasanya alat potong tersebut dipasang pada pos alat atau dijepit pada dukungan berbentuk T. Mesin bubut semacam itu biasanya digunakan untuk pembubutan kayu, pemolesan, pemusatan, dan pemintalan logam, dll. Dengan demikian, Mesin bubut ini dapat dianggap hanya sebagai nilai teoretis sejauh menyangkut toko-toko mesin modern. Mesin bubut ini dinamai demikian karena kecepatan yang sangat tinggi di mana poros berputar.

3. Mesin Bubut standard lathe:

Mungkin jenis bubut lathe memang yang paling banyak digunakan. Asal Nama Mesin Bubut lathe agak membingungkan, dan dalam praktik teknik modern mesin bubut ini sekarang dibuat untuk memiliki penggerak motor individu.

Awal populernya Mesin bubut ini perkembangannya digerakkan oleh mesin uap. Dari ini, itu berasal nama yang populer bahkan hari ini. Meskipun praktis menyerupai bubut kecepatan di sebagian besar fitur-fiturnya, tetapi konstruksinya relatif lebih kuat. Headstock-nya lebih besar dalam ukuran dan lebih kuat, menggabungkan mekanisme yang cocok untuk menyediakan beberapa kecepatan ke spindle bubut. Spindel headstock dapat menerima daya, dari poros bubut atau motor individu, melalui sabuk.

Dalam hal ini, ia akan memiliki katrol kerucut dengan gigi belakang di headstock untuk memberikan kecepatan yang berbeda untuk spindle. Ini membawa kombinasi roda gigi, bukan kombinasi kerucut dan roda gigi belakang, bubut dikenal sebagai bubut kepala diarahkan dan headstock karena semua stock kepala diarahkan.

4. Alat Bubut Ruang:

Mesin bubut yang dilengkapi dengan beberapa attachment tambahan untuk membuatnya cocok untuk sudut kecepatan dan umpan yang relatif lebih akurat. Attachment yang biasa disediakan pada bubut ruang alat adalah attachment lancip, rest follower, collet, chuck, dll. Bubut ini dibuat memiliki panjang tempat tidur yang relatif lebih kecil daripada bubut mesin biasa. Panjang yang paling umum digunakan adalah 135 hingga 180 cm.

5. Bubstan dan Turret Bubut:

Mesin bubut ini membentuk kelompok yang sangat penting dan berguna dan banyak digunakan dalam produksi massal. Mesin-mesin ini sebenarnya dari jenis semi-otomatis dan berbagai operasi yang sangat luas dapat dilakukan pada mereka. Dalam mengoperasikan mesin-mesin ini, berbagai operasi yang sangat luas dapat dilakukan pada mereka.

Dalam mengoperasikan mesin-mesin ini, dibutuhkan keterampilan yang sangat sedikit dari operator. Keterampilan apa pun yang diperlukan operator hanya dalam pengaturan alat di turet atau kepala penggulung, dan setelah pengaturan ini berhasil diselesaikan, pengoperasian mesin ini lebih atau kurang otomatis. Mereka membawa mekanisme khusus untuk mengindeks kepala alat mereka.

6. Bubut Otomatis:

Mesin bubut ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi. Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga semua gerakan kerja dan penanganan pekerjaan dari proses pembuatan lengkap untuk pekerjaan dilakukan secara otomatis. Tidak diperlukan partisipasi operator selama operasi.

Jenis lain dari jenis mesin bubut ini termasuk mesin bubut semi-otomatis, di mana pemasangan dan pemindahan pekerjaan dilakukan oleh operator sedangkan semua operasi dilakukan oleh mesin secara otomatis. Mesin bubut otomatis tersedia dengan spindel tunggal atau multi. Mereka termasuk dalam kategori tugas berat, mesin bubut berkecepatan tinggi terutama digunakan dalam produksi massal.

7. Mesin Bubut Tujuan Khusus:

Sejumlah besar mesin bubut dirancang agar sesuai dengan kelas pekerjaan tertentu dan untuk melakukan operasi tertentu saja. Mereka terbukti lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan mesin bubut umum sejauh menyangkut kelas pekerjaan tertentu. Deskripsi singkat dari mesin ini akan diberikan dalam tabel berikut.

Name of Machine Special Description Application
Precision Lathe Capable of giving a dimensional accuracy of 0.002 mm. The precision turning of a previously rough-turned workpiece. In many cases, replace a high class grinding machine because of its fine dimensional accuracy.
Facing Lathe In this, the carriage is driven by a separate motor, independent of the main spindle. It carries no tailstock Used to machine the end faces of bulky cylindrical jobs.
Frontal Lathe In this, two carriages are provided, one on each end. Also, two tool heads are provided. This enables machining of two jobs simultaneously Its specific use is in machining short jobs
Vertical Lathe It carries a vertical column, on which are fitted the cross slide and vertical slide. A heavy base at the bottom carries a faceplate to hold the jobs. It is used for turning and boring very large and heavy rotating parts which cannot be otherwise supported on other types of lathes. These machines are specifically employed for jobs like heavy flywheels and large gear blanks etc.
Crankshaft Lathe It carries all the attachments, like taper turning and threading, etc. In addition, a number of rests (supports) for the shafts. It is used for turning very long parts such as turbine and engine shafts and crankshafts.
Production Lathe It distinguishes itself by its bed which is made inclined towards the rear for ensuring an efficient chip removal. Its special design makes it suitable for mass production of cylindrical parts. Its use increases the rate of production of such items. It is not very suitable for repair work.
Duplicating Lathe It carries a special tracer attachment connected to the carriage, which moves along a template and guides the carriage. It is used for mass production of identical parts where either a previously machined part works as a template or a separate template is prepared and used for this purpose.
Screw Cutting Lathe (automatic) It is operated through cams and cam plates. It is used for mass production of screwed parts. Especially suitable for precision screw work.

Table: Applications of Special Purpose Lathes

Klasifikasi bubut tidak dapat dibatasi hanya pada garis besar yang diberikan di atas. Mereka dapat diklasifikasikan lebih lanjut sesuai dengan jenis drive yang mereka miliki dan ukurannya, dll. Menurut ketinggian pusat (Di atas tempat tidur) mesin bubut dapat dikelompokkan sebagai: – Mesin Bubut Kecil: Memiliki ketinggian bagian tengah hingga 150 mm. – Mesin Bubut Ukuran Medium: Memiliki ketinggian bagian tengah mulai dari 150 hingga 300 mm. – Mesin Bubut Tugas Berat: Memiliki ketinggian pusat di atas 300 mm.

Menurut jenis drive, mesin bubut dapat dikelompokkan sebagai: Memiliki penggerak katrol step-cone dan roda belakang untuk menyediakan berbagai kecepatan untuk pekerjaan. Jenis drive ini memerlukan penggunaan countershaft yang membawa katrol kerucut yang sama dengan yang disediakan pada spindle bubut. Countershaft ini, selain pulley langkah, juga membawa dua pulley kopling, yang terhubung ke poros utama melalui sabuk.

Salah satu katrol ini membawa sabuk terbuka dan yang lainnya adalah sabuk silang. Dengan pengaturan sabuk ini, spindle mesin dapat diputar ke arah yang berlawanan sesuai dengan kebutuhan dengan memanfaatkan salah satu dari sabuk ini pada satu waktu. Dengan kombinasi yang sesuai dan pemilihan langkah yang berbeda pada kerucut kerucut dan pengikatan atau pelepasan roda belakang, rentang kecepatan yang cukup luas dapat diperoleh untuk spindel bubut.

Bubut memiliki langkah-kerucut penggerak katrol seperti biasa dan gigi belakang, tetapi memiliki penggerak motor individu, sehingga menghilangkan penggunaan poros utama.

Dalam mesin seperti itu, countershaft disediakan di dalam mesin dan membawa katrol kerucut langkah. Katrol lain disediakan di ujung poros ini yang terhubung biasanya dengan sabuk ‘V’, ke katrol motor. Pada tipe ini, drive dikirimkan dari motor ke poros konter dan kemudian ke poros mesin. Di sini sekali lagi rentang kecepatan yang sama dapat diperoleh dengan kombinasi yang sesuai seperti dijelaskan di atas.

Mesin bubut memiliki kecepatan konstan katrol tunggal atau drive kepala-diarahkan. Dalam hal ini, sebuah katrol tunggal digerakkan dengan menggunakan sabuk ‘V’ oleh motor dan kemudian mekanisme internal dari head head, yang dirancang untuk memiliki berbagai roda gigi di dalam, memungkinkan berbagai kecepatan spindle.

Roda gigi ganti cepat menyediakan umpan daya ke carriage. Meskipun, mesin ini dapat dibuat untuk menerima daya dari poros utama melalui poros penggerak, tetapi penggerak motor individu adalah praktik yang berlaku di zaman modern.

RAGAM OPERASI MESIN BUBUT

KESIMPULAN

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga menambah bahan refernsi anda! Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d bloggers like this:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!