Mesin CNC vs mesin bubut dan millng manual, mana yang lebih baik?

Mesin full CNC memang telah mendorong pabrikasi menjadi lebih cepat dan efisien daripada mesin bubut dan pabrik yang dikendalikan secara manual dari lantai produksi, tetapi mesin manual tradisional ini masih memainkan peran penting dalam banyak aplikasi.

Ketika pembuatan komponen prototipe atau hanya beberapa bagian jumlah kecil dibutuhkan, seorang masinis tradisional akan selesai jauh lebih cepat sebelum programmer mesin CNC memasukkan baris kode terakhirnya. Hal ini justru membuat mesin manual lebih hemat biaya, apalagi untuk sistem orderan yang mendesak dan skill operator yang memadai. Berikut beberapa contoh lainnya:

  1. Perbaikan Mesin Tua

    Ketika perusahaan pembuat mesin itu sudah lama menghilang atau sudah afkir, mesin buatannya justru hidup lebih lama. Terkadang, barang buatan lama lebih diminati karena trend dan nilai memorabilia, akan tetapi tentu komponennya perlu diganti dan tidak presisi lagi bagiannya. Menemukan suku cadang untuk mesin motor Honda CB tua buatan Jepang, atau komponen mobil klasik Ford atau pesawat Cessna lama yang masih buatan Amerika Serikat, bisa dikatakan hampir mustahil. Komponen fast moving seperti foot step, rumah rem tromol dan rumah kopling mungkin bisa dilirik.

    Justru inilah peluang bisnis yang umumnya bisa dilakukan bengkel bubut di Indonesia dan bahkan seluruh dunia!. Komponen tersebut bisa saja dibuat replikanya dan dapat diperbaiki secara ekonomis dengan suku cadang mesin khusus. Ketika ketersediaan suku cadang harga terjangkau dan kecepatan perbaikan sangat penting, tidak ada bengkel mesin full CNC yang mampu bersaing dengan mesin bubut dan pabrik yang dikontrol secara manual.

  2. Jig dan Fixture

    Jika memiliki keahlian dan alat ukur yang presisi, bengkel bubut tentu bisa mencoba membuat dan modifikasi tooling yang mampu menolong pekerja dan pengusaha lain dalam proses usahanya. Misalnya: Fixture untuk dudukan rangka motor, dudukan mesin motor, perangkat jig mengelas, fixture untuk alat press sablon, jig untuk proses bubut kayu dengan mesin motor DC listrik dan lain sebagainya. Tentu ada desain gambar yang perlu dibuat bisa diambil dari referensi internet. Jika anda familiar, makan komponen fixture dan jig apapun dapat dibuat dengan cepat dan mudah dan perubahan dapat dilakukan secara bertahap maupun berdasarkan pesanan pelanggan pada desain terbaik.

  3. Desain Produk Prototipe

    Pembuat dan penemu model industri menghasilkan desain awal mereka dengan peralatan mesin tradisional, yang memungkinkan mereka fleksibilitas untuk memodifikasinya berkali-kali hingga sempurna. Ada banyak produk prototipe yang tentu dibutuhkan, misalnya komponen dudukan stang pada motor, prototipe mould cetakan untuk kue dan crepes dan lain sebagainya.

  4. Pabrikasi Instrumen

    Instrumen presisi untuk kedokteran dan penelitian ilmiah sering kali merupakan produk satu-satunya, dibuat untuk memesan perangkat yang unik. Ada banyak jenis instrumen yang bisa digunakan untuk dunia medis. Dari tempat tidur pasien, dudukan rak alat medis, maupun tiang pemegang dan meja pasien.

    Alat instrumen ini bisa juga berupa dudukan plastik akrilik yang bisa membatasi wajah pasien Wuhan Coronavirus Covid19 yang sekarang lagi banyak dibutuhkan atau bracing kaki bagi pasien penderita polio atau cacat patah tulang. Tentu ukuran dan dimensinya paling baik diproduksi pada peralatan mesin yang dikontrol secara manual. Kualitasnya bisa sama dan waktu pengiriman diperpendek menggunakan alat permesinan yang manual ini.

Dalam konteks pemesinan dan pengolahan material logam pahat atau pemotong adalah segala alat yang digunakan untuk menghilangkan beberapa bahan dari benda kerja dengan deformasi geser. Pemotongan dapat dilakukan dengan alat potong bermata pisau dan titik tunggal atau banyak titik. Alat titik tunggal digunakan dalam memutar, membentuk, merencanakan dan operasi serupa, dan menghilangkan material dengan menggunakan satu ujung tombak. Alat kerja seperti mesin bubut, mesin milling, mesin gerinda dan las memang sudah lumrah.

Namun tentu saja, dari berbagai sektor kerja yang bisa dilakukan bengkel bubut, pengusaha bubut yang masih mengerjakan sendiri harus bisa dengan cerdas melihat peluang usaha mana yang menjadi fokus dari bengkelnya. Apakah menjadi bengkel terfokus pada alat pertanian dan otomotif atau fokus pada pembuatan meja kerja bengkel dan jig?

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan solusi perangkat kerja cutting tool presisi berkualitas tinggi asal Jerman, Taiwan, Jepang, Korea dan lainnya.  Kami juga memilki alternatif produk dari merek dan negeri asal lain yang sesuai budget anda. Berbeda dengan pesaing kami yang bangga berjualan tong sampah dan alat kerja non-presisi yang dicampur aduk, kami merupakan satu-satunya spesialis presisi asli Indonesia yang paham dan mengerti cara cerdas untuk mengejar kesempurnaan dan toleransi yang ketat. 

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on Desember 10, 2019 @ 5:34 pm

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
  • Description
Compare
error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini:
Perhatian: Epidemi Wuhan COVID-19 di RRC telah menyebabkan beberapa produk kami harus indent panjang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih!